7 Contoh Makanan Karbohidrat dalam Keseharian

Pangan adalah bahan olahan dari sumber daya alam hayati yang diolah sedemikian rupa sehingga aman untuk dikonsumsi, sehat, dan juga memiliki rasa yang enak untuk menarik minat dan selera. Banyak kandungan dari makanan sehingga perlu pola yang sehat agar terpenuhinya gizi seimbang. Salah satu nutrisi yang paling penting dan sangat diperlukan bagi manusia adalah karbohidrat. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang jenis-jenis makanan berkarbohidrat.

Makanan Karbohidrat

Mereka terdiri dari satu atau lebih molekul gula sederhana yang digunakan oleh tubuh manusia sebagai sumber energi. Sehingga dapat dikatakan bahwa makanan biasanya tidak hanya berupa karbohidrat sederhana, tetapi juga berupa karbohidrat kompleks yang penyusunnya adalah gugus gula sehingga tubuh akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menguraikan senyawa yang lebih sederhana.

Contoh Makanan Karbohidrat

Dalam kehidupan sehari-hari ada beberapa contoh makanan yang mengandung karbohidrat antara lain adalah sebagai berikut;

Nasi putih

7 Contoh Makanan Karbohidrat dalam Keseharian

Nasi putih merupakan sumber karbohidrat yang banyak kita jumpai karena merupakan makanan pokok utama di Indonesia. Tanaman padi merupakan tanaman penghasil padi yang kemudian diolah menjadi beras dan banyak dibudidayakan sehingga secara statistik konsumsi beras di Indonesia paling tinggi.

Kandungan karbohidrat dalam nasi putih adalah 28 gram per 100 gram berat total sehingga cukup tinggi untuk memenuhi standar gizi karbohidrat. Selain karbohidrat, ada juga nutrisi lain seperti protein, lemak, kalsium dan sebagainya.

Roti

7 Contoh Makanan Karbohidrat dalam Keseharian

Tepung roti dibuat menjadi adonan dan diberi ragi untuk mengembang sehingga tekstur roti menjadi lebih lembut. Kandungan karbohidrat dalam roti berkisar 49 gram per 100 gram makanan. Beberapa orang di Eropa dan Amerika, roti sering disajikan sebagai menu sarapan dengan campuran selai sebagai penambah rasa sekaligus mengisi tenaga di pagi hari.

Baca Artikel Lainnya: Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Manusia

Oatmeal

7 Contoh Makanan Karbohidrat dalam Keseharian

Oatmeal adalah sereal yang biasa dikonsumsi saat sarapan di pagi hari. Berasal dari oat dan campuran susu. Kandungan oatmeal selain karbohidrat yaitu protein, lemak, serat dan vitamin B kompleks folat, dan juga zat besi. Salah satu makanan yang rendah lemak ini baik dikonsumsi oleh para pelaku diet sekaligus mengurangi risiko kolesterol. Beberapa orang yang sudah mulai menerapkan pola makan sehat, oatmeal adalah salah satu makanan yang direkomendasikan.

Sagu

7 Contoh Makanan Karbohidrat dalam Keseharian

Sagu merupakan produk olahan dari pohon sagu yang berasal dari batang pohon. Tanaman ini banyak menghasilkan kandungan pati pada inti batang yang nantinya akan diolah menjadi tepung sagu. Tepung sagu di Indonesia Timur telah menjadi makanan pokok sebagai alternatif pengganti nasi.

Kandungan karbohidrat olahan batang sagu berkisar 85,6 gram per 100 gram makanan. Untuk kebutuhan pengganti nasi, kandungan nutrisi tanaman ini lebih banyak dari karbohidrat pada tanaman lain.

Yogurt

7 Contoh Makanan Karbohidrat dalam Keseharian

Yogurt merupakan produk susu fermentasi yang mengandung karbohidrat kompleks. Kandungan karbohidrat dalam yogurt sekitar 3,6 gram per 100 gram makanan. Pada dasarnya kandungan yoghurt hampir sama dengan kandungan susu, namun hasil dari proses fermentasi menyebabkan perubahan beberapa kandungan pada susu seperti asam lemak dan juga kandungan probiotik di dalamnya.

Kentang

7 Contoh Makanan Karbohidrat dalam Keseharian

Tanaman kentang merupakan salah satu jenis tanaman umbi-umbian yang banyak dibudidayakan karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan cukup stabil. Kandungan karbohidrat kentang adalah 17 gram per 100 gram asupan makanan. Kentang bisa dimakan direbus atau digoreng. Kentang rebus adalah cara penyajian untuk mengurangi konsumsi lemak dan pola makan yang sehat.

Baca Artikel Lainnya: Inilah 4 Manfaat Konsumsi Beras Merah Setiap Hari!

Beras merah

7 Contoh Makanan Karbohidrat dalam Keseharian

Beras merah hampir sama dengan beras putih pada umumnya, namun yang membedakan adalah warna dan kandungan dari beras merah itu sendiri. Memiliki warna merah agak keunguan pada setiap butirnya. Sehingga perbedaan ini membuat beras merah lebih mudah dikenali. Kandungan karbohidrat dalam beras merah adalah 23 gram per kali makan. Kandungan karbohidrat beras merah lebih rendah dibandingkan beras dari beras biasa. Namun, kandungan serat dalam beras merah lebih tinggi dari beras putih biasa.

Diatas adalah tujuh contoh makanan karbohidrat dalam keseharian. Bagi kamu yang ingin membeli makanan karbohidrat seperti beras merah, yogurt, kentang, roti bisa beli di TaniHub. TaniHub adalah sebuah platform e-commerce yang berbasis aplikasi dan website. Banyak promo yang menarik disetiap minggunya dan bermacam metode pembayaran. Hadir di Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Jogja, Solo, Semarang, hingga Bali.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
− 3 = 2