Manfaat dan Resiko Mengkonsumsi Udang untuk Kesehatan

Udang merupakan seafood yang bisa didapatkan dengan mudah. Selain itu bahan ini juga mudah dimasak dan menawarkan harga terjangkau. Sehingga apabila menginginkan manfaat kesehatan dari seafood, udang merupakan jenis seafood yang paling umum dipilih. Udang bisa dinikmati dengan banyak jenis olahan makanan yang bisa dipilih. Mulai dari udang saus padang, udang bumbu rendang, bakso goreng udang, bakwan udang, spaghetti udang, hingga udang tepung yang bisa dibuat sendiri atau dibeli di tempat makan. Resep udang yang beragam tersebut menyembunyikan beragam manfaat maupun resiko untuk kesehatan ketika dikonsumsi.

Jenis Udang

4 Manfaat dan Resiko Mengonsumsi Udang untuk Kesehatan

Olahan udang biasanya menggunakan jenis yang cocok, seperti beberapa jenis udang yang biasanya dibuat menjadi masakan di dapur adalah:

  • Udang jerbung merupakan jenis yang dikenal dengan udang putih. Jenis ini tidak cocok untuk dibakar karena mempunyai kulit tipis. Udang jerbung ini lebih cocok untuk campuran bahan untuk nasi goreng, mie, bakmie, dan kwetiaw.
  • Udang barong jug dikenal dengan lobster yang mempunyai ukuran besar. Jenis ini cock digunakan sebagai olahan lobster asam manis atau saus tiram.
  • Udang sikat merupakan jenis yang ukurannya lebih kecil daripada lobster. Jenis ini cocok untuk dibuat bumbu pedas seperti balado.
  • Udang vaname mempunyai harga yang mahal dan cocok diolah dengan berbagai cara. Mulai digoreng, dibuat bumbu balado, dan ditumis.
  • Udang dogol dikenal dengan pink shrimp merupakan jenis yang cocok digoreng tepung.
  • Udang rebon mempunyai ukuran paling kecil dan bisa digunakan untuk sambal udang, rempeyek, maupun botok.

Manfaat Udang untuk Kesehatan

4 Manfaat dan Resiko Mengonsumsi Udang untuk Kesehatan

Udang mempunyai banyak kandungan yang bisa bermanfaat untuk kesehatan. Udang mempunyai kandungan gizi seperti zinc, kalium, fosfor, magnesium, kalsium, dan juga lainnya. Selain itu udang juga mempunyai kandungan asam lemak omega-3 dan omega 6, antioksidan, hingga yodium. Kandungan berlimpah tersebut tentunya bermanfaat untuk kesehatan yang dapat untuk memberikan keunggulan seperti berikut ini:

  • Dapat membantu untuk membentuk sel dan jaringan tubuh. Udang mempunyai kandungan protein yang diperlukan untuk membentuk sel jaringan baru di dalam tubuh
  • Membantu produksi hormon tiroid sehingga bisa mencegah penyakit gondok hingga kehamilan
  • Dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi karena kandungan kalsium yang dipunyai. Kalsium tersebut juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi hormon, membantu kerja otot, dan mempercepat proses pembekuan darah
  • Membantu membuat jantung lebih sehat karena kandungan lemak omega 3 dan omega 6

Baca Artikel Lainnya: Resep Mudah Memasak Udang Vaname yang Lezat

Resiko Kesehatan Mengonsumsi Udang

4 Manfaat dan Resiko Mengonsumsi Udang untuk Kesehatan

Akan tetapi selain memberikan manfaat untuk kesehatan, udang juga memberikan resiko kesehatan yang perlu diwaspadai. Terutama bagi Anda yang mempunyai alergi terhadap seafood yang akan membuat reaksi alergi. Seperti dapat menimbulkan gatal, pusing, sakit perut, hingga mengalami pembengkakan wajah dan mulut. Reaksi alergi tersebut bisa terjadi tergantung kondisi. Seperti misalnya ketika udang yang tidak segar maka bisa membuat alergi menjadi parah. Ada juga yang mengkonsumsi udang masih segar tidak merasakan reaksi alergi. Sehingga hal tersebut tergantung dari alergi yang dipunyai.

Selain bisa menimbulkan reaksi alergi, mengkonsumsi udang juga memberikan resiko kesehatan yang dapat terjadi seperti berikut ini:

  • Pertama adalah dapat membuat tersedak apabila tidak hati-hati makan udang. Udang mempunyai kulit dan ekor yang dapat menyumbat saluran pernafasan bahkan juga melukainya apabila Anda tersedak udang. Oleh karena itulah pastikan untuk berhati-hati makan udang atau bisa membersihkan bagian yang dapat membuat luka ketika tersedak.
  • Bisa mengalami keracunan makanan setelah makan udang. Hal tersebut biasanya karena udang disiapkan dan diolah dengan cara yang tidak benar.
  • Udang mempunyai kolesterol tinggi yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

Baca Artikel Lainnya: Resiko Kesehatan Mengkonsumsi Udang Vaname

Dengan mengetahui manfaat dan resiko mengkonsumsi udang seperti di atas, maka Anda bisa lebih bijak ketika makan seafood jenis udang ini. Seperti pastikan untuk memilih udang yang masih segar sehingga bisa menghindari resiko alergi hingga keracunan makanan. Udang segar tersebut bisa didapatkan secara online yaitu dibeli di TaniHub. Tempat ini menawarkan udang yang dijamin kesegarannya dan mempunyai pengiriman cepat. Sehingga memastikan udang yang diterima masih dalam kondisi segar sehingga aman dimasak.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
35 + = 40