6 Jenis Durian Enak Dan Paling Populer

Banyak orang mengenal bahwa buah durian ini mempunyai rasa dan bau yang sangat khas. Ada yang menyukainya, tapi ada pula yang begitu membencinya. Salah satu buah yang berwarna hijau ini sangat banyak tumbuh di sekitaran wilayah Asia Tenggara terutama di negara Indonesia. Keunikan dalam durian ini mempunyai berberapa fakta yang menarik yaitu bau khasnya mempunyai 44 senyawa dan biji durian itu bisa dimakan. Buah yang bernama ilmiah Durio Zibethinus ini juga punya berberapa jenis yang mungkin belum ketahui:

1.Durian Montong

6 Jenis Durian Enak Dan Paling Populer

Jenis durian yang terkenal ini memiliki rasa manis legit dan mempunyai aroma harum yang khas. Durian montong ini mempunyai banyak duri yang besar, buahnya terlihat menonjol, bentuk buahnya bervariasi, siap petik bobotnya bisa mencapai 13 kg dan yang terakhir adalah banyak disukai oleh petanian karena mampu berproduksi pada usia 4-5 tahun sejak di tanam. Keistimewaan dalam buah ini juga memiliki tekstur buah yang lembut, memiliki rasa yang manis dan tidak terlalu berlemak.

2. Durian Bokor

6 Jenis Durian Enak Dan Paling Populer

Jenis durian yang kedua ini adalah durian bokor. Durian ini mempunyai jenis buah yang besar, berwarna hijau sedikut kekuning-kuningan dengan berat mencapai 3-4 kg. Buah yang berasal dari Jawa Barat ini mempunyai produktivitas yang baik dengan menghasilkan 150-200 buah per pohon. Khasiat dalam durian bokor ini sangat banyak. Mulai dari mengobati sembelit, mencegah anemia, membantu pertumbuhan gigi, menghilangi stress dan bisa menjadi obat mabuk perjalanan. Buah yang dikenal sebagai durian aden ini juga memiliki daging buah yang sangat tebal, lembut, kering dan berwarna kuning terang.

3. Durian Matahari

6 Jenis Durian Enak Dan Paling Populer

Durian matahari ini memiliki bentuk bulat panjang berwarna hijau kecoklatan, durinya besar- besar, jarang dan runcing. Mempunyai manfaat bisa mengatasi sembelit, mengurangi gangguan pencernaan, mengatur kestabilan darah dalam tubuh, menjaga kesehatan tiroid dan mencegah migrain karena durian matahari mempunyai kandungan senyawa iboflavin dan vitamin B2. Selain itu, juga mempunyai daging buahnya tebal, aromanya tidak terlalu tajam, dan biji buahnya kecil sehingga bisa memuaskan para pecinta durian ketika menyantapnya.

Baca Artikel Lainnya: Tips Belanja Online Buah dan Sayur-Sayuran Agar Mendapatkan yang Bagus

4. Durian Petruk

6 Jenis Durian Enak Dan Paling Populer

Jenis durian yang keempat ini adalah durian petruk. Buah ini berasal dari Jawa Tengah, tepatnya kota Jepara. Mempunyai warna kulit hijau kekuningan, rasa manis namun agak pahit di akhir. Biasanya satu buah durian petruk ini memiliki berat berkisar 1-2 kilogram saja. Manfaat dalam buah durian petruk bisa dipercaya mampu membantu untuk memperlancar dan melindungi kesehatan pencernaan, vitamin C, memelihara kesehatan kulit dan mampu mengurangi stress.

Ada juga keunggulan utama dari durian petruk ini juga adalah mempunyai citra rasa yang khas dan unik. Buah petruk ini mempunyai rasa setengah manis dan setengah pahit. Selain itu, buah ini memiliki ketahananya yang kuat terhadap hama dan penyakit tanaman dan bisa menjadi obat pengusir.

5. Durian Bentina

6 Jenis Durian Enak Dan Paling Populer

Durian kelima adalah bintana. Jenis durian unggul asal Medan, Sumatera Utara ini mempunyai rasa manis dengan sedikit pahit dan legit sehingga cocok untuk orang yang tidak menyukai durian terlalu manis. Ukuran untuk buah ini adalah mencapai 6 kg. Warna buahnya pun warna oranye dengan masa produktif 3-4 tahun sejak penanaman. Kandungan nutrisi dalam jenis durian bintana adalah mempunyai kandungan air 65 gram, energi sebesar 134 kalori dan fosfor 44 mg.

6. Durian Bawor

6 Jenis Durian Enak Dan Paling Populer

Jenis durian selanjutnya adalah durian Bawor. Durian tersebut berasal dari daerah Banyumas. Buah ini sering disebut sebagai “King of Fruit”. Ciri – ciri dalam buah ini memiliki daging buah tebal dan berwarna orange, rasa yang manis serta bijinya kecil. Durian bawor tersebut mempunyai berat sebesar 3 kg. Terkenal dengan rasanya istimewa jika dibandingkan dengan durian lain. Buah ini mempunyai rasa manis dan sedikit pahit karena ada kandungan alkohol pada buah. Rasa pahit pada buah ini sering dicari oleh para penikmat durian.

Nah, buah diatas merupakan enam jenis durian enak dan paling populer. Kamu bisa menemukan buah durian yang lezat bisa didapatkan secara online yaitu di TaniHub. Tempat ini juga menyediakan beragam buah dan sayur yang bisa dibeli dengan mudah dan mempunyai harga terjangkau. Gratis ongkir ke Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Jogja, Solo, Semarang, hingga Bali. Yuk, belanja sekarang juga!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
35 − 30 =