6 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan

Buah Matoa adalah buah yang jarang dikenal oleh masyarakat Indonesia. Mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan. Buah yang mempunyai famili Sapindaceae ini kebanyakan berwarna merah kehijauan dan berbentuk oval. Rasanya seperti campuran leci, rambutan, buah lengkeng, bertekstur berair dan sangat manis. Bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berberapa penyakit. Namun, apa saja kandungan gizi buah matoa? Simak dibawah ini.

Kandungan Gizi Buah Matoa

Buah asli yang berasal dari kota papua ini sangat populer karena manfaat kesehatannya yang luar biasa. Buah ini masuk ke dalam daftar buah yang harus dicoba karena mempunyai kandungan gizi dan manfaat kesehatannya yang luar biasa dan banyak. Begitu banyak kebaikan yang terkandung di dalam sebuah buah matoa. Kandungan nutrisi di dalamnya meliputi Vitamin C dan E yang merupakan kandungan antioksidan. Selain itu, buah matoa juga mengandung berberapa kandungan khasiat kuat seperti asam fenolat, flavonoid, tanin, saponin dan alkaloid yang bisa mengatasi berberapa masalah kesehatan tubuh.

9 Manfaat Dari Buah Matoa Untuk Kesehatan

1. Melawan Penyakit Infeksi

6 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan

Buah matoa ini bisa melawan berberapa penyakit, salah satunya dengan penyakit infeksi. Kondisi infeksi disebabkan oleh adanya berberapa serangan dan perkembangbiakan mikrorganisme seperti bakteri, virus dan parasit yang pada dasarnya tidak berasal dari dalam tubuh. Khasiat buah matoa ini mempunyai berberapa kandungan gizi antioksidan dan antibakteri yang pada kulit matoa. Dengan adanya khasiat atau kandungan gizi tersebut, dapat ampuh bisa melawan bakteri infeksi E.coli, S.aureus dan B.cereus.

2. Melancarkan Pencernaaan

6 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan

Siapa sangka, manfaat buah matoa yang kedua untuk kesehatan adalah bisa melancarkan pencernaan. Buah matoa ini mempunyai kandungan yang bagus seperti antioksidan didalamnya yang mudah diserap oleh usus, mampu meningkatkan jumlah bakteri yang buruk atau baik dalam usus. Jika pencernaan lancar, resiko dalam masalah pencernaan seperti sembelit, radang usus, diare maupun memperlancarkan buang air besar.

3. Meningkatkan Kesuburan

6 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan

Buah Matoa mengandung vitamin E dan antioksidan yang tinggi sehingga bisa tingkatkan kesuburan dalam wanita. Pada wanita bisa melindungi telur, dapat meningkatkan kesuburan dari 20 hingga 30 persen. Ada berberapa ciri tanda-tanda kamu mengalami ketidaksuburan yaitu menstruasi tidak teratur, warna darah yang sangat gelap dalam menstruasi, ada penyakit radang panggul dan penyumbatan.

Baca Artikel Lainnya: Buah yang Mengandung Vitamin A

4. Menjaga Kesehatan Kulit

6 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan

Rutin makan buah matoa bisa dapat menjaga kesehatan kulit, mencegah petumbuhan jerawat, menghilangkan garis-garis halus di wajah, mencegah penuaan dini, menyamarkan noda hitam pada wajah, mengobati kulit yang terbakar, membuat kulit lebih segar, membuat kulit terasa lebih lembut dan membersihkan bekas jerawat. Hal tersebut karena terdapat kandungan nutrisi vitamin E dan vitamin C dalam buah matoa.

5. Menghilangkan Stress

6 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan

Kulit, biji, dan daging buah matoa diketahui memiliki kandungan vitamin E yang alami. Faktanya, buah matoa memiliki aktivitas vitamin E yang tertinggi dibandingkan dengan biji dan daging buahnya. Nah, vitamin E dalam buah matoa ini termasuk salah satu nutrisi penting dan bagus untuk membantu menghilangkan stress. Buah matoa bisa menjadi cemilan jika tidak nafsu makan dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

6 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan

Jantung berperan penting dalam manusia. Organ vital yang berkerja tanpa henti ini harus sangat dipelihara dan dijaga agar terhidar dari berbagai penyakit yang merusaknya. Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan berberapa solusi atau langkah sederharna. Salah satu langkahnya adalah dengan makan buah matoa untuk menghindari penyakit jantung dan mengurangi kadar kolestrol jahat, menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan.

Demikian penjelasan dari enam manfaat buah matoa dalam kesehatan. Bagi kamu ingin membeli buah matoa dan buah lainnya yang berkualitas bisa di e-commerce TaniHub. Harganya termasuk murah. Buah matoa bisa diolah menjadi jus, puding, asinan, salad buah, agar-agar dan bisa dimakan langsung. Mempunyai promo disetiap minggunya dan bebas ongkir ke kota-kota besar di Indonesia (Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, dan Bali). Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera cek ketersediaan produk buah matoa nya!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
+ 32 = 38