4 Tips Memilih Pepaya yang Manis

Buah pepaya termasuk dalam buah yang mudah dijumpai di Indonesia, bahkan semakin kesini jenisnya juga semakin banyak. Diantaranya punya cita rasa yang manis. Tak sekedar nikmat memang, karena ternyata pepaya ini juga kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Pepaya ini dapat dimakan secara langsung maupun juga dibuat menjadi beragam jenis hidangan lain yang tidak kalah menggugah selera. Bahkan jika dilihat ada banyak produk kecantikan yang memadukan pepaya ini didalam produk mereka.

Tips Memilih Buah Pepaya Yang Manis

4 Tips Memilih Pepaya yang Manis

Di pasaran sendiri ada banyak yang menjual buah tersebut, namun jangan asal beli jika seandainya Anda menginginkan cita rasa yang manis, berikut ini diantara tips dalam memilihnya, yaitu:

  1. Perhatikan warna kulitnya, paling mudah untuk mengetahui apakah buah pepaya tersebut sudah matang ataukah belum memang dari warna kulitnya. Dimana untuk pepaya yang punya kulit berwarna hijau biasanya masih mentah, namun jika sudah ada perubahan warna hijau menuju orange atau semuanya sudah kuning maka artinya buah tersebut sudah matang.
  2. Tekstur padat namun lembut, buah pepaya yang paling nikmat disantap adalah ketika pada bagian teksturnya jika dipegang padat, namun lembut, sehingga tak jarang akan meninggal bekas ketika Anda pencet. Hal ini pada dasarnya bisa dijadikan sebagai tolak ukur kematangan dari buah tersebut.
  3. Mengeluarkan aroma yang khas, untuk mengetahui tingkat kematangannya agaknya Anda juga dapat mencium dari segi aroma buah tersebut, pada dasarnya buah yang telah matang akan mengeluarkan aroma yang terasa kuat dan manis. Sedangkan yang tidak mengeluarkan aroma tandanya buah tersebut masih mentah.
  4. Kualitas dari kulit pepaya, buah pepaya yang bagus punya kulit yang bersih dan juga cerah, sedangkan jika seandainya ada bagian yang berlubang atau cacat hendaknya tidak dipilih karena memang mempengaruhi cita rasa dari buah tersebut.

Baca Artikel Lainnya: 3 Tips Memilih dan Menyimpan Buah Pepaya dengan Benar

Kandungan Gizi Dalam Buah Pepaya

4 Tips Memilih Pepaya yang Manis

Ada banyak diantara nutrisi bermanfaat yang terkandung didalam buah pepaya ini, diantaranya adalah:

  • Karbohidrat.
  • Protein.
  • Serat.
  • Kalsium.
  • Potasium.
  • Folat.
  • Magnesium.
  • Vitamin A. B,C, E dan K.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

4 Tips Memilih Pepaya yang Manis

Setara dengan beragam nutrisi yang ada dalam buah pepaya ini, maka tak bisa dipungkiri jika seandainya ia juga banyak memberikan manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah:

  1. Menjaga kesehatan mata, buah dengan warna orange ini kaya akan kandungan vitamin A yang bagus untuk menurunkan resiko terkena gangguan penglihatan, sebut saja diantaranya adalah rabun sampai dengan gangguan degenerasi makula, termasuk diantaranya adalah katarak.
  2. Membantu memelihara kesehatan rambu serta kuku, manfaat lainnya yang dapat Anda rasakan juga untuk kesehatan rambut hingga kuku. Dimana ia kaya akan vitamin serta mineral yang memang bagus untuk tubuh, membantu untuk meningkatkan kesehatan kuku hingga mempercepat pertumbuhan rambut.
  3. Membantu dalam memulihkan kulit yang terbakar matahari, memang tak jarang diantaranya terlalu lama bermain di bawah terik matahari akan membuat kulit Anda menjadi rusak atau terbakar. Antioksidan yaitu likopen yang terdapat dalam buah pepaya ini mampu untuk melindunginya, menangkal kerusakan yang disebabkan oleh efek radikal bebas.
  4. Memperlancar pencernaan, buah yang satu ini juga kaya akan kandungan serat yang memang sangat bagus digunakan untuk melancarkan pembuangan atau pencernaan Anda, sehingga nantinya bisa buang air besar secara teratur, ditambah lagi Anda juga akan terhindar dari sembelit.
  5. Menjaga kesehatan jantung, karena kaya akan antioksidan maka tak heran jika seandainya buah ini bagus untuk menangkal efek buruk dari radikal bebas, termasuk diantaranya bagus untuk jantung.

Baca Artikel Lainnya: Mengenal Berbagai Jenis Pepaya dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Berikut Ini!

Dapatkan buah-buahan segar secara lebih mudah diantaranya adalah lewat aplikasi dari TaniHub. Dimana TaniHub ini sendiri pada dasarnya adalah sebuah platform ecommerce berbasis aplikasi yang ada di Indonesia, fokusnya sendiri adalah untuk menjual produk-produk hasil pertanian lokal. Sekarang ini aplikasi dari TaniHub sudah bisa Anda download secara lebih mudah diantaranya adalah lewat Playstore dan juga Appstore.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
76 − 67 =