6 Makanan Khas Imlek yang Perlu Kamu Tahu

Imlek sebentar lagi tiba! Setiap tahun, tahun baru China atau disebut Imlek dirayakan oleh masyarakat keturunan tionghoa di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bagi kamu yang merayakan tahun baru ini, pasti sangat identik dengan ucapan gong xi fa cai dan juga angpao bagi masyarakat tionghoa. Namun selain itu, ada satu lagi yang tidak bisa dilupakan dari imlek yaitu makanan khas imlek. Makanan imlek tersebut mempunyai makna dan simbol harapan tersendiri. Lalu apa saja 6 makanan khas imlek yang perlu kamu tahu? Simak dibawah ini.

1.Bebek

6 Makanan Khas Imlek yang Perlu Kamu Tahu

Dalam menyambut tahun baru China, banyak keluarga berkumpul dan makan bebek. Makanan bebek ini tersaji secara utuh dan mempunyai makna harapan setiap anggota keluarga bersama, tetap utuh dan bahagia. Kamu bisa mengolah bebek bisa dengan berbagai cara yaitu dengan bisa bebek bakar madu, bebek jahe, bebek goreng penyet, bebek madu dan bebek panggang. Bisa disajikan juga dengan selada dan timun.

2. Ikan Bandeng

6 Makanan Khas Imlek yang Perlu Kamu Tahu

Ikan bandeng menjadi salah satu hidangan khas imlek yang wajib dihindangkan di atas meja makanan. Makna dalam makan ikan bandeng ini adalah lambang untuk mengawali tahun baru dengan berlimpah keberuntungan dan supaya terhindari dari kesialan. Ada yang unik dalam makanan ikan bandeng ini, ketika makan kepala ikan harus diarakan ke tamu terhormat atau orang tua untuk memperlihatkan rasa hormat, Anggota keluarga yang lain baru bisa makan ikan setelah orang tua sudah mulai makan terlebih dulu.

3. Jeruk

6 Makanan Khas Imlek yang Perlu Kamu Tahu

Tidak lengkap rasanya tanpa kehadiran makanan buah satu ini. Buah jeruk tidak cuma jadi makanan yang lezat namun bisa makanan ngemil sambil mengobrol berbarengan bersama keluarga. Makna jika kamu makan jeruk mandarin dalam imlek atau tahun baru China adalah pembawa rejeki. Sekarang jeruk sangat gampang cari, kamu bisa cari di TaniHub. Ketika perayaan Imlek tiba, banyak orang tionghoa bakal membagikan makanan ke keluarga atau teman terdekat dengan maksud supaya rejekinya selalu jadi tambah. Jika kamu hidangkan jeruk dengan daun berarti sebagai simbol dari kehidupan dan juga kesejahteraan.

4. Udang

6 Makanan Khas Imlek yang Perlu Kamu Tahu

Makanan ke empat yang bisa kamu hidangkan selama imlek adalah udang. Makna makan udang dalam hari raya imlek adalah simbol kemakmuran. Ada juga orang berasumsi saat hidangkan udang artinya juga kamu mudah-mudahan mendapatkan kebahagiaan senantiasa menemani di tahun selanjutnya. Kamu bisa mengolah berberapa makanan yaitu udang goreng, udang saus tiram, udang saus padang, udang telur asin, udang bumbu BBQ dan udang masak garlic butter.

5. Lumpia Goreng

6 Makanan Khas Imlek yang Perlu Kamu Tahu

Salah satu alasan makna makan lumpia goreng dalam imlek adalah melambangkan kekayaan. Membuat olahan lumpia sangatlah gampang, tidak memerlukan waktu yang lama yaitu kurang dari satu jam. Bahan yang diperlukan adalah kulit lumpia, minyak goreng, bangkuang, paha ayam fillet, jamur tiram, bawang merah, bawang putih, jahe, cabe kering, merica, kecap asin dan kecap ikan. Cara memasaknya adalah dengan tumis bawang putih, bawang merah, cabai kering sampai harum, Kemudian masukan ayam dan menunggu sampai berubah warna. Masukan sisanya jamur tiram, jahe, cabe kering, kecap asin, kecap ikan. Tuang air, masak sampai matang lalu dinginkan. Kamu harus membuat selembar kulit lumpia dan kemudian isi. Lipat kanan kiri dan goreng lumpianya. Siap dan sajikan untuk keluarga!


6. Gyoza

6 Makanan Khas Imlek yang Perlu Kamu Tahu

Menu makanan yang ke enam adalah gyoza. Salah satu hidangan ini wajib ketika merayakan hari raya Imlek. Bentuknya menyerupai uang China kuno, hal ini yang membuat gyoza dipercaya sebagai makna simbol kelimpahan rezeki serta kebersamaan. Untuk membuat gyoza, memerlukan berberapa bahan yaitu udang, daging ayam, udang, kulit dumpling, jamur shitake, daun bawang, kubis, daun kucai, bawang putih, telur, meizena, kecap asin, kecap tiram, kaldu bubuk, lada secukupnya dan garam secukupnya. Kamu bisa menikmatinya melalui dikukus dan digoreng. Selesai dan sajikan gyoza bersama keluargamu!

Diatas merupakan sederet makanan imlek yang bisa kamu makan bersama keluarga pada saat tahun baru china atau imlek. Sekalipun kamu tidak merayakan imlek, makanan diatas juga bisa menjadi camilan dirumah yang menarik. Namun, bagi kamu yang ingin mendapatkan bahan makanan yang berkualitas. TaniHub menjadi pilihan solusi teepat dalam belanja berbagai bahan dapur kamu dengan cepat, mudah, murah, aman dan berkualitas. Dengan kamu memanfaatkan beragam promo yang ditawarkan TaniHub seperti promo gratis ongkir, voucher dan lain-lain. Yuk, tunggu apa lagi? Segera cek produk ketersediaan produk menu imlek di sini.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
71 − = 63