3 Tips Memasak Daging Ayam

3 Tips Memasak Daging Ayam

3 Tips Memasak Daging Ayam

Daging ayam merupakan salah satu bahan makanan yang sangat mudah untuk dijadikan dalam berbagai jenis masakan. Hal inilah yang menjadikan banyak ibu rumah tangga sering menjadikan daging ayam sebagai pilihan saat belanja. Mudah didapatkan, harganya murah dan bisa diolah menjadi berbagai masakan merupakan keuntungan dari daging ayam. Apalagi kandungan nutrisinya juga baik seperti adanya protein, vitamin A, vitamin B3, vitamin B5 sampai dengan jenis vitamin B6. Jadi selain mengenyangkan, daging ayam juga bermanfaat untuk mendukung kesehatan.

Tips Mencuci Daging Ayam Yang Benar

Meskipun banyak kandungan baik dalam daging ayam, tetapi dalam keadaan daging mentah ternyata menyimpan banyak bakteri pula. Ya, mulai dari salmonella, e.coli, enterokokus sampai dengan campylobacter. Jangan salah, semua bakteri tersebut cukup menakutkan dan sangat mengancam kesehatan tubuh Anda. Bisa-bisa keracunan akibat makan daging ayam yang masih ada bakteri-bakteri tersebut. Untuk itu jangan pernah remehkan proses mencuci daging ayam sebelum memasaknya. Meskipun terlihat sepele jika tidak dilakukan dengan benar akan menjadikan boomerang bagi Anda dan keluarga yang mengkonsumsinya.

Pada dasarnya daging ayam mentah itu sebenarnya tidak perlu untuk dicuci dengan air, karena bakteri yang ada dalam daging akan mati ketika Anda melakukan proses memasak. Justru sebaliknya jika mencuci tetap dilakukan dapat menjadi penyebab penyebaran bakteri tersebut. Bila Anda tetap ingin mencuci untuk meyakinkan proses memasak, bisa melalui beberapa cara berikut:

  1. Rendam terlebih dahulu menggunakan air hangat atau panas selama kurang lebih 10 – 15 menit. Setelah itu barulah untuk membilas dengan menggunakan air yang mengalir.
  2. Bisa pula dengan trik lain yaitu dengan menggunakan cuka atau jeruk lemon untuk mengurangi kandungan bakteri yang menempel pada daging. Oleskan secara merata dan tunggu beberapa menit sebelum dimasak.
  3. Jika setelah diolesi dan dicuci tidak langsung dimasak, Anda bisa menyimpannya terlebih dahulu pada freezer. Tetapi tempatkan pada wadah yang tepat dan pastikan kedap udara sehingga lebih tahan lama.
  4. Lalu ketika akan dimasak yang sebelumnya dari kulkas, bisa pindahkan terlebih dahulu keluar untuk mendapatkan suhu ruangan. Jika sudah mencair bisa memasak, hindari memasak daging ayam yang masih beku.

Baca Artikel Lainnya: Inilah Ciri-ciri dan Cara Beternak Ayam Broiler

Tips Memasak Daging Ayam

Dipasaran sendiri banyak ditawarkan mengenai jenis daging ayam, baik ayam broiler atau potong dan ayam kampung. Jika Anda ingin makan daging tetapi tetap mendapatkan manfaat maksimal untuk kesehatan bisa memilih jenis ayam kampung. Hal itu karena ayam kampung dipercaya mempunyai kandungan nutrisi yang lebih banyak. Namun proses memasak yang lebih lama menjadi masalah, bahkan sering ibu rumah tangga gagal memasak daging ayam kampong karena masih alot atau keras. Nah, bagi Anda yang kesulitan membuat daging empuk berikut ini trik yang dapat dilakukan:

  1. Pertama bisa menggunakan potongan tebu ketika memasak, pastikan tebu sudah dicuci bersih.
  2. Rendam pada air bumbu sebelum diolah, ini akan mengurangi keras daging ayam kampong dan membuat rasa lebih enak.
  3. Selanjutnya merebus daging menggunakan air kepala.

Baca Artikel Lainnya: Cara Menghasilkan DOC Ayam Broiler Berkualitas

Apapun jenis daging ayam yang Anda pilih untuk dijadikan masakan, pastikan daging mempunyai kondisi segar dan berkualitas baik. Nah, untuk mendapatkan berbagai jenis unggas fresh dari para peternak pertama bisa belanja melalui TaniHub. Dimana itu merupakan aplikasi belanja online yang memudahkan orang modern ini untuk mendapatkan berbagai bahan baku masakan. Mulai sayur, buah, telur, unggas, ikan dan masih banyak lagi lainnya. jaminan kualitas bagus tidak menjadikan harga lebih mahal justru sebaliknya banyak promo yang ditawarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
+ 1 = 8