5 Manfaat Popcorn untuk Kesehatan

5 Manfaat Popcorn untuk Kesehatan

5 Manfaat Popcorn untuk Kesehatan

Popcorn mungkin tampak seperti makanan lezat untuk film dan malam yang nyaman di rumah, tetapi ada banyak manfaat kesehatan yang terkait dengan makanan segar yang belum pernah didengar orang-orang ini. Manfaat kesehatan dari popcorn termasuk kemampuannya untuk mengatur gula darah, menurunkan kadar kolesterol, memperbaiki pencernaan, melindungi dari osteoporosis, mencegah kanker, menghambat penurunan kognitif, mencegah penuaan dini, dan membantu penurunan berat badan.

Apa Itu Popcorn?

5 Manfaat Popcorn untuk Kesehatan

Ada sejumlah varietas popcorn, termasuk jenis yang dimaksudkan untuk microwave, serta kernel lain yang tidak diubah yang dapat dibuat dalam peralatan kecil yang khusus dibuat untuk memproduksi jagung.

Secara historis, ada bukti bahwa popcorn telah dinikmati oleh budaya selama lebih dari 6.000 tahun sejak jagung (jagung) adalah bagian penting dari banyak makanan budaya di zaman kuno. Popcorn dinikmati di seluruh dunia, hampir di setiap tempat di mana jagung biasa dikonsumsi. Namun, batas makan sehat berakhir ketika Anda mulai menuangkan garam, mentega, atau bumbu atau topping lain ke popcorn, dan kemudian beralih ke ranah junk food yang tidak sehat. 

Namun, jika jagung tampak biasa dimakan, itu adalah camilan lezat dan bermanfaat bagi banyak orang. Panas saja sudah cukup untuk membuat popcorn, jadi hindari memasak dengan minyak zaitun atau minyak nabati lainnya, karena dapat mempengaruhi kandungan polifenol perut setelah “meleleh”, menghilangkan banyak manfaat kesehatan.

Fakta Nutrisi Popcorn

5 Manfaat Popcorn untuk Kesehatan

Manfaat kesehatan dari popcorn terutama berasal dari kandungan seratnya yang mengesankan, senyawa polifenol, antioksidan, vitamin B kompleks, mangan, dan magnesium. 

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Jagung Rebus untuk Kesehatan, Jadi Menu Diet yang Tepat

Manfaat Kesehatan Popcorn

Makan popcorn memberikan energi bersama dengan banyak manfaat yang meliputi:

Meningkatkan Pencernaan

5 Manfaat Popcorn untuk Kesehatan

Penting untuk disadari bahwa popcorn adalah biji-bijian utuh, yang merupakan nama untuk biji-bijian yang mengandung endosperma, kuman, dan dedak. Hal ini mirip dengan biji-bijian sereal, nasi, dan roti yang juga mengandung tiga bagian penting ini. Karena popcorn adalah gandum utuh alami, ia mengandung semua serat dari dedak, belum lagi mineral, vitamin B kompleks, dan vitamin E yang tersimpan di sana.

Dalam hal pencernaan, kandungan serat yang tinggi membuat tubuh Anda “teratur”, artinya buang air besar Anda bergerak dengan lancar dan cepat melalui saluran pencernaan dan kondisi seperti sembelit dapat dihindari. Serat merangsang peristaltik otot usus halus dan menginduksi sekresi cairan pencernaan, yang keduanya membantu menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat.

Menurunkan Tingkat Kolesterol

5 Manfaat Popcorn untuk Kesehatan

Serat berfungsi dengan cara lain yang bermanfaat dalam tubuh, dan biji-bijian mengandung jenis serat yang dapat menghilangkan kelebihan kolesterol dari dinding pembuluh darah dan arteri.  Ini juga mengurangi ketegangan pada sistem jantung, karena jantung tidak harus bekerja keras untuk memindahkan darah melalui pembuluh dan arteri yang tersumbat.

Kontrol Gula Darah

5 Manfaat Popcorn untuk Kesehatan

Peran penting ketiga serat adalah dampaknya terhadap gula darah dalam tubuh. Ketika tubuh memiliki jumlah serat yang cukup, ia mengatur pelepasan dan pengelolaan kadar gula darah dan insulin lebih baik daripada orang dengan kadar serat rendah. 

Mencegah kanker

5 Manfaat Popcorn untuk Kesehatan

Dulu dianggap sebagai makanan cepat saji yang relatif tidak sehat, tetapi sekarang tampaknya kulit popcorn mengandung sejumlah besar senyawa polifenol, salah satu jenis antioksidan yang lebih kuat yang dapat Anda masukkan ke dalam tubuh Anda. 

Antioksidan adalah zat pertahanan kuat yang mengais dan menghilangkan radikal bebas, produk sampingan dari metabolisme sel yang terkait dengan berbagai penyakit dalam tubuh, terutama kanker. Radikal bebas terkenal karena mengubah DNA sel sehat menjadi sel kanker, yang merupakan masalah besar. Popcorn dapat membantu mengurangi risiko ini.

Mencegah Penuaan

5 Manfaat Popcorn untuk Kesehatan

Radikal bebas melakukan lebih banyak kerusakan daripada kanker; Mereka terkait erat dengan gejala yang berkaitan dengan usia seperti keriput, bintik-bintik penuaan, degenerasi makula dan kebutaan, kelemahan otot, penurunan kognitif, osteoporosis, penyakit Alzheimer, dementia, rambut rontok, dan segala macam hal lain yang biasanya tidak kita lihat. ke depan seiring bertambahnya usia.

Baca Artikel Lainnya: Mengenal 6 Jenis Jagung di Indonesia & Manfaatnya Bagi Kesehatan

Nah, diatas tersebut adalah lima manfaat popcorn untuk kesehatan. Bagi kamu yang ingin membeli popcorn bisa beli di TaniHub. Tanihub adalah sebuah e-commerce dan aplikasi yang menjual kebutuhan makanan untuk usaha dan rumah tangga. Banyak promo disetiap minggunya dan jenis metode pembayaran. Hadir di Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Jogja, Solo, Semarang, hingga Bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
+ 73 = 77