4 Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan

4 Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan

4 Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan ikan kembung, pastinya Anda sendiri sudah mengenal baik ikan yang kerap dijadikan sebagai lauk makan ini bukan, sekedar digoreng dan dimakan bersama dengan sambal saja rasanya sudah sangat nikmat. Apalagi jika seandainya dibuat menu atau olahan yang lainnya. Di Indonesia sendiri pada dasarnya adalah ikan yang sangat mudah untuk dijumpai, bahkan dari segi harganya juga relatif terjangkau, tak heran jika banyak menggemarinya. Di balik rasanya yang nikmat ia bahkan juga kaya akan kandungan nutrisi.

Kandungan Gizi Dalam Ikan Kembung

Berbicara mengenai kandungan nutrisi yang terdapat dalam ikan kembung ini sudah pasti ada banyak sekali, berikut ini diantaranya yang patut Anda ketahui, yaitu:

  • Protein.
  • Karbohidrat.
  • Lemak.
  • Fosfor.
  • Kalsium.
  • Zat besi.
  • Natrium.
  • Kalium.
  • Tembaga.
  • Vitamin B1, B2 dan B3.

Baca Artikel Lainnya: Disukai Masyarakat Indonesia, Ternyata Ikan Kembung Punya Banyak Nutrisi Dan Manfaat Bagi Kesehatan

Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan

4 Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan

Setelah melihat ulasan mengenai kandungan gizi yang terdapat didalam ikan nikmat tersebut, maka penting juga bagi Anda untuk mengetahui bahwa ikan yang satu ini juga kaya akan manfaat untuk kesehatan, berikut ini diantaranya yang patut diketahui, yaitu:

  1. Mengatasi peradangan, ikan kembung ini termasuk kategori ikan laut yang kaya akan kandungan antioksidan, dimana hal tersebut memang sangat berguna untuk melawan radikal bebas, juga mampu untuk berperan sebagai antiinflamasi atau atasi peradangan. Hal tersebut sangat bagus untuk mencegah beberapa penyakit kronis seperti diantaranya adalah kanker dan juga penyakit jantung.
  2. Bantu turunkan berat badan, bagi Anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan atau diet maka ikan kembung ini patut untuk dijadikan sebagai pilihan menu makanan harian Anda. Karena memang memberikan atau memiliki efek kenyang lebih lama dengan kandungan proteinnya yang tinggi, juga bisa sebagai sumber energi yang bagus untuk tubuh. Apalagi ia juga membantu mempercepat proses terjadinya metabolisme tubuh.
  3. Bagus untuk kesehatan tulang, ikan kembung ini kaya akan kandungan kalsium yang mana hal ini bagus untuk menjaga kesehatan tulang serta gigi, bantu untuk memadatkannya dan mencegah pengeroposan atau osteoporosis yang umumnya rentan menyerang wanita di usia lanjut.
  4. Jaga kesehatan otot serta otak, manfaat lain yang nantinya juga dapat Anda rasakan adalah karena ikan kembung ini kaya akan kalium serta natrium yang memang bagus untuk kesehatan otot maupun otak Anda. Mineral-mineral penting yang bekerja secara kesinambungan.

Tips Sehat Dalam Mengolah Ikan Kembung

4 Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan

Hidangan yang satu ini pada dasarnya memang memiliki cita rasa yang nikmat sehingga tidak banyak diolah juga akan tetap terasa nikmat. Namun hendaknya hai-hati dalam memilih, mengingat memang tidak semua produknya tersebut terbebas dari logam berat, di beberapa perairan umumnya ikan kembung ini tercemar dengan logam berat seperti mercury sehingga berbahaya untuk dikonsumsi. Berikut ini diantaranya ada beberapa tips sehat dalam mengolahnya, yaitu:

  1. Bersihkan dari kotorannya terlebih dahulu, pastikan bahwa semuanya benar-benar dalam kondisi yang bersih.
  2. Tambahkan sedikit garam dan air perasan jeruk untuk menghilangkan aroma amis pada ikan, namun sebelum diolah nantinya cuci lagi dengan air sehingga tidak terasa asam.
  3. Marinasi dengan bumbu dasar seperti diantaranya adalah bawang putih, ketumbar, kunyit serta tambahkan dengan sedikit garam, ingat sedikit saja karena pada dasarnya ikan laut sudah punya cita rasa yang asin.
  4. Goreng dalam minyak panas, jaga suhu minyak tersebut agar tidak sampai berasap, karena nantinya jika berlebihan panasnya akan merusak kandungan gizi dalam ikan.

Baca Artikel Lainnya: Manfaat dan Resep Makanan dari Ikan Kembung untuk Ibu Hamil

Mudah bukan, bisa Anda coba sendiri di rumah, disantap bersama dengan sambal serta nasi hangat tentunya akan terasa sangat nikmat. Dapatkan ikan kembung yang segar hanya dari TaniHub, dimana TaniHub ini sendiri pada dasarnya merupakan sebuah platform ecommerce berbasis aplikasi yang fokusnya adalah untuk menjual produk-produk hasil pertanian yang ada di Indonesia. Termasuk diantaranya adalah produk protein hewani segar seperti ikan, daging ayam maupun daging merah juga tersedia. Langsung saja download aplikasinya di Play store maupun App Store.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
79 − 74 =