7 Resep Tempe yang Enak dan Nikmat Rasanya

Tempe dikenal sebagai bahan makanan yang mudah diolah, kaya nutrisi dan bisa diolah sebagai makanan yang lezat. Makanan asli Indonesia ini kaya dengan protein dan beragam vitamin. Seperti makanan lainnya, tempe ini juga mempunyai berberapa manfaat untuk kesehatan yaitu mulai dari menurunkan kolestrol, memperbaiki sel yang rusak, mencegah kekurangan darah, menurunkan berat badan, mencegah diabetes, memperbaiki mood dan meningkatkan kecerdasan bayi.

Ada banyak sekali resep kreasi membuat olahan tempe yang enak dan wajib dicoba di rumah. Tentunya juga bisa diolah dengan tepat dan sehat sehingga membuat gizi yang ada di dalam tempe dapat terjaga dan tidak rusak ketika diolah dan dikonsumsi. Nah, berikut ini lima resep makanan tempe yang lezat, sederharna. Dari olahan basah sampai kering. Yuk, coba buat sendiri di rumah.

1.Resep Mandol Tempe

7 Resep Tempe yang Enak dan Nikmat Rasanya

Menu olahan pertama yang bisa dicoba ketika memasak adalah mandol tempe. Resep makanan ini mempunyai bahan tempe, daun jeruk, kaldu jamur, gula pasir, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kencur, cabe rawit merah dan garam. Langkah membuatnya adalah :

  • Potong tempe ukuran kecil lalu haluskan dengan sendok atau ulekan hingga halus
  • Giling halus semua bahan bumbu (bawang merah, bawang putih, ketumbar, kencur, cabe rawit merah dan garam)
  • Tambahkan ke dalam tempe halus
  • Masukan kaldu jamur, daun jeruk dan gula pasir
  • Remas dengan tangan hingga semuanya tercampur dengan rata
  • Bentuk adonan menjadi bulat-bulatan panjang
  • Gorengkan dalam minyak yang panas hingga kecoklatan
  • Angkat dan tiriskan.

2. Resep Orek Tempe Manis Pedas

7 Resep Tempe yang Enak dan Nikmat Rasanya

Menu olahan kedua adalah resep orek tempe manis pedas. Resep ini memerlukan bahan 300 gram tempe, 3 siung bawang putih, 3 sdm kecap manis pedas, 2 lembar daun salam, 2 lengkuas, kaldu ayam, gula pasir, garam, air dan minyak. Cara memasaknya pun sangat gampang. Berikut ini adalah langkah cara memasaknya adalah:

  • Panaskan minyak, tumis bawang putih, lengkuas dan daun salam hingga harum.
  • Lalu masukkan tempe, kaldu ayam, kecap manis pedas dan air. Aduk rata.
  • Masak hingga bumbu meresap dan air mengering.
  • Selesai! Angkat dan sajikan untuk keluarga!

3. Resep Steak Tempe

7 Resep Tempe yang Enak dan Nikmat Rasanya

Variasi resep selanjutnya adalah steak tempe. Steak tempe ini sangat lezat dan cocok untuk diet daging. Bahanya adalah dua bungkus tempe, satu butir bawang bombay, 2 sendok tepung bumbu, 1 bungkus tepung panir, susu segar dan satu butir putih telur. Cara membuatnya pun sangat gampang! Mulai dari kukus tempe sebesar 10 menit, angkat dan haluskan. Lalu campur semua bahan lalu aduk rata. Bentuk atau cetak tempe seperti steak sesuai selera dan padatkan. Terakhir adalah goreng steak hingga kecokelatan.

4. Resep Keripik Tipis Tempe Kriuk

7 Resep Tempe yang Enak dan Nikmat Rasanya

Resep keempat adalah keripik tipis tempe kriuk. Keripik tipis tempe kriuk ini biasa sering dimakan waktu lebaran bersama keluarga atau sahabat. Untuk membuat resep ini, kamu tidak perlu membutuhkan banyak bahan, tetapi menggunakan bahan yang mudah seperti tempe, tepung beras, santan, minyak goreng, garam secukupnya, merica dan daun jeruk.

