5 Manfaat Bawang Putih yang Bagus untuk Kesehatan

5 Manfaat Bawang Putih yang Bagus untuk Kesehatan

Salah satu bahan makanan yang tidak bisa terlepas dari pembuatan makanan adalah bawang putih. Ia termasuk kategori bumbu dapur yang wajib ada di rumah. Karena hampir semua jenis masakan menggunakannya sebagai bumbu dasar atau utama untuk meningkatkan cita rasa masakan jadi semakin nikmat. Di Indonesia sendiri nyatanya juga bukan hal yang sulit bagi Anda untuk menjumpai jenis bumbu dapur yang satu ini. Karena memang ia banyak dijual di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau. Selain nikmat ia juga banyak memberikan manfaat bagi kesehatan.

Pengertian Bawang Putih

Bawang putih memiliki nama ilmiah Allium sativum, termasuk dalam golongan tanaman yang berasal dari genus Allium dimana didalamnya juga terdapat jenis bawang yang lainnya. Tanaman yang satu ini dimanfaatkan bagian umbinya. Umumnya bawang putih sendiri memang agak berbeda dibandingkan dengan bawang bombay dan juga bawang merah yang nikmat langsung dikonsumsi dalam kondisi yang masih segar atau mentah, karena memang ia banyak mengandung sulfur termasuk diantaranya adalah zat kimia yang dikenal sebagai allicin membuat rasanya akan getir atau anggur ketika dimakan mentah. Sehingga ia harus diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Setidaknya bawang putih ini memiliki sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7000 tahun, terutama di kawasan Asia Tengah dan sudah lama dijadikan sebagai bahan makanan di kawasan Laut Tengah. Begitu juga dengan di kawasan Asia, Afrika dan juga Eropa bawang putih ini dikenal sebagai bumbu dapur utama. Sedangkan di dalam catatan Mesir kuno bawang putih ini digunakan juga sebagai campuran makanan maupun pengobatan.

Kandungan Gizi dalam Bawang Putih

5 Manfaat Bawang Putih yang Bagus untuk Kesehatan

Di dalam 100 gram bawang putih setidaknya terkandung banyak sekali senyawa di dalamnya, baik itu kalori maupun senyawa-senyawa bermanfaat lain, berikut ini di antaranya yang patut Anda ketahui, yaitu:

  • Energi, total energi yang terdapat di dalamnya adalah sekitar 112 kkal atau dalam persentase adalah sebesar 5,21 persen.
  • Lemak, hanya sejumlah kecil lemak yang ada di dalam bawang putih sehingga tidak perlu khawatir, yaitu sekitar 0,20 gram saja.
  • Karbohidrat, terdapat karbohidrat sebanyak 21,30 gram di dalam bawang putih.
  • Protein, protein yang ada dalam bawang putih adalah sebesar 4,50 gram.
  • Serat pangan, 0,60 gram serat pangan juga ada dalam bawang putih sebanyak 100 gram.
  • Air, air juga termasuk yang cukup mendominasi di dalam bahan makanan yang satu ini, yaitu sekitar 71 gram. Umumnya bawang putih yang sudah lama dapat dilihat dari jumlah air yang terdapat didalamnya, semakin berkurang hingga menjadi kering.
  • Vitamin, ada banyak jenis vitamin yang terdapat di dalam bumbu dapur dengan aroma yang khas ini, mulai diantaranya adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 hingga vitamin C.
  • Mineral lain, bawang putih nyatanya juga banyak mengandung mineral-mineral yang lain diantaranya adalah kalsium, fosfor, natrium, kalium, tembaga, beta karoten, zat besi, seng dan masih banyak lagi.
  • Senyawa lain, dalam kondisi yang masih mentah maka bumbu masak yang satu ini juga mengandung sulfur aktif seperti alliin, allyl propyl disulfide, diallyl disulfide dan juga diallyl trisulfide. Namun dalam proses pengolahan atau setelah dimasak matang maka senyawa sulfur ini akan menghilang.

Baca artikel lainnya: Manfaat Apel Malang dan Apel Manalagi!

