7 Manfaat Paprika untuk Kesehatan!

Dalam membuat hidangan yang kebarat-baratan mungkin sudah tidak asing lagi dengan pemakaian paprika di dalamnya bukan. Meskipun banyak yang menyebutnya sebagai sayur, namun sebenarnya paprika ini sendiri tergolong sebagai buah. Dimana ia memang memiliki warna-warni yang cantik, sehingga ketika digunakan untuk memasak akan menciptakan tampilan masakan yang cukup menggugah selera dan menarik. Bahkan ia juga kerap kali dijadikan sebagai garnish untuk mempercantik hidangan. Lalu sebenarnya apa itu paprika?

Pengertian Paprika

7 Manfaat Paprika untuk Kesehatan!

Paprika memiliki nama ilmiah capcisuum annuum, jika dilihat ia masih satu keluarga dengan cabai, itulah mengapa yang membuat rasa dari sayuran yang satu ini cukup pedas, meskipun memang tidak sepedas cabe rawit. Tumbuhan penghasil buah satu ini pada dasarnya termasuk dalam suku terong-terongan. Memiliki buah dengan warna-warna yaitu ungu, hijau, kuning dan juga warna merah. Biasanya digunakan sebagai bahan campuran untuk salad sayur.

Tanaman yang satu ini berasal dari negara Amerika Serikat, yaitu di Meksiko, hingga kemudian mulai dibawa ke Eropa pada abad ke 16 oleh Christopher Columbus. Tanaman yang satu ini dapat tumbuh dengan tinggi mulai dari 50cm hingga 150cm. Cocok untuk ditanam di berbagai iklim, sehingga ia juga dapat tumbuh di berbagai belahan dunia. Belakangan ini jika dilihat bahkan ada banyak sekali diantaranya yang membudidayakan paprika ini secara hidroponik sehingga tingginya bisa mencapai 3 hingga 4 meter.

Kandungan Gizi yang Terdapat dalam Paprika

7 Manfaat Paprika untuk Kesehatan!

Selain dikonsumsi dalam bentuk sudah matang, paprika ini juga kerap kali dikonsumsi masih mentah sebagai campuran dalam salad. Ternyata di dalam 100 gram paprika mengandung banyak sekali senyawa bermanfaat, diantaranya adalah:

  1. Air, jumlah air yang terkandung dalam paprika tergolong cukup tinggi, yaitu sekitar 93,8 gram.
  2. Kalori, paprika juga mengandung kalori dengan jumlah 20 kal.
  3. Protein, tak banyak jumlah protein yang terkandung di dalam paprika, hanya sekitar 0,86 gram saja.
  4. Lemak, total lemak yang terdapat dalam sayuran ini adalah 0,17 gram.
  5. Karbohidrat, di dalam paprika juga mengandung karbohidrat, namun jumlahnya tidak begitu besar, yaitu hanya sekitar 4,64 gram saja.
  6. Serat, masih ada kandungan serat juga yang berada dalam paprika sekitar 1,7 gram.
  7. Vitamin, ada cukup banyak vitamin yang terdapat dalam sayuran dengan rasa sedikit pedas ini, mulai diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin E dan masih banyak lagi.
  8. Mineral, tak kalah dengan itu juga ada beberapa mineral penting dalam sayur paprika ini, mulai dari kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, kalium, natrium, fluoride, seng, fotal, kolin sampai dengan beta karoten juga terdapat didalamnya.

Baca Juga: Perbedaan Paprika Merah, Kuning, dan Hijau

Manfaat Paprika Bagi Kesehatan

7 Manfaat Paprika untuk Kesehatan!

Konsumsi paprika ini memang tak hanya menambah cita rasa masakan menjadi kian lezat saja, melainkan juga banyak memberikan kontribusi atau manfaat positif bagi kesehatan, berikut ini diantaranya yang patut diketahui, yaitu:

1.Membantu jaga kesehatan mata 

Tentunya tak asing lagi bahwa kandungan antioksidan yang terdapat dalam paprika ini cukup tinggi. diantaranya adalah lutein dan zeaxanthin. Dimana senyawa-senyawa tersebut berperan dalam menjaga kesehatan organ mata. Juga mampu untuk mencegahnya dari gangguan seperti katarak maupun degenerasi makula. Di dalam paprika ini juga mengandung vitamin layaknya vitamin A, C bahkan vitamin E yang memang bagus untuk kesehatan mata.

