6 Tips Menyimpan Daging Ayam yang Tepat Agar Tidak Mudah Rusak

6 Tips Menyimpan Daging Ayam yang Tepat Agar Tidak Mudah Rusak

6 Tips Menyimpan Daging Ayam yang Tepat Agar Tidak Mudah Rusak

Hampir semua orang pasti setuju jika daging ayam merupakan salah satu jenis daging yang cukup lezat. Di Indonesia, daging yang satu ini banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan lezat. Mulai dari yang digoreng, dibakar, dikukus, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan daging ayam terbilang cukup mudah, karena cukup banyak dijual di pasar tradisional, supermarket dan lain- lain.

Pengertian Ayam 

6 Tips Menyimpan Daging Ayam yang Tepat Agar Tidak Mudah Rusak

Ayam merupakan salah satu jenis hewan unggas yang banyak di ternak. Biasanya ayam dipelihara untuk diambil daging maupun telurnya. Di Indonesia, daging maupun telur ayam menjadi salah satu bahan makanan yang banyak dicari. Selain karena harganya yang lebih terjangkau, baik itu daging maupun telur ayam bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang lezat. Untuk daging ayam, biasanya masyarakat Indonesia mengolahnya menjadi berbagai macam masakan, seperti ayam goreng, ayam bakar, opor ayam, sup ayam, dan masih banyak lagi. Selain enak dan mengenyangkan, mengonsumsi ayam juga diketahui sangat bagus bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali kandungan nutrisi di dalamnya. 

Kandungan Gizi dalam Daging Ayam 

6 Tips Menyimpan Daging Ayam yang Tepat Agar Tidak Mudah Rusak

Dalam daging ayam segar, setidaknya mengandung berbagai jenis nutrisi, seperti air, energi, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, zinc, dan niacin. Agar berbagai kandungan gizi didalamnya ini tetap terjaga, mengolah dengan cara yang benar menjadi salah satu kuncinya. 

Jenis-jenis Ayam 

6 Tips Menyimpan Daging Ayam yang Tepat Agar Tidak Mudah Rusak

Ada beberapa jenis ayam yang dibudidayakan di Indonesia, yaitu:

  1. Kampung.
  2. Pejantan.
  3. Broiler.
  4. Probiotik & prebiotik.
  5. Organik.
  6. Petelur.

Baca Artikel Lainnya: Ini Dia Tips Memilih Daging Ayam Potong yang Segar

Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Daging Ayam 

6 Tips Menyimpan Daging Ayam yang Tepat Agar Tidak Mudah Rusak

Karena berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, maka mengonsumsi daging ayam juga memiliki dampak yang bagus untuk kesehatan, yaitu:

  1. Membantu kesehatan jantung.
  2. Menurunkan berat badan.
  3. Membantu meningkatkan kekuatan tulang.
  4. Meningkatkan hormon testosteron.
  5. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Tips Menyimpan Daging Ayam yang Tepat 

6 Tips Menyimpan Daging Ayam yang Tepat Agar Tidak Mudah Rusak

Bagi ibu rumah tangga, menyetok bahan makanan untuk beberapa hari atau minggu ke depan merupakan hal yang biasa. Salah satu bahan makanan yang kerap ibu-ibu rumah tangga stok ketersediannya adalah daging ayam. Daging ayam mentah mengandung bakteri yang bisa merusak dagingnya itu sendiri. Sehingga jika Anda membelinya dan tidak langsung memasaknya, sebaiknya simpan dengan cara yang benar. Anda bisa menyimpannya dalam kulkas atau freezer secara terpisah dari makanan matang. Untuk cara menyimpannya ini harus diperhatikan dengan baik-baik agar kualitas dagingnya tidak rusak. Maka dari itu, berikut ini ada sedikit tips yang bisa Anda lakukan saat menyimpannya dalam freezer, yaitu:

1.Simpan dalam kulkas yang bersuhu di bawah 5 derajat Celcius.

Menyimpan ayam dengan suhu di bawah 5 derajat Celcius bertujuan agar bakteri lebih lama berkembang, sehingga kerusakan pada daging ayam juga lebih lambat.

2.Masukkan ke freezer dengan suhu di bawah 20 derajat Celcius.

Dengan cara ini, daging ayam bisa awet hingga 9 bulan untuk yang sudah dipotong. Dan bisa bertahan hingga 1 tahun untuk daging ayam yang masih utuh.

3.Sebaiknya lekatkan di bagian rak bawah kulkas.

Letakkan daging ayam di rak kulkas bagian bawah dan masukkan terlebih dahulu dalam wadah tertutup. Hal ini bertujuan agar sari dagingnya tidak menetes dan mengenai bahan makanan lain. 

Baca Artikel Lainnya: Inilah Ciri-ciri dan Cara Beternak Ayam Broiler

4.Gunakan wadah kedap udara untuk menaruh daging ayam yang akan disimpan. 

Jika Anda membeli daging ayam dalam kemasan, maka bisa menyimpannya tanpa harus membuka kemasannya. Namun jika kemasannya sudah robek atau berlubang, taruh di dalam wadah tertutup yang kedap udara sebelum disimpan dalam kulkas. 

5.Tidak mencuci daging ayam yang akan disimpan.

Hal ini bertujuan agar bakteri tidak semakin berkembang pada daging ayam yang disimpan.

6.Ingat selalu waktu penyimpanan daging ayam.

Untuk daging ayam yang ingin segera dimasak, sebaiknya simpan di rak bagian bawah kulkas. Sedangkan jika ingin dimasak nanti-nanti atau tidak dalam waktu dekat, maka bisa meletakkannya di bagian freezer. 

Untuk daging ayam yang ingin langsung dimasak ataupun disimpan untuk stok, sebaiknya beli yang kondisinya masih segar dan berkualitas. TaniHub bisa menjadi tempat yang tepat bagi Anda yang sedang mencari bahan makanan segar, seperti daging unggas, buah, sayur, telur, bumbu, ikan, kebutuhan memasak, dan sembako. Berbasis aplikasi dan website online, Anda bisa berbelanja di TaniHub dengan cukup menggunakan smartphone saja. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
− 5 = 3