8 Jenis Sayuran yang Bisa Menyehatkan Tubuh

8 Jenis Sayuran yang Bisa Menyehatkan Tubuh

8 Jenis Sayuran yang Bisa Menyehatkan Tubuh

Sayuran hijau merupakan bahan yang biasanya mengandung kadar air yang tinggi, yang dapat dikonsumsi setelah dimasak. Makanan ini dapat dikonsumsi dengan cara bermacam- macam melalui menu utama, makanan pembuka, penutup atau makanan sampingan. Cara diolah pun sangat bermacam seperti perebusan, pengukusan, penggorengan, penumisan dan sebagainya. 

Banyak Sobat Tanihub mengetahui kalau makan sayuran itu sangat mempunyai kandungan gizi yang beragam seperti klorofil, serat, lutein, zeaxanthin, kalsium, folat, vitamin C dan beta karoten baik untuk tubuh. Apabila Anda mencari jenis sayuran yang bisa menyehatkan tubuh dibawah ini adalah beberapa contoh yang bisa Anda coba. 

1.Bayam 

8 Jenis Sayuran yang Bisa Menyehatkan Tubuh

Sayuran yang pertama adalah sayuran bayam. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang dikembangkan terutama negara Indonesia. Banyak orang menyukai dan mengkonsumsi bayam mulai dari bayi, anak- anak, ibu hamil hingga lansia. Dapat dimasak dengan berbagai cara seperti menjadi sup bening, ditumis, spaghetti, telur dan nasi panggang buncis bayam. 

Sebelum menjelaskan mengapa bayam bisa menyehatkan tubuh, anda harus tahu beberapa kandungan dalam sayuran ini yaitu air, energi, protein, lemak, kalsium dan lain-lain. Manfaat atau khasiat baik dalam makanan ini adalah meredakan peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah anemia, menjaga kesehatan kulit, mencegah kulit dan menurunkan risiko beberapa penyakit seperti rabun senja dan degenerasi makula. 

2.Kale 

8 Jenis Sayuran yang Bisa Menyehatkan Tubuh

Tidak kalah sehat dari bayam. Ada kale yang kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Dengan makan semangkuk kale bisa mencukupi 206% yang mempunyai vitamin A dan C harian anda. Daun kale ini bisa menyehatkan tubuh karena bisa meredakan peradangan, menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Bisa diolah sebagai sup kacang merah, keripik, tumisan kale, perkedel dan gulai daun kale. 

Baca Artikel Lainnya: Inilah Daftar Sayuran yang Bagus untuk Kesuburan

3.Pakcoy 

8 Jenis Sayuran yang Bisa Menyehatkan Tubuh

Jenis sayuran ini dapat dimakan segar atau diolah menjadi asinan. Awalnya, sayuran ini sangat populer di Kawasan Tiongkok namun keadaan menyebar ke berbagai negara salah satunya Indonesia sebagai bahan untuk membuat makanan yang lezat.  Menu yang bisa diolah yaitu tumis pakcoy kembang tahu, pakcoy jamur enoki saus Bolognese, pakcoy saus tiram dan cah pakcoy bawang putih. 

Tanaman sayuran yang berumur pendek dan famili Brassicaceae ini mengandung tinggi vitamin A dan vitamin C. Kedua jenis vitamin ini berperan penting sebagai antioksidan dalam tubuh. Fungsi antioksidan ini sendiri untuk melindungi sel-sel tubuh tetap sehat, mencegah terbentuknya radikal bebas dalam tubuh dan mencegah penyakit kanker. 

4.Kangkung 

8 Jenis Sayuran yang Bisa Menyehatkan Tubuh

Jenis sayur ini banyak dijual dipasar- pasar dan market online. Ada jenis kangkung yaitu berwarna hijau pucat dan menghasilkan bunga berwarna putih dan daun sempit memanjang biasanya tersusun menyirip tiga. Masakan kangkung yang populer adalah cah kangkung bumbu terasi, urap, rujak kangkung, sayur asem kangkung dan mie kangkung. 

Mengkonsumsi sayur kangkung ini bisa membuat tubuh sehat seperti menjaga mata, mencegah anemia, mencegah diabetes, baik untuk kesehatan mata, menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol dan baik untuk perkembangan otak.

5.Daun Selada 

8 Jenis Sayuran yang Bisa Menyehatkan Tubuh

Daun selada merupakan salah satu bahan wajib untuk berbagai jenis menu yaitu salad, burger, bistik, tumis selada jarum dan telur dadar selada. Manfaat daun selada ternyata banyak sekali untuk tubuh yaitu bisa menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan risiko diabetes, menurunkan efek inflamasi, penekanan pertumbuhan sel kanker dan mengatasi insomnia. 

Baca Artikel Lainnya: 5 Tips Agar Buah Hati Doyan Makan Sayuran

Jadi gimana, Apakah kamu sudah mengetahui mengenai lima sayuran yang bisa menyehatkan tubuh? Jika sudah mengetahui, jangan lupa untuk membeli stok bahan makanan lima sayuran diatas untuk menu makanan dirumah agar semakin sehat. TaniHub menjamin kualitas sayurannya, sehingga apabila tidak puas dengan produk yang diterima bisa untuk meminta ganti. Selain itu, banyak metode pembayaran yang ditawarkan dan banyak promo yang diberikan setiap minggunya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
57 − = 55