2.Dapat memelihara kesehatan tulang

Paprika ini termasuk sayuran yang punya warna cukup beragam. Ternyata perbedaan warnanya ini juga mempengaruhi senyawa yang terkandung didalamnya. Hal tersebut berkat pigmen alami yaitu karotenoid yang ada dalam paprika. Senyawa tersebut tak hanya membuat warna paprika menjadi bermacam-macam, melainkan juga memberikan manfaat bagi kesehatan. Karena ternyata ia ampuh jaga kesehatan tulang. Cegah terjadinya kerusakan pada tulang, khususnya pada wanita yang telah masuk masa menopause.

3.Mampu tingkatkan sistem imun

Mengonsumsi paprika secara rutin tentara sangat bagus untuk menguatkan daya tahan tubuh. Hal tersebut tak terlepas dari kandungan antioksidan yang terdapat didalamnya mulai dari vitamin C, lutein hingga betakaroten. Semuanya berperan penting untuk melindungi sel-sel yang ada dalam tubuh, juga dapat mencegah terjadinya kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sehingga nantinya tubuh akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari bahaya radikal bebas.

4.Mampu untuk melindungi kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular

Capsaicin yang ada di dalam paprika ini bagus untuk cegah penyakit pada sistem kardiovakular. Diantaranya adalah aterosklerosis atau yang dikenal sebagai pengerasan arteri. Belum lagi dengan kandungan kalium yang cukup tinggi di dalam paprika. Senyawa yang satu ini memang tak kalah bermanfaat bagi kesehatan, karena ternyata ia juga mampu untuk mengendalikan tekanan darah, sehingga nantinya bisa terhindar dari penyakit darah tinggi. jika tekanan darah normal tentunya akan mempengaruhi kinerja jantung, cegah dari serangan jantung.

5.Membantu kendalikan kadar gula darah

Ternyata dengan rutin mengkonsumsi paprika ini juga sangat bagus untuk menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Karena ia dipercaya mampu untuk turunkan gula darah. Jadi paprika ini memiliki sifat antidiabetik. Bagus untuk turunkan resiko terkena penyakit diabetes melitus pastinya.

6.Membantu untuk jaga berat badan agar tetap ideal

Jarang yang tahu ternyata paprika sangat bagus bagi Anda yang sedang berdiet. Karena ia masih tergolong dalam cabai yang mengandung senyawa untuk meningkatkan pembakaran lemak juga kalori dalam tubuh. Anda dapat menggunakannya dengan dicampurkan dalam salad buah maupun dimasak hingga matang jika kurang suka dengan aromanya ketika masih mentah. Jadikan sebagai tambahan menu makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

7.Mampu turunkan risiko penyakit kanker 

Antioksidan yang ada dalam paprika ini seperti diantaranya adalah beta karoten kemudian juga lutein hingga vitamin C memang sudah terbukti ampuh untuk menghambat pertumbuhan dari sel-sel kanker, dimana ini memang kerap terjadi karena pengaruh radikal bebas yang menyerang tubuh. Jadi dengan menjaga pola makan yang sehat ditambah dengan memperbanyak konsumsi buah dan juga sayur akan membantu cegah penyakit tersebut.

Baca Juga : Kandungan dan Manfaat Paprika Untuk Kesehatan

Jadi tak perlu ragu untuk menambahkan paprika ini dalam hidangan yang Anda konsumsi sehari-hari, selain bagus untuk kesehatan maka warna-warni cantiknya juga membuat makanan tampak menggugah selera. Anda bisa membelinya secara mudah lewat TaniHub. Dimana nantinya tak perlu lagi datang ke supermarket, karena bisa langsung pesan, maka besok barang akan langsung dikirim ke rumah Anda.

Ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan dengan berbelanja disini, mulai dari produknya lengkap, apapun kebutuhan dapur yang Anda cari tersedia disini. Barang masih dalam kondisi segar karena didapatkan langsung dari petani Indonesia. Begitu juga dengan harganya yang terjangkau, bahkan cenderung murah karena banyak tawaran diskon istimewa. Segera kunjungi aplikasi atau websitenya dan berbelanja kebutuhan dapur yang Anda perlukan. Ikuti juga promo dan berita terbaru di Instagram @Tanihub.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
42 + = 48