8 Fakta Menarik Seputar Perayaan Nyepi di Bali

Perayaan nyepi tahun ini 2022 jatuh pada tanggal 3 maret. Bagi umat hari raya hindu, tahun baru nyepi mengandung makna yang sangat bagus dan mendalam yaitu sebagai hari kebangkitan dewa-dewa di pusat sumadera, hari toleransi, kebersamaan, kedamaian, pembaharuan, persatuan kesatuan dan kerukunan nasional. Umumnya, umat kota bali merayakan perayaan tersebut dengan cara nyepi selama 24 jam. Adapun 8 fakta unik dan menarik yang dilakukan selama nyepi:

1.Bandara Berhenti Beroperasi

8 Fakta Menarik Seputar Perayaan Nyepi di Bali

Pada tanggal 3 maret 2022, Bandara Internasional Ngurah Rai Bali tidak akan melayani penerbangan selama 24 jam. Karena sebagai bentuk penghormatan terhadap umat Hindu di Bali untuk menjalani ibadah mereka. Meski operasional dihentikan sementara, Angkasa pura setiap tahunnya tetap akan menyiagakan bandara untuk melayani penerbangan darurat.

2. Makan Ayam Betutu

8 Fakta Menarik Seputar Perayaan Nyepi di Bali

Ayam betutu merupakan salah satu hidangan yang harus disajikan untuk persembahan tahun baru nyepi. Biasanya ayam ini diolah dengan cara dipanggang atau digoreng dan juga diberikan bumbu khas Bali yang nikmat. Untuk membuat ayam betutu, biasanya memakai bahan ayam tulang, garam, merica hitam, daun pisang, aluminium foil, minyak goreng, air asam jawa, lada putih, batang serai dan daun salam. Bahan bumbu base genepnya memakai memakai lengkuas, kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, kencur, cabe merah, kemiri, lada hitam dan garam. Selesai dan sajikan untuk bersama keluargamu saat perayaan nyepi!

Baca Artikel Lainnya: Mengkhayalkan Bali, Memimpikan Kesempurnaan

3.Melakukan Upacara Melasti

8 Fakta Menarik Seputar Perayaan Nyepi di Bali

Upacara ini biasanya dilakukan selama setahun sekali. Melasti ini biasa disebutkan dalam bahasa jawa kuno yaitu Melasti ngarania ngiring prewatek dewata angayutaken laraning jagat, papa klesa, letuhing bhuwana. Dari kutipan tersebut ada berberapa tujuan yaitu mengikuti tuhan, menghyutkan penderitaan masyarakat, papa klesa menjauhkan lima klesa seperti kegelapan, pemarah, egois, pengumbaran hawa nafsu, rasa takut tanpa sebab, pengumbaran hawa nafsu. Letuhing Bhuwana artinya untuk memberitaukan umat hindu agar menjaga kelestarian alam lingkungan. Tradisi ritual ini memberikan tuntunan untuk bangun spritual untuk kelola hidup yang seimbang dalam lahir batin.

4. Tidak Boleh Berkerja

8 Fakta Menarik Seputar Perayaan Nyepi di Bali

Pada saat nyepi, ada empat pantangan yang wajib diikuti yaitu pertama Amati Karya (tidak berkerja), Amati Geni (tidak menyalakan api), Amati Lelungan (tidak berpergian) dan Amati Lelanguan (tidak bersenang-senang). Hal tersebut ini untuk merenung di dalam proses nyepi dalam umat hindu di Bali sehingga tercapai keselarasan atau kedekatan antara manusia, alam dan sang maha pencipta. Hal tersebut dilaksanakan selama 24 jam.

5. Makan Entil

8 Fakta Menarik Seputar Perayaan Nyepi di Bali

Makanan perayaan bali sangatlah beragam. Salah satu yang bermacam yang harus dicoba pada saat nyepi adalah entil. Proses memasak entilnya sama dengan seperti lontong dan ketupat pada umumnya, yaitu direbus dengan api selama 4-5 jam sampai benar-benar matang. Bahanya hanya memakai beras, garam, daun salam, sereh dan santan. Biasanya dibuat pada pagi hari sebelum nyepi karena pada hari nyepi tidak boleh menyalakan api. Sebagai pelengkap, kamu bisa tambahkan urap-urap, irisan bayam, irisan kacang pancang, sambal goreng, taburan sambal kelapa, ikan teri dan kuah santan berbumbu.

6. Ritual lengsur banten

8 Fakta Menarik Seputar Perayaan Nyepi di Bali

Fakta berikutnya adalah Lengsur banten, yaitu tradisi persembahan bagi umat hindu di bali untuk Sang Hyang Widhi. Isinya biasanya berupa buah-buahan seperti pisang, jeruk, apel yang berwarna agak kekuningan, dan lain sebagainya. Tempat – tempat untuk melakukan tradisi lengsur banten yaitu dari pura banjar atau di jero gede di depan rumah mereka.

7. Pawai Ogoh – Ogoh

8 Fakta Menarik Seputar Perayaan Nyepi di Bali

Siapa sangka kalau waktu sebelum hari nyepi, kota Bali memberikan sensasi tersendiri atau hiburan yang menarik untuk daya tarik pariwisata dari perayaan tradisi ogoh-ogoh. Ogoh- ogoh merupakan sebuah boneka atau patung yang menjadi sifat buruk yang ada disekeliling di Indonesia. Hal tersebut mulai dari bahan dasar stryrofoam karena mempunyai dimensi yang halus. Pembuatan tersebut berlangsung sejak berminggu-minggu sebelum nyepi. Untuk perayaan ogoh-ogoh biasanya terjadi pada 2-4 hari sebelum nyepi.

8. Makan Lawar

Lawar sudah terkenal sebagai salah satu makanan yang nikmat khas Nusantara terutama di Bali. Makanan ini mempunyai rasa enak dan sehat karena mempunyai bahan kacang panjang, daun kol/kubis, wortel, kelapa, gula pasir, kaldu jamur dan garam. Untuk bahan bumbu halus bisa memakai bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, lengkuas, kunyit, kencur dan garam. Sajian lauk pendamping makan tersebut bisa dilengkapi dengan nasi hangat. Makanan ini juga sering juga dijumpai di berbagai pasar dan warung makan. Tidak hanya dikonsumsi saja, lawar juga biasa digunakan sebagai sesajen atau upacara keagamaan.

Nah, itu delapan fakta menarik untuk hari raya nyepi di Bali. Ingin segara mencoba sajian lawar, ayam betutu atau menyiapkan ritual perayaan tradisi nyepi? Temukan bahan-bahanya hanya di TaniHub. E-commerce ini menyediakan berberapa memiliki layanan pengantaran yang cepat, metode pembayaran yang mudah, adanya layanan hubungan pelanggan selama tujuh hari, mendukung kepuasaan pelanggan dan banyak promo menarik setiap minggunya. Gratis ongkir ke Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, dan Bali. 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
+ 30 = 37