2 Tips Aman dan Mudah Hilangkan Getah Labu Siam Sebelum Dimasak!

Labu siam termasuk dalam jenis buah ataupun yang lebih dikenal sebagai sayur yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya dari segi rasa memang cenderung agak manis dan juga mudah diolah menjadi beragam jenis hidangan yang menggugah selera. Bahkan bukan hal yang sulit untuk menjumpai sayuran yang satu ini di pasaran dengan harga yang relatif begitu terjangkau. Belum lagi dengan mengonsumsi labu siam ini sebenarnya juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Tips Memilih Labu Siam yang Masih Segar

2 Tips Aman dan Mudah Hilangkan Getah Labu Siam Sebelum Dimasak!

Penting sekali dalam membeli labu siam maka Anda tak asal memilihnya, karena terkadang ketika sudah cukup lama, makan nutrisinya juga tidak melimpah labu siam yang masih segar, begitu juga dengan cita rasanya. untuk itu maka kenali tips memilih yang tepat berikut ini:

  1. Pilihlah labu siam yang warnanya masih hijau, bukan yang sudah agak kekuningan atau bahkan coklat karena itu artinya ia sudah lama.
  2. Belilah labu siam dengan tekstur keras ketika digenggam dengan bagian permukaan yang mulus. Hal tersebut menandakan bahwa kondisi dari labu siam tersebut masih segar. Umumnya labu siam yang sudah tidak segar punya kulit keriput.
  3. Utamakan membeli labu siam yang masih muda, karena kulitnya cenderung tipis sehingga tak perlu dikupas lagi, sedangkan yang sudah tua harus dikupas terlebih dahulu.

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Jus Labu Siam

Tips Menghilangkan Getah Pada Labu Siam

2 Tips Aman dan Mudah Hilangkan Getah Labu Siam Sebelum Dimasak!

Meskipun nikmat banyak orang yang agak enggan untuk mengolah makanan yang satu ini, bukan tanpa alasan, melainkan karena memang ia punya banyak getah yang sulit dihilangkan. Bahkan bagi sebagian orang hal ini menyebabkan rasanya kurang nikmat. Namun jangan khawatir berikut ini ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan begah pada labu siam tersebut, yaitu:

  1. Rendam dengan air, cara yang paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan merendamnya di dalam air. Setelah dikupas dan juga dipotong-potong maka bisa sesegera mungkin memasukkannya kedalam wadah yang diisi air, kemudian rendam. Jika air berubah warna menjadi kekuningan selanjutnya bisa dicuci hingga airnya bersih dan getah menghilang.
  2. Gunakan garam, garam juga efektif untuk menghilangkan getah pada labu siam. Caranya sangat mudah, yaitu setelah dikupas dan juga dipotong-potong maka selanjutnya bisa langsung dimasukkan dalam air yang sudah diberi garam, larutan ini akan sangat membantu dalam menghilangkan getah pada makanan tersebut

Cara Melindungi Tangan dari Getah Labu Siam

Hal yang paling sering terjadi ketika mengolah labu siam ini adalah tangan yang terasa lengket pada saat mengupasnya. Mengingat memang getah yang ada pada labu siam ini juga senantiasa ikut menempel di tangan sehingga membuat Anda pastinya menjadi kurang nyaman. Bahkan meskipun sudah dicuci menggunakan air namun terkadang getahnya juga tak kunjung hilang. Guna mengatasi hal tersebut, maka berikut ini diantaranya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  1. Gunakan sarung tangan, sebaiknya sebelum mengupas dan juga memotong labu siam maka hendaknya Anda menggunakan sarung tangan dari plastik untuk menjaga keamanan. Jadi getah tak akan langsung menempel di tangan.
  2. Gunakan belimbing wuluh, belimbing wuluh ini nyatanya juga sangat bermanfaat untuk hilangkan getah yang menempel di tangan, caranya adalah dengan meremas-remas nya di tangan Anda yang terkena getah.
  3. Minyak goreng, cara lain adalah dengan menggunakan minyak goreng, cukup dioleskan pada bagian tangan yang terkena getah tersebut, sehingga nantinya getah juga akan menghilang.

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Labu Siam yang Bagus untuk Kesehatan

Labu siam yang masih segar bisa Anda beli secara mudah online yaitu lewat TaniHub. Apakah tidak beresiko barang yang dikirim busuk selama masa pengiriman? Tentunya tidak karena TaniHub ini menjamin produk yang mereka kirimkan masih baru petik dan juga fresh, ditambah lagi mereka juga memiliki layanan pengiriman yang super cepat, yaitu sekarang pesan, maka besok pihaknya akan langsung mengirim barang tersebut sampai ke depan rumah Anda dalam kondisi yang masih segar. Sehingga aman jika Anda beli lewat TaniHub. Tersedia berbagai pilihan produk hasil pertanian berkualitas yang dijual disini, setidaknya lebih dari 900 item. Segera download Tanihub melalui AppStore dan Play Store. Tidak lupa juga ada promo bebas ongkir ke kota-kota besar di Indonesia (Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, dan Bali).


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
48 + = 52