4 Manfaat Labu Siam untuk Tubuh

Labu siam merupakan tumbuhan dengan bentuk menyerupai pir dengan warna hijau dengan agak keriput. Tumbuhan sayur ini mempunyai nama latin bernama Cucurbitaceae yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Tekstur sayuran ini sangat garing, penuh kandungan air dan bila dimasak memberikan tekstur lembut dan rasa yang manis lembut. Makanan ini bisa diolah menjadi beberapa menu hidangan mulai dari tumis labu, sayur lodeh, sayur asem, gulai dan beef teriyaki. 

Sayuran ini mempunyai beberapa manfaat untuk tubuh dan banyak khasiat yang baik bagi tubuh. Yuk simak dibawah ini penjelasanya:

Membantu Kebutuhan Nutrisi Ibu Selama Kehamilan 

4 Manfaat Labu Siam untuk Tubuh

Mengonsumsi labu siam ini sangat mengandung banyak serat dan manfaat terutama untuk ibu hamil. Karena memiliki kandungan nutrisi yaitu kandungan folat (Vitamin B9) yang bisa membantu  mendapatkan gizi yang dibutuhkan. Selain itu, juga bisa membantu perkembangan otak janin bayi dan sumsum tulang belakang. 

Baca Artikel Lainnya: Jangan Salah, Selain Perkuat Imun Inilah Khasiat Labu Siam yang Jarang Diketahui!

Menjaga Tekanan Darah

4 Manfaat Labu Siam untuk Tubuh

Tekanan darah bisa mengancam semua kalangan dari  anak muda sampai orang tua. Sayuran labu siam ini juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah agar darah tidak tinggi. Anda bisa mengolah labu siam dengan cara jus yang segar, potong dan menjadi lalap makanan. 

Mengatasi Anemia

4 Manfaat Labu Siam untuk Tubuh

Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah tidak berfungsi. Bisa juga kekurangan vitamin B2 dan zat besi yang bisa menyebabkan penyakit ini.  Sayuran ini bisa mengatasi anemia karena mengandung zat besi sehingga berpotensi membantu mengatasi anemia.

Baca Artikel Lainnya: 2 Tips Aman dan Mudah Hilangkan Getah Labu Siam Sebelum Dimasak!

Mencegah Kanker 

4 Manfaat Labu Siam untuk Tubuh

Labu siam mempunyai kandungan antioksidan, flavonoid dan polifenol yang bisa membuat radikal bebas yang berbahaya. Dimana apabila terpapar radikal bebas secara menerus dapat membuat resiko penyakit berbahaya termasuk kanker. Dengan mengkonsumsi labu siam maka akan bisa mencegah kanker. 

Bagi anda yang bingung, mau masak apa? Kalian bisa mencoba resep menu dengan bahan makanan labu siam dibawah ini: 

Tumis Labu Siam Ampela Sosis 

Resep menu ini hanya memerlukan dua labu siam muda, ampela ayam, sosis, bawang merah, bawang putih, cabai polong, cabai keriting, garam dan minyak untuk menumis. Caranya sangat gampang dengan cara tumis bawang merah, bawang putih lalu kemudian masukkan sosis lalu tambahkan cabai polong dan keriting. Beri bumbu garam dan kaldu bubuk. Step selanjutnya adalah dengan masukkan labu siam dan aduk-aduk sampai layu, angkat dan siap disajikan! 

Tumis Mie Labu Siam 

Menu ini memerlukan bahan dasar mie telur, labu siam, bawang merah, bawang putih dan merica bubuk. Cara memasak resep ini adalah dengan dengan rebus mie telur dengan lunak, lalu panaskan minyak, tumiskan bawang merah dan putih , tambahkan air kemudian masukkan labu siam dan yang terakhir adalah tambahkan merica, kaldu gula dan garam. Makanan siap disantap!

Gratin Labu Siam Gurih 

Labu siam bisa dijadikan menjadi gratin. Gratin adalah makanan asal Eropa yaitu Perancis yang bahan makanannya ditaburi oleh keju, tepung roti, telur dan mentega. Cara membuatnya adalah dengan sediakan mentega dalam wajan dengan api sedang. Lalu, masukkan irisan bawang bombay dan aduk rata. Bila sudah harum, tambahkan tepung dan masak selama satu menit. Tambahkan susu, pala, cengkeh, garam dan lada. Aduk hingga rata. Rebus labu siam hingga teksturnya lunak lalu masukkan dalam Loyang dan masukkan ke dalam oven sekitar 180 celcius dan biarkan hingga 20 menit. Bila sudah matang, angkat dan siap dimakan. 

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dan resep menu dari labu siam tersebut, anda bisa membelinya dengan mudah seperti dari TaniHub. TaniHub adalah salah satu e-commerce yang melayani pengiriman di berbagai kota dalam waktu cepat dengan pengiriman hanya satu hari. Banyak juga promo-promo yang menarik ditawarkan setiap minggunya. Selain itu ketika membeli labu siam di TaniHub maka akan turut membantu hasil pertanian lokal. Download aplikasinya sekarang juga disini. 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
− 8 = 1