5 Tips Memilih Cemilan Sehat Untuk Program Diet Anda

Tak bisa dipungkiri jika seandainya nyemil termasuk bagian terpenting dalam hidup seseorang yang memang digunakan untuk mengganjal lapar sambil menunggu waktu makan. Namun juga tak dapat dipungkiri jika seandainya beberapa orang menganggapnya sebagai sebuah kebiasaan, sehingga terkadang tak sadar dengan nyemil justru membuat beat badan mereka meningkat atau semakin gemuk. Itulah mengapa penting sekali memperhatikan jenis cemilan yang dimakan. Karena memang tak jarang diantaranya termasuk dalam kategori cemilan sehat.

Apa Itu Cemilan Sehat?

5 Tips Memilih Cemilan Sehat Untuk Program Diet Anda

Pada dasarnya cemilan sendiri adalah makanan dalam porsi kecil yang dimakan diantara dua waktu makan. Fungsinya sendiri memang digunakan sebagai pengganjal perut. Sedangkan cemilan sehat tentunya adalah makanan pengganjal yang kaya akan kandungan nutrisi, tak sekedar kalori saja sehingga nantinya tidak menyebabkan resiko obesitas atau peningkatan berat badan secara berlebih. Karena memang kebanyakan cemilan memang kerap membuat gemuk layaknya es krim, aneka gorengan, keripik dan sejenisnya.

Baca Artikel Lainnya: Inilah Daftar Sayuran yang Bagus untuk Kesuburan

Tips Memilih Cemilan Sehat

5 Tips Memilih Cemilan Sehat Untuk Program Diet Anda

Ada banyak sekali jenis cemilan yang nyatanya dijual di pasaran, namun memang tidak semuanya masuk dalam kategori cemilan sehat, berikut ini diantaranya tips dalam memilih cemilan sehat tersebut, yaitu:

  1. Pilihlah biji-bijian, jenis cemilan seperti gandum utuh mampu untuk memberikan energi lebih bagi tubuh Anda. Anda dapat memilih tortilla maupun gandum utuh yang nantinya akan membuat Anda merasakan kenyang meskipun mungkin tidak makan dalam porsi yang besar.
  2. Pilih yang kaya akan serat, cemilan yang kaya akan serat juga memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga nantinya Anda tidak mudah lapar. Ditambah lagi serat ini juga bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan.
  3. Kacang dan biji-bijian sumber protein, Anda juga bisa memilih untuk ngemil kacang maupun biji-bijian, jenis yang satu ini akan menjadi sumber protein sehat yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh Anda. Anda bisa memilih almond, kenari maupun kacang mede.
  4. Salad, salad buah maupun salad sayur agaknya juga bisa Anda jadikan sebagai cemilan juga, kaya akan vitamin, mineral sampai dengan serat, sehingga manfaatnya tak sekedar mengenyangkan melainkan juga bagus untuk kesehatan kulit.
  5. Hindari cemilan yang terlalu tinggi kandungan garam maupun gulanya, karena kedua jenis bahan tersebut kurang begitu baik untuk kesehatan.

Jenis-Jenis Cemilan yang Harus Anda Hindari

5 Tips Memilih Cemilan Sehat Untuk Program Diet Anda

Berikut ini diantaranya ada beberapa jenis cemilan yang harus Anda hindari jika ingin menjalankan program diet sehat, yaitu:

  1. Gorengan, ingat bahwa gorengan ini bukan termasuk cemilan, melainkan termasuk dalam jenis makanan berat. Ia mengandung banyak lemak yang tidak sehat.
  2. Keripik, aneka keripik yang dijual di pasaran, khususnya adalah yang dijual dalam kemasan banyak bahan tambahnya, mulai diantaranya adalah pengawet, pemanis dan sebagainya, kandungan kalori yang ada didalamnya cukup tinggi, tanpa sadar jumlah yang Anda konsumsi tersebut sudah mengandung kalori yang besar.
  3. Susu dan olahannya, selanjutnya adalah susu dan olahannya seperti keju, es krim, krim dan sejenisnya dimana memang kandungan kalori serta lemak yang ada didalamnya cukup tinggi, kurang bagus untuk kesehatan.
  4. Kerupuk, kerupuk ini sebenarnya punya kandungan kalori yang cukup tinggi, ditambah lagi jika seandainya kerupuk tersebut digoreng dengan minyak. Secara otomatis kalorinya juga lebih tinggi.

Itulah diantaranya beberapa jenis cemilan yang harus dihindari untuk program diet Anda, sebaiknya sekarang ini mulailah untuk beralih pada jenis cemilan yang sehat. Manfaatnya tak hanya untuk menurunkan berat badan, melainkan juga dapat menghindari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan, seperti diantaranya adalah kanker, jantung, diabetes melitus dan sebagainya. 

Sekarang ini untuk berbelanja berbagai macam kebutuhan atau bahan pangan sehari-hari Anda dapat dilakukan secara lebih mudah online, yaitu lewat TaniHub. TaniHub ini sendiri adalah sebuah platform ecommerce berbasis aplikasi yang secara khusus menjual produk hasil pertanian yang ada di Indonesia. Produk-produk yang dijual di TaniHub ini sendiri juga ada banyak sekitar 900 jenis dari berbagai kategori. TaniHub ini sendiri bisa Anda download aplikasinya lewat Play store maupun juga Appstore, segera download dan gunakan sekarang juga.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
− 1 = 2