4 Jenis Timun Dan Cara Menyimpannya Agar Lebih Awet

4 Jenis Timun Dan Cara Menyimpannya Agar Lebih Awet

 4 Jenis Timun Dan Cara Menyimpannya Agar Lebih Awet

Pernah merasa ada yang kurang ketika makan nasi goreng tidak menggunakan timun atau acar diatasnya? Nah, inilah kenapa sayuran yang satu ini cukup banyak diminati karena keberadaannya sebagai pelengkap makan setiap sajian. Bukan saja nasi goreng, tetapi bisa pula dijadikan sebagai lalapan, sebagai jus dan masih banyak lagi lainnya. Di Indonesia sendiri umumnya dikenal timun dengan ukuran sedang namun panjang, berwarna putih dengan garis putih pada beberapa bagian. Tetapi perlu Anda pahami, ternyata banyak jenis timun dalam pertanian dan bentuk ataupun warnanya berbeda-beda.

Jenis Timun

 4 Jenis Timun Dan Cara Menyimpannya Agar Lebih Awet

Sebagai orang yang tidak pernah belajar pertanian, tentu tidak mengetahui sejauh mana jenis pada masing-masing sayuran. Misalnya saja timun, untuk beberapa orang hanya paham 1 jenis yang berwarna hijau putih dan panjang. Tetapi ternyata ada pula model lainnya dengan nama yang sama, berikut ini beberapa diantaranya:

1.Timun Armenian

Jenis timun yang satu ini juga dikenal dengan nama lain yaitu melon ular atau timun ular. Mempunyai ukuran panjang dengan warna hijau dan garis hijau lebih pucat. Rasanya tidak berbeda jauh dengan jenis timun biasa tetapi ketika matang akan berubah warna menjadi kuning. Bisa dimakan secara langsung ataupun digunakan sebagai campuran acar atau salad.

2.Timun Hothouse

Pernah mendengar timun Inggris atau Eropa? Ya, ini merupakan salah satu timun mahal karena proses penanamannya yang cukup rumit. Bentuknya cenderung kecil memanjang, kulitnya halus dan umumnya tidak mempunyai biji pada daging didalamnya. Rasanya lebih ringan dan cocok untuk dijadikan sebagai salad.

3.Timun Amerika

Slicing cucumber atau timun amerika, warna hijau menjadi dominan pada jenis yang satu ini tetapi ukuran tidak terlalu panjang. Kulitnya lebih tebal sehingga ketika disimpan mempunyai ketahanan lebih lama. Bisa digunakan sebagai acar, salad ataupun dimakan secara langsung tetap mengupas kulit lebih dalam karena kulit tebal.

4.Timun Jepang

Kyuri atau timun jepang dengan bentuk seperti jenis dari Inggris tetapi ukuran lebih panjang. Warna hijau gelap menjadi dominasi, bergelombang, ramping tetapi kulit lebih tipis. Mempunyai rasa yang renyah dan sedikit manis, umumnya bisa langsung dimakan mentah ataupun digunakan dalam beberapa campuran.

Pada dasarnya ada banyak sekali jenis timun yang ada didalam dunia pertanian, bahkan ada pula dengan bentuk bulat seperti tomat tetapi keras. Meskipun tidak menggunakan setiap hari, tidak ada salahnya untuk mengetahui sebagai bentuk pengetahuan umum. Apalagi seorang ibu rumah tangga, berbagai macam sayuran itu perlu diketahui supaya tidak salah menamai ataupun menggunakannya.

Baca Artikel Lainnya : Mengenal Jenis dan Manfaat Timun untuk Kecantikan

Tips Menyimpan Timun

 4 Jenis Timun Dan Cara Menyimpannya Agar Lebih Awet

Setelah mengetahui beberapa jenis timun yang ada dipasaran, perlu pula untuk mengetahui cara menyimpan yang tepat. Seperti yang diketahui, jika sayuran hanya masuk dalam kulkas tanpa mengetahui aturan yang benar pasti akan cepat layu atau bahkan sampai dengan membusuk. Untuk jenis timun sendiri perlu beberapa hal yang harus Anda ketahui seperti:

  1. Sebelumnya pastikan terlebih dahulu Anda membeli timun yang masih segar.
  2. Cuci timun sampai dengan bersih secara merata, gosok menggunakan tangan jika diperlukan.
  3. Hindari langsung masuk kulkas, keringkan terlebih dahulu.
  4. Jangan dikupas meskipun masih digunakan dalam waktu lama.
  5. Jangan masuk dalam freezer.
  6. Gunakan tempat khusus yang dibedakan dengan sayuran lain untuk menjaga kesegaran.

Baca Artikel Lainnya: Sering Digunakan untuk Lalapan, Ini Sederet Manfaat Timun Jika Dikonsumsi

Pada dasarnya bukan saja cara menyimpan timun yang perlu untuk diketahui para ibu rumah tangga, tetapi juga sayuran lainnya. Hal itu untuk mengurangi kemungkinan sayur mudah layu dan membusuk saat berada di kulkas. Di masa pandemic seperti sekarang ini perlu untuk menyetok semua bahan makanan dirumah dalam waktu lama. Hal itu bertujuan untuk mengurangi mobilitas keluar masuk rumah lebih banyak hanya sekedar berbelanja. Dengan mengetahui cara menyimpan yang tepat sayur akan lebih tahan lama.

Diuntungkan lagi sekarang ada TaniHub yang merupakan e-commerce berbasis aplikasi dan web. Dimana itu dapat Anda gunakan untuk berbelanja secara online tanpa perlu keluar rumah dan membeli sayuran. Beragam produk yang mereka sediakan seperti sayur, buah, unggas, telur dan banyak lagi keperluan dapur. Semuanya sudah terjamin kesegarannya setiap hari karena langsung didapat dari para petani. Segera beli dan dukung terus buah-buahan dan sayuran negara Indonesia dengan beli di aplikasi dan website TaniHub serta update terus informasi terbaru melalui Instagram @Tanihub. #SemuaAdaDiTanihub.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
96 − 88 =