Ketahui 3 Jenis Jahe Yang Ada di Indonesia!

Jahe termasuk sebagai salah satu rimpang yang cukup populer di Indonesia. Umumnya tanaman yang satu ini digunakan sebagai bumbu dapur, termasuk diantaranya juga dapat dipakai sebagai obat herbal. Anda sendiri dapat dengan mudah menjumpai rempah yang satu ini di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau, sensasi pedas pada jahe juga membuat cita rasa tersendiri di dalam masakan yang Anda buat sehingga jadi kian sedap. Tak heran jika seandainya banyak orang yang menyukainya.

Tiga Jenis Jahe Yang Ada Di Indonesia

Ketahui 3 Jenis Jahe Yang Ada di Indonesia!

Nyatanya jika dilihat jahe tak hanya ada satu, melainkan ada 3 jenis berbeda yang patut untuk diketahui, yaitu:

  1. Jahe putih, dikenal juga sebagai jahe emprit, jenis yang paling umum dipakai sebagai bumbu dapur di rumah. Jahe yang satu ini memiliki bentuk kecil dan sedikit pipih. Bagian dalam dagingnya memiliki warna putih dengan aroma yang tidak terlalu menyengat.
  2. Jahe gajah, ia juga kerap disebut sebagai jahe badak. Ukurannya yang cukup besarlah yang membuat jahe ini dinamai sebagai jahe gajah. Warna dagingnya adalah putih kekuningan, itulah mengapa beberapa orang juga kerap menyebutnya sebagai jahe kuning.
  3. Jahe merah, dibandingkan dengan yang lainnya, maka jahe merah ini cenderung punya harga yang relatif lebih mahal, karena memang lebih sulit untuk dijumpai. Ciri khasnya adalah memiliki warna rimpang yang agak merah, berserat dan ukurannya juga lebih kecil dibandingkan jahe lainnya.

Kandungan Nutrisi Dalam Jahe

Ketahui 3 Jenis Jahe Yang Ada di Indonesia!

Jahe ini adalah rimpang yang punya banyak kandungan senyawa bermanfaat yang ada didalamnya, dalam setiap 100 gram mengandung:

  1. Kalori, 79,6 kkal.
  2. Lemak jenuh, sebesar 0,2 gram.
  3. Karbohidrat sebesar 18 gram.
  4. Serat pangan 2 gram.
  5. Gula 1,7 gram.
  6. Protein 1,8 gram.
  7. Vitamin, beragam jenis vitamin terdapat dalam jahe ini, mulai diantaranya adalah vitamin C, vitamin D dan vitamin B6.
  8. Mineral, diantara mineral yang terdapat dalam jahe adalah kalium, natrium, kalsium, zat besi dan magnesium.

Manfaat Rutin Mengkonsumsi Jahe Bagi Kesehatan

Ketahui 3 Jenis Jahe Yang Ada di Indonesia!

Konsumsi jahe ini memang dianjurkan dilakukan secara rutin, sehingga nantinya akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan Anda, yaitu:

  1. Dapat meredakan nyeri, gingerol yang terkandung dalam jahe memberikan manfaat pereda nyeri, termasuk diantaranya adalah nyeri yang disebabkan oleh iritasi lambung, kram perut saat sedang haid sampai dengan nyeri otot yang disebabkan karena berolahraga.
  2. Atasi rasa mual, manfaat yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi, ia sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil dan juga orang yang memiliki masalah dengan mabuk kendaraan karena dapat mengatasi rasa mual yang ditimbulkannya.
  3. Dapat melawan terjadinya peradangan, jahe ini sendiri juga mampu atasi masalah peradangan tubuh, seperti diantaranya yang disebabkan oleh penyakit rematik dan juga osteoarthritis. Karena didalamnya memang terkandung sejumlah komponen aktif, seperti zingerol, gingerol sampai dengan gingerdione.
  4. Mampu mengurangi resiko penyakit kronis, jahe juga kaya akan kandungan antioksidan, dimana ia sangat bagus untuk membantu mengurangi efek atau resiko dari radikal bebas. Radikal bebas ini memang termasuk salah satu faktor penyebab penyakit kronis layaknya kanker, tumor sampai dengan penyakit jantung.
  5. Membantu kendalikan kadar gula pada penderita diabetes melitus, menambahkan jahe pada minuman yang Anda konsumsi maka akan menurunkan kadar gula darah. Ia juga bagus untuk mencegah komplikasi yang rentan dialami oleh pasien diabetes, seperti diantaranya adalah jantung, stroke sampai dengan retinopati diabetik.

Baca Artikel Lainnya: 3 Efek Samping Konsumsi Jahe Berlebihan yang Harus Anda Ketahui

Beli Jahe Di Aplikasi TaniHub

Jadi tak perlu ragu untuk menambahkan jahe dalam makanan maupun minuman yang Anda konsumsi, mengingat begitu banyak manfaat yang ada didalamnya. Jahe-jahe segar dan berkualitas bisa Anda beli secara mudah dari TaniHub. Belanja disini memungkinkan Anda jadi lebih praktis dan pastinya tetap terjaga keamanan selama masa pandemi seperti sekarang ini. Karena memang tidak banyak berinteraksi dengan orang di luar sana. Selain jahe tentunya masih banyak diantara bahan makanan yang bisa Anda dapatkan disini, tersedia lebih dari 900 barang yang dijual. Produknya asli hasil pertanian lokal, sehingga lebih terjaga kesegarannya. Segera beli jahe melalui Playstore dan AppStore serta update terus promo terbaru melalui Instagram @Tanihub. #SemuaAdaDi TaniHub.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
33 + = 34