Cara membuatnya adalah seperti ini:

  • Potong tempe setipis mungkin sesuai selera. Sisihkan
  • Siapkan mangkok besar, dan masukkan tepung beras, garam, merica bubuk dan daun jeruk. Campur hingga rata, lalu taruh santan. Aduk kembali.
  • Masukkan irisan tempe tipis itu ke dalam adonan santan.
  • Siapkan wajan yang sudah diisi minyak goreng yang cukup untuk merendam tempe. Tunggu sampai minyak panas.

5. Resep Sate Tempe

7 Resep Tempe yang Enak dan Nikmat Rasanya

Makanan khas Indonesia yang terbuat dari fermantasi kedelai ini bisa dibuat menjadi sate tempe. Sate tempe ini sangat mudah dibuat, lho! Memakai bahan satu papan tempe, tusuk sate, bahan bumbunya memakai 3 bawang putih, 1 sendok ketumbar, kecap manis, garam secukupnya dan air secukupnya. Cara membuatnya adalah mulai siapkan wadah, campur semua bahan bumbu, lalu rendam tempe dengan bumbu rendaman, diamkan dalam kulkas semalaman. Terakhir adalah tusuk tempe dengan tusukan sate, bakar hingga matang. Angkat dan sajikan!

6. Resep Nugget Tempe

7 Resep Tempe yang Enak dan Nikmat Rasanya

Resep keenam yang bisa dicoba adalah nugget tempe. Membutuhkan bahan – bahan seperti tempe, daun bawang, telur, kaldu jamur, garam, lada, bawang merah, bawang putih dan tepung roti secukupnya. Cara membuatnya adalah dengan melalui pertama potong tempe lalu kukus hingga matang, lalu saat tempe masih penas, tumbuk dan ulek. Lalu, tumis bawang merah dan bawang putih hingga layu. Campur tempe, bumbu halus, daun bawang, telur, kaldu jamur, garam dan lada. Aduk rata. Lalu, ambil adonan secukupnya, bentuk oval atau sesuai seleran. Selanjutnya masukkan dalam kecokan telur lalu gulingkan ke dalam tepung roti. Terakhir adalah simpan dalam kulkas selama 1 jam, lalu goreng dalam minyak api. Angkat dan tiriskan.

7. Resep Abon Tempe

7 Resep Tempe yang Enak dan Nikmat Rasanya

Resep abon tempe memang menjadi salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat. Menawarkan rasa yang nikmat dan sangat menggoda. Abon yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan tempe dalam pengolahanya. Memakai bahan seperti tempe, santan, minyak goreng, bawang putih goreng, ketumbar kemiri, kencur, garam, cabai merah kering, daun salam, daun jeruk dan gula merah. Langkah membuatnya resep abon tempe adalah:

  • Sediakan panci yang tidak lengket
  • Masukkan tempe yang sudah dicincang kasar, bumbu dan santan
  • Proses dalam memasak dalam api sedang hingga santan menyusut dan tempe menjadi halus
  • Kecilkan api lalu tuang lima sendok makan minyak goreng
  • Aduk kembali tumisan tempe hingga kering dan berwarna kuning kecokelatan
  • Masukkan ke dalam alat penyaring minyak, pers agar minyak menetes dan keluar semua
  • Hindangkan abon tempe

Nah, itulah berberapa resep tempe yang kamu bisa olah di rumah. Bagi kamu yang binggung mau beli tempe di mana, kamu bisa beli di TaniHub. Berbelanja di TaniHub sangat mudah dan praktis, karena bisa via aplikasi atau website online-nya saja. Sehingga tanpa harus keluar rumah, kamu bisa mendapatkan kebutuhan bahan pangan yang diperlukan. Keuntungan menggunakan e-commerce ini juga adalah mempunyai gratis ongkir untuk daerah Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, dan Bali.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
− 3 = 4