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

5 Manfaat Bawang Putih yang Bagus untuk Kesehatan

Memang tak hanya dapat meningkatkan cita rasa dari masakan saja, melainkan dengan konsumsi bawang putih ini sendiri juga memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Tak heran jika seandainya ia kerap dijadikan sebagai campuran untuk bahan obat-obatan herbal. Berikut ini diantara beragam khasiatnya yang patut Anda ketahui, yaitu:

  1. Dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, tentunya tak asing lagi jika seandainya bawang putih ini mampu untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Bahkan ia sudah digunakan sejak lama sebagai obat herbal penurun kadar kolesterol jahat. Caranya adalah dengan mengonsumsi bawang putih dalam kondisi yang masih mentah yaitu cukup 1 hingga 2 siung kecil saja setiap harinya secara rutin. Manfaat yang satu ini juga sudah didukung oleh berbagai riset. Khasiat tersebut tak terlepas dari kandungan senyawa allicin yang ada dalam bawang putih yang masih mentah. Ia mampu untuk menghambat enzim yang berperan dalam pembentukan kolesterol.
  1. Mampu untuk kendalikan tekanan darah, manfaat yang lainnya ternyata bawang putih ini juga dapat mengendalikan tekanan darah. Bagus bagi orang yang memiliki potensi atau resiko terkena hipertensi. Efek penurunan tekanan darah ini akan didapatkan setelah konsumsi bawang putih mentah, efeknya memang sama seperti mengonsumsi obat atenolol. Manfaat ini memang hanya bisa didapatkan dengan mengunyah bawang putih mentah, akan berbeda ketika ia sudah dihaluskan dengan diulek atau di blender. Polisulfida yang terdapat dalam bawang putih ini juga bagus untuk membantu memperlebar pembuluh darah jadi tekanan darah akan berangsur turun.
  1. Menyehatkan jantung, bumbu dapur yang satu ini juga memiliki potensi untuk cegah penyakit jantung. Karena ia dapat menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam darah sehingga efeknya bagus untuk jaga kesehatan pembuluh darah. Cegah terjadinya penumpukan plak dalam sistem kardiovaskular sehingga nantinya jantung akan bisa bekerja secara normal dalam memompa darah. Cegah terjadinya penyakit semacam serangan jantung bahkan juga penyakit stroke.
  1. Dapat menurunkan resiko terkena kanker, semua jenis atau anggota tumbuhan Allium ini memang memiliki sifat antikanker. Hal ini dikarenakan kandungan bermanfaat yang ada didalamnya, khususnya adalah bawang putih yang masih dalam kondisi mentah ia kaya akan sulfur aktif yang dapat menekan pertumbuhan sel kanker. Khususnya adalah kanker usus besar, kanker lambung, kanker kerongkongan sampai dengan kanker payudara, prostat hingga pankreas.
  1. Dapat menjaga kesehatan otak, makan bawang putih tak hanya bagus untuk kesehatan organ kardiovaskuler saja, melainkan juga untuk kesehatan otak. Hal ini dikarenakan turunan karbohidrat yang ada di dalam bumbu dapur ini dapat bekerja untuk melindungi sel-sel otak dari resiko penyakit. Senyawa tersebut adalah FruArg yang dapat mengurangi kadar oksida nitrat yang diproduksi oleh sel mikroglia dalam melawan peradangan maupun stress oksidatif. Sehingga bagus untuk jasa kesehatan otak termasuk diantaranya dari resiko penyakit seperti demensia dan Alzheimer.

Anda bisa membuktikan sendiri manfaatnya dengan konsumsi secara rutin dalam kondisi mentah maupun diolah dalam bentuk masakan. Dapatkan bawang putih segar dan berkualitas hanya dari TaniHub. Patut untuk diketahui bahwa memang platform e-commerce TaniHub yang satu ini secara khusus menyalurkan produk hasil pertanian langsung kepada konsumen yang ada di Indonesia. Produknya selalu dalam kondisi yang fresh dan kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Sudah bisa menjangkau berbagai kota besar yang ada di Indonesia. Sekarang pesan maka besok bahan makanan tersebut akan langsung dikirim sampai depan rumah Anda. Sangat cocok tentunya belanja online di saat kondisi pandemi seperti sekarang ini, karena lebih aman. Dapatkan bawang putihnya di aplikasi TaniHub atau tanihub.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
53 + = 56