Ternyata Bawang Merah Bagus untuk Kesehatan, Berikut Ulasannya!

Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan berbagai cara yang mudah. Seperti dengan olahraga secara rutin, mengkonsumsi makanan yang bergizi, menghindari makanan yang tidak sehat, menghindari stress, dan juga tidur yang berkualitas. Selain itu Anda juga bisa mengkonsumsi bahan alami yang dapat membantu menjaga kesehatan badan. Pada umumnya berbagai bahan herbal yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan, mencegah penyakit, hingga mengobati penyakit tertentu dapat ditemukan dengan mudah di rumah. Seperti bawang merah yang dikenal merupakan bahan dapur yang digunakan untuk banyak makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Kandungan Bawang Merah

Ternyata Bawang Merah Bagus untuk Kesehatan, Berikut Ulasannya!

Bawang merah mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Sehingga dengan mengkonsumsi bawang merah secara rutin dapat membantu tubuh tetap sehat dan mencegah penyakit yang datang. Kandungan nutrisi bawang merah misalnya karbohidrat, protein, serat, zat besi, kalsium, magnesium, kalium, zinc, dan juga folat. Bawang merah juga mempunyai kandungan senyawa sulfur organik seperti flavonoid, polifenol, saponin, dan quercetin yang merupakan antioksidan untuk mencegah berbagai penyakit.

Baca Juga: 4 Tips Cara Membuat Bawang Merah Goreng Renyah Dan Gurih

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Ternyata Bawang Merah Bagus untuk Kesehatan, Berikut Ulasannya!

Bawang merah yang dibuat bumbu masak memberikan banyak manfaat kesehatan seperti berikut ini:

1.Menurunkan Demam 

Manfaat pertama dari mengkonsumsi bawang merah adalah dapat membantu menurunkan demam. Kondisi tersebut disebabkan karena adanya infeksi virus dan juga bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga antibodi melakukan perlindungan diri dan membuat suhu tubuh meningkat. Demam bisa turun dengan sendirinya dan cukup untuk mengkonsumsi obat penurun suhu. Selain itu, untuk membantu menurunkan suhu tubuh juga bisa dibantu dengan bawang merah yang bisa dijadikan sebagai obat luar. Bawang merah bisa menjadi obat balur dengan cara ditumbuk dan diberikan air perasan jeruk nipis. Selain itu bawang merah juga dikonsumsi dengan cara dipanggang terlebih dahulu, dihaluskan dan diberikan madu. Larutkan campuran tersebut dengan teh dan diminum 3 kali sehari.

2. Menyembuhkan Sariawan

Manfaat kesehatan selanjutnya yang bisa didapatkan dari bawang merah adalah dapat untuk menyembuhkan sariawan. Kondisi tersebut terjadi karena infeksi jamur di lapisan mukosa mulut. Apabila mengalami sariawan akan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman hingga bau mulut. Selain itu juga rasa tidak nyaman karena tidak bisa berbicara dengan mudah ataupun mengunyah makanan. Untuk menyembuhkan infeksi sariawan tersebut bisa menggunakan bawang merah yang direbus dan tambahkan belimbing wuluh, daun sariawan, dan adas pulosari. Air rebusan dari bawang merah mempunyai kandungan asam kaprilat yang dapat berfungsi sebagai antiseptik dan antijamur. Sedangkan belimbing wuluh berkhasiat untuk mengurangi inflamasi atau radang dan daun sariawan dan adas pulsari mempunyai khasiat untuk menyembuhkan sariawan.

3.Mencegah masuk angin

Masuk angin merupakan beberapa gejala apabila tubuh tidak enak badan. Adapun untuk beberapa gejala yang akan dirasakan adalah perut kembung, mual, muntah, dan juga sering sendawa. Masuk angin juga bisa menyebabkan demam yang bisa disebabkan karena gangguan pencernaan, kurang tidur, ataupun karena masalah fisiologis yang ada di pada lambung. Perut kembung merupakan salah satu hal yang dirasakan ketika masuk angin. Hal tersebut terjadi karena gas terkumpul di dalam lambung sehingga membuat kelebihan gas dan membuat perut tidak nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut bisa menggunakan bawang merah yang digunakan sebagai obat blur. Tumbuh bawang merah dan campurkan minyak kayu putih, kemudian bisa digosokkan ke bagian leher, dada, punggung, dan perut.

