7 Tips Memilih Melon yang Matang dan Bagus

7 Tips Memilih Melon yang Matang dan Bagus

7 Tips Memilih Melon yang Matang dan Bagus

Buah melon merupakan suplemen nutrisi yang baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini dikarenakan buah memiliki banyak vitamin yang baik untuk tubuh. 

Soalnya terkadang kita sulit menentukan buah mana yang cantik dan matang, tentu kita tidak suka jika memakan buah yang masih matang dan asam.  Salah satu buah yang agak sulit diketahui sudah matang atau belum adalah melon. Nah, di bawah ini adalah tips cara menentukan buah melon yang matang dan cantik dengan mudah dan tepat agar Anda tidak kecewa saat mengkonsumsinya di rumah.

Buah melon merupakan salah satu buah dengan rasa yang enak dan daging buah yang cenderung berair, bisa dimakan langsung atau dibuat campuran es buah. Saat digigit akan terasa sedikit renyah dan menyegarkan, cocok disantap saat cuaca panas.

Daging buah melon yang indah hanya terdapat pada buah yang matang dan matang. Masalahnya adalah bagaimana membedakan yang matang dan mentah. Di warung-warung pedagang, pasti banyak melon yang dijual.

Jika Anda merasa memilih melon yang cantik dan matang adalah tugas yang membuat Anda resah maka Anda tidak sendirian. Tugas ini memang sulit, apalagi kulit melonnya cukup tebal sehingga kita tidak bisa memprediksi tingkat kemanisan dari luarnya. Sebagai pembeli yang cerdas, kita memang harus berhati-hati sebelum membeli. Berikut beberapa tanda dan ciri-cirinya, Tips memilih melon yang bagus:

Pilih yang tepat tanpa cacat

Meski cantik, jika ada cacat pasti tidak nyaman. Hindari buah dengan kulit luar yang terlihat memar, terbelah, terluka atau terlalu lunak saat disentuh. Pilih yang tepat tanpa cacat.

Lihat kulit

Jika masih mentah terlihat cerah, mengkilat dan kehijauan. Dari segi rasa, pasti lebih manis.

Periksa berat badan

Melon matang lebih berat daripada melon mentah. Dengan catatan ukuran yang sama, coba bandingkan dua buah melon yang ukurannya sama. Jadi melon kecil pun bisa enak dan sebaliknya yang besar bukan jaminan rasanya manis. Ukurannya bukan patokan buah melon sudah tua dan matang.

Baca Artikel Lainnya: Rekomendasi 4 Jenis Aneka Olahan Nikmat dari Buah Melon

Bau

Seperti kebanyakan buah-buahan, melon matang memiliki aroma yang manis. Aroma paling kuat berasal dari pangkal tangkai, jika ada bau khas melon maka bisa dipastikan rasanya manis. Jika Anda tidak yakin Anda bisa mencongkel sedikit tangkai buahnya, dari sana Anda bisa melihat sedikit daging buah melon. Tapi kalau ketahuan penjualnya siap dimarahi hihihihi

Oh ya, hindari membeli melon yang batangnya masih menempel pada buahnya. Pada melon dewasa, tangkai ini mudah lepas sehingga tidak perlu lagi bertangkai. Jika tangkainya terlihat seperti dipotong dengan pisau, mungkin dipanen sebelum benar-benar tua.

Tok tok atau Ketok menggunakan tangan

Saat melon matang dan matang, biji di dalamnya akan terlepas, meninggalkan banyak ruang kosong di buah. Gunakan telapak tangan Anda untuk menepuk buah, ketika sudah matang Anda akan mendengar suara yang dalam dan bergema.

Kocok

Biji yang telah dilepaskan akan terdengar bergerak ketika melon dikocok. Ini tandanya melon sudah enak dan siap disantap.  Namun jika masih ragu, tak ada salahnya bertanya kepada saudara pedagang buah tersebut. 

Jika Anda menemukan orang yang jujur, Anda akan dengan senang hati membantu. Jenis melon yang populer dengan rasanya yang manis adalah melon madu. Seperti namanya, jenis ini paling enak dengan buah yang lembut. Ciri fisiknya terlihat berwarna hijau keputihan dengan tekstur yang halus.

Cara Menyimpan Melon Matang

Tips Memilih Melon Yang Matang dan Bagus

Melon merupakan jenis buah lembap yang tidak tahan lama jika dibiarkan di luar ruangan. Cara terbaik untuk menyimpannya adalah di lemari es. Dalam suhu acuh tak acuh, melon bisa bertahan sekitar 3-4 hari. 

Jika menginginkan sesuatu yang lebih tahan lama, Anda bisa memotongnya menjadi beberapa bagian lalu memasukkannya ke dalam wadah kedap udara dan memasukkannya ke dalam freezer. Melon beku tidak akan terasa enak seperti buah segar. Di sisi lain, tentu tidak menjadi masalah jika buahnya hanya digunakan sebagai campuran minuman dingin. Toh rasa melon yang enak masih ada, yang kurang adalah tekstur daging buahnya yang renyah. Bagi kamu yang binggung beli melon yang berkualitas bisa di TaniHub.

Baca Artikel Lainnya: Resep Diet dengan Melon untuk Menurunkan Berat Badan

Tentang TaniHub

TaniHub adalah sebuah platform e-commerce yang berbasis aplikasi dan website. Memiliki fokus utama terhadap produk hasil pertanian dan berbagai kebutuhan masak untuk usaha ataupun rumah tangga. Keberadaan TaniHub mendukung para petani untuk mendapatkan akses pasar dengan menyalurkan hasil produk pertaniannya kepada konsumen B2B (Business to Business) & B2C (Business to Consument). Keunggulan TaniHub adalah mempunyai promo yang menarik setiap minggunya, memiliki layanan pengiriman yang cepat dan mempunyai metode pembayaran yang banyak. Segera download aplikasinya disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
− 4 = 4