5 Resep Durian Terbaru yang Menggugah Selera

5 Resep Durian Terbaru yang Menggugah Selera

5 Resep Durian Terbaru yang Menggugah Selera

Durian menjadi salah satu makanan yang populer dan terkenal di Indonesia. Rasanya yang manis juga membuat buah ini sering disebut sebagai raja buah. Makanan ini tidak boleh dibawa dalam hotel dan transportasi umum. Namun, buah ini mempunyai banyak nutrisi seperti kalium, serat, zat besi, vitamin C dan vitamin B. Manfaat makan durian bisa meningkatkan kekuatan otot, memperbaiki suasana hati, meningkatkan kesehatan kulit, mendukung kesehatan kulit, mencegah nyeri sendi dan menunjang kehamilan yang sehat. Selain dapat dimakan secara langsung, durian juga bisa diolah menjadi berberapa bahan olahan yang lezat.

Resep Olahan Berbahan Durian

1.Puff Durian

5 Resep Durian Terbaru yang Menggugah Selera

Siapa yang sering makan puff durian? Durian mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh kamu dari bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan kanker. Nah, yuk kita kreasikan durian menjadi olahan yang lezat seperti puff durian. Tidak hanya lezat, kamu juga bisa mendapatkan berberapa gizi seimbang dari durian yang bisa kamu konsumsi.

Memperlukan bahan seperti 200 ml air, 100 gram tepung terigu, 100 gram mentega magarin, 3 butir telur, 2 sendok gula pasir. Untuk bahan yang dibutuhkan dalamnya adalah 300 ml susu cair, 80 gram gula pasir, 20 gram tepung meizena, 4 mata durian dan setengah sendok teh vanili bubuk. Taburanya memakai bahan gula bubuk. Cara membuatnya adalah:

  • Sediakan loyang dan bahan- bahan puff durian
  • Masukkan gula pasir, air, magarine lalu masak sampai mendidih
  • Tambah tepung terigu lalu aduk sebagai rata. Masak hingga tidak lengket di panci
  • Lalu tunggu agak dikit, masukkan telur sambil aduk rata sampai adonan kental.
  • Masukkan adonan ke dalam kantong segitiga yang telah diberi bentuk bintang kemudian semprotkan adonan di atas loyang sampai adonan habis
  • Masukkan loyang ke dalam oven kemudian panggang dengan suhu 180°C selama 20 menit hingga matang, angkat dan dinginkan.
  • Ambil satu buah adonan, potong ditengahnya dan isikan cream durian
  • Taburi atasnya dengan gula bubuk hingga rata
  • Selesai dan sajikan durian cream puff yang enak dan lezat.

2. Es Krim Durian

5 Resep Durian Terbaru yang Menggugah Selera

Dalam membuat es durian, harus memakai bahan-bahan untuk membuat es durian seperti 500 ml santan, 120 gram gula pasir, 2 sendok tepung meizena, larutkan dengan 3 sdm air, 300 gram daging buah durian, garam secukupnya, 150 gram kelapa muda, serut, 2 ikat daun pandan dan susu kental manis secukupnya. Langkahnya dalam membuat es durian adalah pertama masak santan dengan gula pasir hingga gula larut. Lalu masak santan dengan gula pasir hingga gula larut. Tambahkan daun pandan dan daging durian. Masak hingga mendidih.

Setelah mendidih, masukkan larutan tepung meizena dan aduk rata sampai matang dan mengental. Sisihkan dan dinginkan. Simpan adonan es krim durian ke dalam kulkas selama 3-6 jam hingga membeku. Adonan beku, ambil dan kocok dengan mixer sampai lembut. Masukkan kembali ke dalam freezer dan tunggu sampai beku kembali lalu aduk kembali. Lakukan hal tersebut selama 3-4 kali agar hasilnya lebih lembut dan enak. Selesai dan sajikan es durian.

