9 Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

9 Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

9 Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

Ketika mendengar kata bawang bombay, yang terlintas di pikiran adalah bumbu dapur untuk memasak. Bahan makanan yang satu ini memang menjadi bumbu andalan di setiap masakan. Meski kecil, peran mereka besar. Selain rasanya, bawang bombay juga memiliki banyak sekali kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. 

Bahkan bawang bombay juga dikenal sebagai salah satu obat tradisional untuk berbagai penyakit, mulai dari masalah kulit hingga pencernaan. Salah satu jenis bawang bombay yang tak kalah berkhasiat adalah bawang bombay. Berikut beberapa manfaat bawang bombay yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

Menjaga kesehatan tulang perlu dilakukan dengan berolahraga dan mengonsumsi nutrisi yang baik untuk tulang Anda. Jangan sampai aktivitas Anda terganggu karena masalah kesehatan tulang. Untuk menjaga kesehatan tulang, Anda bisa makan bawang. Kandungan didalamnya baik jika dikonsumsi secara rutin. Makan bawang bombay juga bisa mencegah nyeri tulang pada wanita.

Dari hasil penelitian para ilmuwan menunjukkan bahwa mengkonsumsi bawang bombay setiap hari dapat meningkatkan kepadatan tulang pada wanita yang sedang mengalami atau telah melewati masa menopause.

Sistem Pencernaan yang Sehat

Tahukah Anda bahwa bawang yang Anda makan juga memiliki dampak yang baik pada pencernaan Anda. Dalam setiap 100 gram bawang bombay mengandung sekitar 1,7 gram serat. Kandungan seratnya akan membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik. Serat larut juga dikenal sebagai oligofruktosa. Serat khusus atau oligofruktosa ini digunakan oleh tubuh untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus, serta membantu mencegah dan mengobati diare.

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Bawang Bombay Berkhasiat untuk Jantung dan Rambut

Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

Jantung merupakan organ vital yang harus Anda jaga. Karena banyak sekali penyakit yang bisa menyerang jantung dan mengancam keselamatan jiwa. Untuk meminimalisirnya, Anda bisa menambahkan bawang bombay sebagai asupan nutrisi Anda. Bawang bombay memiliki khasiat untuk menjaga tekanan darah. Ini akan mengurangi risiko serangan jantung. Kandungan potasium dalam bawang bombay memiliki efek menurunkan tekanan darah. 

Mencegah Diabetes

Bawang juga bermanfaat bagi penderita diabetes. Bawang bombay mengandung belerang yang berfungsi untuk menurunkan gula darah. Selain itu, juga mampu mendorong produksi insulin dalam tubuh. Bawang juga berperan dalam mengatur kadar gula darah karena adanya kromium.

Baca Artikel Lainnya: Kandungan Nutrisi dan Racikan Ramuan Herbal dari Bawang Bombay untuk Kesehatan Anda!

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Setiap orang diminta untuk menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Dan bawang bombay merupakan salah satu bahan yang mampu menjaga daya tahan tubuh Anda. Kandungan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan dan melawan radikal bebas. Untuk mendapatkan manfaat bawang bombay, Anda bisa memakannya langsung atau diolah dengan makanan.

Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

Bawang bombay juga bisa menjadi solusi untuk mengurangi risiko kanker, lho. Mulai dari kanker prostat, usus besar, dan perut. Bawang bombay sangat tinggi antioksidan dan senyawa organosulfur. Senyawa ini akan mencegah pembentukan radikal bebas dalam tubuh, serta bantuan sumber vitamin C yang kuat. Sehingga memiliki efek positif sebagai penangkal pemicu kanker.

Sumber Nutrisi yang Baik

Bawang mengandung vitamin B6, C, mineral, serat, dan senyawa antioksidan yang tinggi. Ini juga memiliki sedikit lemak jenuh dan sama sekali tidak mengandung lemak trans. Bawang juga mengandung senyawa lain, seperti fosfor, kalium, belerang, besi, dan kalsium. Sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh segala usia.

Meningkatkan Suasana Hati

Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

Bagi Anda yang sering merasakan mood naik turun, wajib mencoba bawang bombay. Selain bisa memperbaiki mood, bawang bombay juga mengandung folat yang bisa mengurangi depresi. Karena folat menekan homosistein, akhirnya bahan kimia seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin dapat diproduksi di otak dengan lancar. Dapat membuat otak lebih optimal mengatur nafsu makan, mood, dan siklus tidur yang baik.

Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

Anda juga bisa merasakan manfaatnya pada rambut Anda. Apalagi bagi Anda yang memiliki keluhan tentang rambut rontok. Kandungan potasium pada bawang bombay dipercaya dapat membantu mengurangi kerontokan rambut. Selain itu, bawang bombay juga dapat mendorong pertumbuhan rambut baru.

Anda bisa mengoleskan bawang bombay sebagai masker rambut. Caranya, haluskan bawang bombay hingga menjadi jus. Kemudian ratakan pada kulit kepala dan rambut. Setelah menunggu sekitar 3 menit, dan bilas sampai bersih. Setelah itu, jika kamu ingin membeli bawang bombay yang berkualitas bisa di TaniHub. Selalu menyediakan panen maupun produk segar, terbaik dan berkualitas yang diambil langsung dari petani Indonesia. Bukan hanya itu, Tanihub memiliki layanan pengantaran yang cepat dan memiliki metode pembayaran yang mudah untuk digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
57 + = 63