3 Tips Memilih dan Menyimpan Buah Pepaya dengan Benar

Pepaya merupakan salah satu buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini mempunyai banyak kandungan yang baik untuk kesehatan dan ditawarkan dengan harga sangat terjangkau. Buah ini mempunyai kandungan vitamin A, fosfor, kalium, protein, karbohidrat, dan merupakan buah rendah lemak. Sehingga cocok untuk memanfaatkannya sebagai menu yang diet. Pepaya memberikan manfaat untuk melancarkan pencernaan dan bisa digunakan sebagai Makanan Pendamping ASI untuk bayi hingga bisa dikonsumsi orang dewasa.

Tips Memilih Buah Pepaya

3 Tips Memilih dan Menyimpan Buah Pepaya dengan Benar

Ketika akan mengonsumsi buah ini Anda perlu membelinya terlebih dahulu dan di waktu itulah perlu pertimbangan matang agar bisa mendapatkan buah yang matang dan bisa untuk dikonsumsi. Ketika akan memilih buah pepaya, tiga cara mudah yang dapat digunakan adalah:

1.Tekstur yang empuk

Cara memilih buah pepaya yang pertama adalah dengan memilih teksturnya. Ketika akan membelinya pastikan untuk memilih pepaya dengan tekstur yang empuk apabila ditekan dengan jari. Jangan memilih buah yang terlalu keras karena menandakan buah belum matang. Tetapi juga yang terlalu lembek karena justru kematangan. Akan tetapi bagi yang ingin membeli pepaya dan masih dikonsumsi dalam waktu cukup lama bisa memilih jenis pepaya yang belum matang dengan tekstur sedikit keras.

2.Warna Orange

Pertimbangan selanjutnya memilih buah pepaya adalah dilihat dari warnanya. Anda bisa memilih buah pepaya yang mempunyai warna orange dengan semburat hijau di sekelilingnya. Ada juga warna pepaya yang mempunyai warna kuning hingga kemerahan. Warna tersebut menunjukkan buah yang bagus dan matang sehingga siap untuk dimakan. Hindari untuk memilih buah pepaya dengan kulit yang masih sangat hijau karena menandakan buahnya juga belum matang. Apabila buah pepaya tersebut mempunyai bintik hijau di beberapa bagiannya, hal tersebut menunjukkan bahwa buah akan cepat matang.

3.Aroma buah

Tips terakhir untuk memilih buah pepaya yang tepat adalah dengan memperhatikan aromanya. Pilih buah yang mempunyai aroma khas yang dapat dicium terlebih dahulu dari buahnya. Apabila buah tersebut mengeluarkan aroma yang manis dan lembut maka hal tersebut menunjukkan bahwa buah pepaya tersebut masih bagus. Sedangkan buah yang mengeluarkan aroma aneh dan juga terlalu kuat, biasanya hal tersebut menunjukkan buah yang sudah mulai busuk atau kurang disimpan dengan baik.

Baca Juga: Keunggulan Dan Langkah- Langkah Budidaya Pepaya California

Penyimpanan Pepaya Menurut Kondisinya

 3 Tips Memilih dan Menyimpan Buah Pepaya dengan Benar

Pepaya dapat dinikmati hingga beberapa hari apabila tidak langsung dihabiskan sekaligus. Lama penyimpanan tersebut bisa disesuaikan salah satunya dengan kondisi pepaya tersebut. Sehingga membantu mendapatkan penyimpanan lebih tahan lama. Seperti penyimpanan menurut kondisinya berikut ini:

  • Bagi pepaya yang belum matang bisa untuk disimpan di tempat yang gelap di suhu ruangan. Buah ini akan bisa matang dalam waktu 1 hingga 3 hrai tergantung dari kematangan pepaya yang dipilih.
  • Bagi pepaya yang sudah matang bisa dipilih di lemari es baik dalam keadaan sudah dipotong atau dikupas. Apabila disimpan di kulkas akan dapat bertahan 3-4 hari.
  • Bagi pepaya yang sudah dipotong sebaiknya simpan di freezer kulkas agar bertahan lama. Hal ini dapat menghindari tekstur buah yang berubah apabila sudah dipotong dan tidak segara dikonsumsi.

Penyimpanan Pepaya Menurut Tempatnya

 3 Tips Memilih dan Menyimpan Buah Pepaya dengan Benar

Selain itu ketika akan menyimpan pepaya juga bisa memperhatikan tempatnya yaitu:

  • Penyimpanan di suhu ruangan bisa diletakkan di meja dapur dan jauhkan dari sinar matahari secara langsung. Hal tersebut akan membuat buah cepat membusuk.
  • Penyimpanan di kulkas bisa dimasukkan ke dalam wadah kedap udara atau kantong plastik. Sehingga bisa lebih tahan lama ketika disimpan di lemari pendingin.
  • Penyimpanan di freezer dapat menyimpan pepaya agar tahan lebih lama.

Baca Juga: 7 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

Ketika akan membeli pepaya Anda bisa untuk mendapatkannya di berbagai tempat. Mulai di pasar, minimarket, swalayan, hingga juga pembelian secara online. Anda bisa memilih buah pepaya yang sudah dikupas maupun yang sudah dikupas dan dipotong sehingga tinggal maka saja. Akan tetapi pastikan untuk memperhatikan beberapa tips di atas sehingga akan membantu mendapatkan buah pepaya dalam keadaan yang siap matang dan dalam keadaan bagus. TaniHub merupakan pilihan tempat membeli buah pepaya secara online yang menawarkan kualitas terbaik dan harga terjangkau dengan adanya banyak promo. Segera download aplikasi Tanihub melalui Play Store dan AppStore serta update informasinya hanya di sosial media Instagram @Tanihub.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
31 + = 37