6 Fakta Menarik Tentang Buah Matoa

Buah merupakan salah satu asupan penting untuk tubuh manusia setiap harinya. Dengan buah, tubuh bisa memiliki asupan kandungan gizi vitamin C, vitamin A, serat, kalium dan folat. Tentunya kamu bisa mengonsumsi banyak buah sesuai kesukaanmu. Bagi kamu yang menyukai buah matoa, apakah mengetahui kalau ternyata buah matoa adalah salah satu buah yang berasal dari wilayah papua? Manfaatnya bisa mencegah infeksi, meredah stress dan lain-lain? Berikut ini ada berberapa delapan fakta menarik tentang buah matoa:

1.Buah matoa mempunyai tinggi rata-rata 18 meter

6 Fakta Menarik Tentang Buah Matoa

Tanaman khas papua ini mempunyai pohon besar dengan tinggi rata-rata sebesar 18 meter dengan diameter rata-rata maksimum 100 cm. Buah matoa ini umumnya berbuah sekali dalam setahun dan berbunga pada bulan juli sampai oktober. Tanaman buah matoa ini sangat tahan terhadap pada binatang seperti serangga. Iklim yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yang baik adalah curah hujan dan keadaan kering.

2. Buah matoa berasal dari papua

Buah matoa ini merupakan berasal dari papua. Berbentuk bulat seperti kelengkeng namun ukurannya lebih besar. Warnanya sangat bermacam mulai dari coklat, hijau muda dan merah marun. Namun selain papua, buah matoa ini juga bisa ditemukan diwiliyah berberapa Indonesia Timur seperti di Maluku dan Sulawesi.

3. Ada dua jenis Matoa

Buah yang mempunyai famili  Sapindaceae ini terdiri dari dua jenis yaitu Matoa Papeda dan Matoa Kelapa. Perbedaan diantara kedua jenis tersebut adalah melalui tekstur dan ukuran buahnya. Buah Matoa Papeda ini mempunyai diameter buah sekitar 1,4-2cm. Sedangkan buah matoa kelapa memiliki ukuran diameter mempunyai 2,2-2,9 cm dengan tekstur daging buah kenyal menyurapai tekstur daging rambutan.

6 Fakta Menarik Tentang Buah Matoa

Baca Artikel Lainnya: 6 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan

4. Banyak Manfaat dari Buah Matoa

Banyak manfaat yang bisa diperoleh oleh buah matoa mulai dari meredahkan stress, meningkatkan kesuburan, menambah stamina dan imun tubuh, mencegah gangguan mental, mencegah kanker, menjaga kesehatan pencernaan, memelihara jantung, menurunkan kadar gula darah, mencegah infeksi, menurunkan demam, meringankan sakit kepala, meringankan gejela flu, mengatasi diare dan bisa membantu mencakupi kebutuhan vitamin

5. Cara Mengolah Buah Matoa

Dengan rasa buahnya yang enak, buah matoa ini bisa secara langsung setelah dikupas atau dijuskan atau bisa dibuat menjadi berberapa hidangan seperti es buah matoa, asinan buah matoa, pudding buah matoa, salad buah, sirup matoa dan ice cream buah matoa. Rutin mengonsumsi buah matoa ini bisa meningkatkan imun atau mendapatkan kandungan nutrisi dari buah matoa.

6. Proses Panen Buah Matoa

Dalam proses panen buah matoa ini, pada usia empay tahun sesuai dengan hasil cangkokan, tetapa butuh enam tahun untuk menumbuhkan buah matoa dari biji untuk menghasilkan buah. Buah matoa juga ini bisa dapat dipanen setelah dua bulan dari awal pembungaa tanam buah matoa. Pemanenan dapat dilakukan dengan gunting buah atau pisau tajam.

Itu tadi beberapa informasi mengenai fakta buah matoa. Untuk kebutuhan konsumsi buah matoa maupun buah-buah lainnya, tentu sebaiknya cari yang kondisinya masih segar dan berkualitas baik. Jika Anda cukup susah untuk mendapatkan buah-buahan segar, coba untuk berbelanja di TaniHub. Bagi yang belum tahu, TaniHub merupakan platform ecommerce berbasis aplikasi dan website yang menyediakan berbagai produk hasil pertanian dan berbagai kebutuhan memasak untuk rumah tangga maupun usaha. Selain menyediakan kebutuhan seperti buah-buahan, TaniHub juga menyediakan produk-produk, seperti sayur-sayuran, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan memasak, dan sembako. Gratis ongkir di berbagai kota-kota besar di Indonesia.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
8 + 2 =