3. Pancake Durian

5 Resep Durian Terbaru yang Menggugah Selera

Sajian pancake ini sangatlah enak. Isian pancake durian memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Ditambah kulitnya yang tipis empuk dan sedikit kenyal. Untuk membuat pancake durian, memakai bahan tepung terigu, santan kental, krim kental, telur, daging buah durian, pasta pandan, garam dan mentega secukupnya. Langkah untuk membuat pancake durian adalah pertama campurkan tepung terigu dan garam dalam satu wadah dan aduk sampai semuanya rata. Lalu masukkan telur ayam satu per satu sambil terus diaduk sampai rata.

Tuang santan perlahan-lahan, sambil diaduk sampai adonan tidak menggompal. Masukkan pasta pandan. Aduk sampai rata. Selanjutnya panaskan wajan anti lengket untuk memasak adonan. Kira-kira diameter wajan datar anti lengket seperti 24 cm. Panasi diatas dengan api yang kecil. Lalu olesi sedikit mentega di seluruh permukaan. Tuang 50 ml adonan dan tuang ke atas wajan yang sudah panas. Ratakan sampai adonan menjadi tipis. Masak selama dua menit dan sampai adonan habis. Setelah itu, ambil satu lembar, masukin krim, ratakan, tambahkan lagi daging buah durian. Terakhir, lipat seperti amplop. Lalu rapatkan. Simpan di lemari es sampai pancake agak padat.

4. Nastar Durian

5 Resep Durian Terbaru yang Menggugah Selera

Kue nastar mempunyai tekstur yang lembut dan rasa yang enak. Kue ini biasanya disajikan atau identik dengan hari raya idul fitri. Biasa diisi dengan selai nanas. Namun, memakai buah durian juga bisa kamu coba loh untuk camilan kamu dirumah. Kamu hanya mempersiapkan bahan mentega, gula halus, tepung terigu, meizena, susu bubuk. Olesanya memakai kuning telur, minyak dan SKM. Bahan selai duriannya adalah daging durian tanpa biji, gula pasir dan SKM. Langkah cara buat nastar durian:

  • Campurkan selai durian dengan mencampurkan daging durian, gula dan skm dengan dipanaskan menggunakan api kecil. Lalu sisihkan.
  • Kocok mentega dan gula hingga tercampur rata
  • Masukkan bertahap susu bubuk, meizena dan tepung terigu
  • Setelah tercampur rata uleni hingga bisa dibentuk
  • Bentuk nastar dan isi selai dengan durian.
  • Panaskan oven panggang dan masukan nastar dengan isi durian. Lalu, keluarkan biarkan agar dingin.
  • Campur semua bahan olesan dan oleskan di atas nastar
  • Panggang kembali sebentar hingga matang
  • Biarkan dingin, nastar durian lumer siap dinikmati.

5. Pudding Durian

5 Resep Durian Terbaru yang Menggugah Selera

Puding durian bisa menjadi hidangan penutup yang biasanya dibuat dari bahan-bahan yang direbus atau dikukus. Pada umumnya, mempunyai bahan daging durian, susu cair, gula pasir, bungkus agar-agar, pewarna makanan, kuning telur, garam dan vanili bubuk. Cara membuatnya pun cepat yaitu pertama blender durian hingga halus dengan sedikit air. Lalu saring untuk menghilangkan serat. Hangkatkan susu cair, masukkan garam, gula dan agar-agar bubuk. Aduk-aduk terus hingga panas.

Masukkan kuning telur sambil diaduk dengan rata. Lalu taruhkan pewarna kuning dan masukkan vanili bubuk. Aduk-aduk rata terus sampai mendidih. Matikan api, masukkan durian ke dalama adonan yang masih panas. Angkat dan tuang ke cetakan. Lalu biarkan hingga dingin dan padat. Selesai dan sajikan untuk hidangan keluarga atau sahabatmu!

Baca Artikel Lainnya: 6 Jenis Durian Enak Dan Paling Populer

Nah, itulah lima resep durian terbaru yang menggungah selera. Kamu bisa membeli bahan durian berkualitas dan segar bisa di TaniHub. TaniHub adalah sebuah platform e-commerce yang berbasis aplikasi dan website. Mempunyai promo disetiap minggunya dan gratis ongkir ke kota-kota besar di Indonesia mulai dari Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Jogja, Solo, Semarang hingga Bali. Keuntungan lainnya juga adalah memiliki layanan yang cepat dan banyak metode pembayaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
3 + 1 =