4.Menjaga Kesehatan Jantung 

Bawang merah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung sehingga terhindar dari penyakit yang menyerang organ vital tersebut. Sebuah studi mengemukakan bahwa bawang merah mempunyai nutrisi yang dapat mencegah penggumpalan darah dan juga mengurangi penumpukan lemak di dalam pembuluh darah. Bawang merah juga mempunyai kandungan allicin yang merupakan jenis sulfur organik yang memberikan manfaat untuk melebarkan pembuluh darah. Kandungan tersebut bermanfaat untuk dapat melancarkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan tulang, hingga mengurangi resiko penyakit jantung yang bisa diderita.

5.Mengontrol Gula Darah

Bawang merah juga bermanfaat untuk mengontrol gula darah agar tidak berlebihan. Apabila kadar gula darah berlebihan, hal tersebut bisa menyebabkan penyakit seperti diabetes dan penyakit lainnya. Selain mengontrolnya, bawang merah juga berkhasiat untuk meningkatkan kadar hormon insulin di dalam tubuh. Sehingga manfaat tersebut sangat baik digunakan untuk penderita diabetes tipe 2.

6. Menangkal Efek Radikal Bebas

Radikal bebas mempunyai banyak efek yang dapat membuat kesehatan menurun. Anda sendiri beresiko terpapar radikal bebas karena mempunyai banyak kegiatan dan juga karena mempunyai pola hidup yang tidak sehat. Sehingga hal tersebut bisa membuat seseorang lebih mudah terkena penyakit. Bawang merah mempunyai kandungan antioksidan yang sudah terkenal dapat menangkal radikal bebas. Sehingga kandungan tersebut akan memberikan perlindungan sel-sel tubuh yang dapat mencegah penyakit berbahaya seperti kanker, alzheimer, hingga parkinson.

7. Menjaga Fungsi Ginjal

Manfaat bawang merah untuk kesehatan juga dapat menjaga fungsi ginjal. Penelitian mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi bawang merah secara rutin dapat untuk menurunkan kadar asam urat dan kadar kreatinin yang ada di dalam tubuh. Hal tersebut nantinya akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal sehingga tidak mudah untuk mengalami berbagai penyakit yang mengganggu fungsi ginjal.

8. Mengatasi Sembelit

Bawang merah juga dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit. Apabila mengalami sembelit akan dapat membuat penderitanya susah buang air besar, sehingga bisa menimbulkan sakit perut. Bawang merah bisa untuk mengatasi gangguan konstipasi yang dirasakan dengan cara mudah. Tumbuk bawang merah dan campurkan dengan susu murni. Masak dengan suhu di atas 80 derajat Celcius dan baru bisa diminum untuk melancarkan buang air besar.

Baca Juga: Manfaat Serta Kandungan Gizi yang Terdapat Pada Bawang Merah

Diatas merupakan manfaat yang bisa didapatkan dari bahan dapur bawang merah. Membeli bawang merah tersebut sangat mudah, termasuk sekarang ini juga bisa didapatkan secara online. Anda tidak perlu mendapatkan barang yang busuk karena pengiriman lama. Dengan membeli di TaniHub pengiriman bawang merah dan produk bahan dapur, sayur, dan buah lainnya hanya membutuhkan satu hari saja. Sehingga bisa mendapatkan barang yang masih fresh yang mendukung pertanian lokal.Di aplikasi Tanihub juga memberikan solusi mudah dan cepat untuk berbelanja segala kebutuhan sehari-hari mulai dari bahan masakan hingga berbagai hasil pertanian yang berkualitas. Segera download sekarang dan serta ikuti informasi terbaru hanya di Instagram @Tanihub.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
− 4 = 5