4 Tips Cara Membuat Bawang Merah Goreng Renyah Dan Gurih

4 Tips Cara Membuat Bawang Merah Goreng Renyah Dan Gurih

4 Tips Cara Membuat Bawang Merah Goreng Renyah Dan Gurih

Cara membuat bawang merah goreng cukup sederhana. Bawang Merah goreng sering menjadi pelengkap makanan seperti sop, sop, bubur ayam, atau nasi uduk. Rasa gurih dan manis menambah cita rasa masakan. Tak jarang, Bawang Merah goreng menjadi cemilan tersendiri. 

Hal ini membuat banyak orang ingin mencoba cara membuat Bawang Merah goreng sendiri. Terkadang saat mencoba membuat Bawang Merah goreng sendiri, Bawang Merah bombay lebih mudah dihaluskan atau rasanya kurang gurih.

Cara membuat Bawang Merah goreng membutuhkan trik tersendiri agar renyah dalam waktu yang lama. Anda bisa mencoba cara membuat Bawang Merah goreng dengan tips sederhana ini. Dengan membuat Bawang Merah goreng, Anda tidak perlu lagi memberikan Bawang Merah goreng siap saji dan tentunya menjadi lebih hemat. Berikut cara membuat Bawang Merah goreng dan tips agar tetap renyah dalam waktu lama.

4 Tips Cara Membuat Bawang Merah Goreng Renyah Dan Gurih 

4 Tips Cara Membuat Bawang Merah Goreng Renyah Dan Gurih

Tepung Tapioka

Cara pertama membuat Bawang Merah goreng renyah dan gurih adalah dengan menambahkan tepung tapioka. Iris tipis Bawang Merah merah direndam air garam. Setelah itu, tiriskan Bawang Merah bombay dan taburi tepung tapioka hingga tercampur rata. Panaskan minyak, goreng Bawang Merah bombay dengan api sedang hingga kecoklatan. Bawang Merah goreng krispi bisa disimpan dalam wadah tertutup rapat untuk stok di rumah.

Tepung Jagung Dan Tepung Beras

Selain tapioka, Anda juga bisa mencoba menambahkan Bawang Merah bombay dengan tepung maizena dan tepung beras. Bawang Merah merah yang sudah dicuci bersih diiris tipis-tipis. Sementara itu, siapkan tepung maizena dan tepung beras aduk rata. Taburkan tepung di atas irisan Bawang Merah bombay hingga merata. Siapkan wajan, panaskan minyak dengan api sedang. Tumis Bawang Merah bombay sambil sesekali diaduk agar matang merata. Angkat dan tiriskan.

Tepung Jagung Dan Baking Powder

Cara lain untuk membuat Bawang Merah goreng renyah dan gurih, Anda bisa menambahkan tepung maizena dan baking powder. Irisan Bawang Merah bombay direndam dalam air garam selama kurang lebih 10 menit. Kemudian, cuci bersih agar getahnya hilang. 

Siapkan tepung maizena dan baking powder (perbandingannya bisa 1 sendok makan tepung maizena dan 1 sendok teh baking powder). Taburkan di atas Bawang Merah sampai halus. Goreng dengan api sedang sampai terlihat berwarna cokelat keemasan. Angkat dan tiriskan.

Cuka

Tidak hanya tepung, Anda juga bisa menambahkan cuka untuk membuat Bawang Merah menjadi renyah dan gurih. Bawang Merah bombay cuci, iris tipis. Kemudian tuangkan cuka, aduk rata dan diamkan selama 5 menit. Untuk 500 gram Bawang Merah goreng, Anda bisa menggunakan 4 sendok makan cuka. Setelah itu bilas dan cuci bersih. Goreng Bawang Merah dalam minyak sedang sampai berwarna cokelat keemasan.

Baca Artikel Lainnya: Cara Mengiris Bawang Merah Tanpa Sakit Mata

Tips Menyimpan Bawang Merah Goreng Agar Tahan Lama

4 Tips Cara Membuat Bawang Merah Goreng Renyah Dan Gurih

Goreng bawang merah sampai kering. Selain disimpan dengan cara dicincang, Anda juga bisa menggorengnya. Bawang merah yang Anda goreng bisa bertahan lebih lama. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah iris tipis bawang merah bombay, lalu goreng hingga kering menggunakan api kecil. 

Jika sudah matang, tiriskan dan simpan dalam wadah kedap udara agar kerenyahan selalu terjaga. Agar tidak cepat lembek atau lembek, Bawang merah goreng harus disimpan dengan baik. Berikut tips menyimpan Bawang Merah goreng agar tahan lebih lama:

  • Saat membuat bawang merah goreng, usahakan menggunakan Bawang Merah bombay yang berkualitas baik. Iris bawang merah bombay dengan ukuran yang sama agar Bawang Merah goreng matang dan renyah secara merata.
  • Setelah bawang merah goreng matang, jangan langsung disimpan di toples atau wadah tertutup lainnya. Taburkan sedikit bawang merah goreng dan pastikan bawang merah goreng sudah dingin. Menyimpan bawang merah goreng saat masih panas akan memudahkannya untuk ditumbuk.
  • Jika bawang merah goreng sudah dingin, simpan bawang merah goreng dalam plastik atau toples yang tertutup rapat. Letakkan tisu atau tisu di bawah plastik dan stoples agar bawang merah goreng tidak terlalu berminyak.
  • Simpan bawang merah goreng di tempat yang kering dan bersih. Hindari menyimpan bawang merah goreng di tempat yang lembab dan basah.
  • Hindari juga menyimpan bawang gerah goreng di tempat yang terkena sinar matahari

Baca Artikel Lainnya: Cara Menanam Bawang Merah Menggunakan Polybag/Pot

Diatas tersebut adalah empat tips cara membuat bawang merah goreng renyah dan gurih. Mulai dari tepung tapioka, tepung jagung dan tepung beras, tepung jagung dan baking powder dan cuka. Jika ingin membeli kebutuhan bawang merah bisa di TaniHub. TaniHub adalah sebuah platform e-commerce yang berbasis aplikasi dan website. Memiliki fokus utama terhadap produk hasil pertanian dan berbagai kebutuhan masak untuk usaha ataupun rumah tangga. Banyak metode pembayaran dan promo di setiap minggunya. Promo bebas ongkir ke mulai dari Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Jogja, Solo, Semarang, hingga Bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
12 − = 9