5 Tips Mengolah Daging Sapi Agar Cepat Empuk

Di Indonesia, daging sapi menjadi salah satu jenis daging yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Tetapi karena mahal harganya, biasanya daging sapi tidak menjadi jenis konsumsi daging harian. Namun untuk hari-hari tertentu seperti pada hari raya kurban, hampir semua orang menikmati daging yang satu ini. Di Indonesia, daging sapi biasanya diolah menjadi berbagai jenis masakan, seperti rendang, sate, dendeng, sup, tongseng, steak, dan masih banyak lagi. 

Pengertian Sapi 

5 Tips Mengolah Daging Sapi Agar Cepat Empuk

Sapi merupakan salah satu jenis daging yang digunakan sebagai bahan makanan untuk berbagai olahan lezat. Daging sapi memiliki ciri-ciri, yaitu berwarna merah, berbau khas, memiliki tekstur yang kenyal dan padat, memiliki serat daging yang halus dan sedikit berlemak, serta memiliki lemak berwarna kuning. Di Indonesia, daging sapi sangat terkenal untuk pembuatan rendang. 

Baca Artikel Lainnya: 9 Tips Mengolah Daging Sapi dengan Benar Agar Empuk

Kandungan Nutrisi Pada Daging Sapi 

5 Tips Mengolah Daging Sapi Agar Cepat Empuk

Daging sapi memiliki banyak sekali kandungan nutrisi di dalamnya, seperti kalori, lemak, lemak jenuh, lemak trans, protein, kalsium, zat besi, vitamin D, Vitamin B6, vitamin B12, magnesium, kalium, mangan, fosfor, selenium, dan seng. 

Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Daging Sapi 

5 Tips Mengolah Daging Sapi Agar Cepat Empuk

Dengan kandungan nutrisi di dalamnya, tidak heran jika daging sapi sangat disarankan untuk dikonsumsi. Namun dengan catatan dikonsumsi dalam batas wajar atau tidak berlebihan. Ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan ketika mengonsumsi daging sapi, yaitu:

  • Membantu meningkatkan massa otot.
  • Mencegah dari anemia.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Sebagai asupan mineral yang diperlukan oleh tubuh.
  • Sebagai sumber vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Tips Memasak Daging Sapi Agar Mudah Empuk 

5 Tips Mengolah Daging Sapi Agar Cepat Empuk

Bagi yang sudah pernah memasak daging sapi, pasti sudah tahu bagaimana karakteristik daging yang satu ini. Dimana tidak mudah matang dalam sekejap seperti daging ayam dan lainnya. Bahkan bisa dikatakan untuk memasak daging sapi perlu banyak kesabaran karena tidak mudah empuk atau lunak. Tapi jangan bersedih terlebih dahulu, karena sebenarnya ada cara khusus yang bisa dilakukan agar daging sapi yang diolah menjadi empuk dan juicy, yaitu:

1.Potong daging berlawanan dengan arah seratnya.

Cara ini cukup efektif membuat daging menjadi bertekstur lebih empuk.

2.Sebelum dimasak, pukul-pukul daging sapi menggunakan alat pemukul daging.

Anda bisa memukul daging sapi yang akan dimasak menggunakan alat pemukul daging. Tepatnya pada kedua daging, depan belakang. Dan dengan cara ini, tekstur daging menjadi lebih empuk saat diolah.

3.Gunakan bantuan panci presto agar menghemat waktu dan hasil daging lebih empuk.

Untuk menghasilkan olahan daging sapi yang empuk tanpa memakan waktu yang lama, menggunakan panci presto bisa menjadi alternatif selanjutnya. Anda tidak perlu lagi melakukan banyak cara karena cukup mengandalkan panci presto saja. 

4.Rendam daging sapi dalam teh agar saat dimasak lebih mudah empuk.

Cara lainnya lagi yang busa Anda coba adalah dengan memanfaatkan air teh. Pastikan Anda menggunakan teh hitam pekat, karena hasilnya akan jauh lebih efekif untuk mengempukkan daging sapi. 

5.Bungkus daging sapi menggunakan daun pepaya selama kurang lebih 30 menit.

Cara ini terbilang menjadi salah satu yang paling banyak dilakukan karena terbukti sangat efektif untuk membuat daging lebih empuk. Pertama-tama Anda bisa siapkan daun pepaya yang akan digunakan, kemudian remas-remas sedikit hingga keluar getahnya. Jika sudah, Anda bisa bungkus daging sapi dengan daun pepaya yang sudah diremas tadi. Diamkan selama beberapa waktu, baru kemudian lepas bungkusannya dan daging sapi siap untuk direbus atau dimasak. 

Baca Artikel Lainnya: Menu Olahan Makanan Pada Daging Sapi

Daging sapi memang memiliki citarasa yang lezat saat diolah menjadi berbagai macam masakan. Namun terkadang karena proses memasaknya yang lebih lama, sebagian orang cukup malas untuk memasaknya. Tetapi setelah mengetahui berbagai tips khusus di atas, maka tentunya sudah tidak perlu khawatir lagi karena tidak sulit untuk memasak daging sapi dengan hasil yang empuk. Nah, untuk kebutuhan olahan daging sapi, sebaiknya gunakan yang kualitas dagingnya masih segar dan bagus. Hal ini selain dengan tujuan agar olahan masakannya lebih nikmat, juga menghindarkan dari resiko penyakit akibat daging yang sudah buruk kualitasnya. Untuk kebutuhan daging segar berkualitas, TaniHub bisa menjadi tempat belanja online yang tepat dan mudah. Anda bisa mendapatkan pengalaman belanja yang menyenangkan dengan banyak promo menarik, layanan memuaskan, dll. 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
4 + 1 =