3 Manfaat Kunyit yang Ternyata Sangat Bagus untuk Kesehatan

Ada banyak jenis rempah-rempah yang ada di Indonesia salah satunya yang paling terkenal adalah kunyit. Tidak hanya populer sebagai bumbu rempah saja, namun ternyata kunyit juga banyak memiliki kandungan yang sangat bagus untuk tubuh. Beragam kandungan nutrisi yang ada di dalam kunyit manfaatnya sangat bagus untuk tubuh jika diolah dengan cara yang benar dan pemanfaatannya juga tepat sesuai dengan anjuran medis. Karena jika kunyit pada awalnya bagus untuk tubuh tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan biasanya juga buruk dampaknya bagi kesehatan. 

Kandungan Nutrisi Pada Kunyit 

3 Manfaat Kunyit yang Ternyata Sangat Bagus untuk Kesehatan

Informasi tentang kandungan kunyit dan manfaat kunyit yang sangat luar biasa bagi tubuh manusia khususnya untuk kesehatan. Indonesia memang sangat terkenal dengan tumbuh-tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk obat-obatan alami yang sangat bagus untuk kesehatan. Hanya memang terkadang beberapa orang saja yang kurang begitu paham dengan manfaat rempah atau tumbuhan yang ada tersebut. Salah satu contohnya adalah kunyit. 

Kunyit adalah salah satu contoh rempah yang sangat banyak dan mudah ditemukan di Indonesia. Rempah satu ini banyak mengandung senyawa yang sangat berkhasiat untuk obat alami yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kunyit disebut sebagai rempah yang kaya akan kandungan kurkumin yang bagus untuk tubuh. Selain banyak mengandung kurkumin, kunyit juga banyak mengandung nutrisi lain sebagai berikut: 

  • Arabinose.
  • Fruktosa.
  • Glukosa.
  • Kalsium.
  • Kalium natrium. 
  • Kobalt.
  • Seng.
  • Minyak atsiri. 

Baca Juga : Khasiat Kunyit untuk Haid!

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan 

3 Manfaat Kunyit yang Ternyata Sangat Bagus untuk Kesehatan

Manfaat kunyit untuk kesehatan biasanya dilakukan dengan cara mengkonsumsinya secara langsung dan teratur. Biasanya dengan konsumsi kunyit secara teratur, Anda bisa dapatkan khasiatnya yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Biasanya yang paling terkenal tentang apa saja manfaat konsumsi kunyit secara teratur adalah bisa digunakan untuk meredakan peradangan sampai dengan bisa digunakan untuk melancarkan sistem pencernaan. Supaya lebih jelas, berikut ini adalah penjelasan tentang manfaat kunyit untuk kesehatan: 

  • Mampu meredakan peradangan 

Adanya zat aktif kurkumin dalam kunyit adalah salah satu alasan kenapa kunyit sangat bagus untuk meredakan peradangan. Selain itu, kunyit juga bisa dijadikan sebagai antioksidan yang sangat bagus dan mengandung efek anti radang. 

  • Mampu meredakan rasa nyeri osteoarthritis 

Salah satu manfaat kunyit lain yang tidak kalah bagus untuk tubuh adalah mampu untuk mengurangi rasa nyeri pada penderita gangguan osteoarthritis. Penyakit ini juga merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kondisi sendi menjadi sangat nyeri dan kaku serta kehilangan fleksibilitasnya. Untuk itu, dengan konsumsi kunyit secara rutin maka secara berangsur rasa nyeri tersebut juga akan hilang. 

  • Meredakan magh 

Kunyit juga salah satu rempah yang sangat bagus untuk meredakan dan mengatasi masalah gangguan sistem pencernaan. Untuk itu, jika Anda punya masalah maag Anda bisa konsumsi kunyit secara rutin. 

Tips Mengolah Kunyit Yang Tepat 

3 Manfaat Kunyit yang Ternyata Sangat Bagus untuk Kesehatan

Sejauh ini Anda pasti sudah sering konsumsi makanan atau minuman yang berasal dari kandungan kunyit. Untuk itu, tidak heran jika kunyit masuk dalam salah satu kategori bumbu dapur yang masuk dalam racikan obat-obatan herbal. Untuk itu, apabila Anda ingin mengkonsumsinya untuk obat-obatan maka harus tahu cara mengolahnya.Berikut ini beberapa tips untuk mengolah kunyit supaya kandungan nutrisinya tidak hilang: 

  • Siapkan kurang lebih 3 ruas kunyit, baik kunyit kuning atau putih. 
  • Parut kunyit tadi sampai halus dan tambahkan air kemudian peras. 
  • Tuang perasan air kunyit tadi dalam gelas dan minum dua kali sehari supaya manfaatnya bisa maksimal. 

Baca Juga: Kandungan Kunyit untuk Mencerahkan Kulit

Jadi sebenarnya dalam teknik pengolahan kunyit itu memang perlu tips dan langkah-langkah yang paling tepat supaya manfaatnya bisa maksimal. Di tengah pandemi COVID-19 yang semakin buruk seperti sekarang dan adanya peraturan PPKM darurat dari pemerintah maka sangat tidak mungkin bagi kita untuk sering keluar dari rumah. Jadi untuk solusinya, Anda bisa gunakan aplikasi belanja e-commerce yang bisa Anda manfaatkan secara online. TaniHub adalah solusinya. Semua kebutuhan barang dapur dan bumbu masak sampai sembako dan kebutuhan sehari-hari ada di TaniHub. Semuanya selalu fresh dan terjamin kualitasnya karena diambil langsung dari petani Indonesia. Yuk langsung cek harga dan metode pembayaranya dan beli bahan makanan lainnya di Tanihub!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
19 + = 21