9 Resep Modern Olahan Daging Sapi Di Rumah

9 Resep Modern Olahan Daging Sapi Di Rumah

Selain daging kambing, Idul Adha juga identik dengan sebuah daging sapi. Banyak orang kemudian memasak daging sapi menjadi rendang. Daging sapi bisa menjadi makanan yang baik dan bergizi untuk keluarga. Daging Sapi merupakan sumber yang kaya protein bernilai biologis tinggi dan nutrisi penting.

Kandungan zat besi, vitamin B6, dan vitamin B12 di dalamnya juga baik untuk kesehatan tubuh. Daging sapi juga dinilai mampu menjaga massa otot, memproduksi sel darah merah, mencegah anemia, dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Ada beberapa resep olahan daging sapi yang bisa diolah untuk keluarga. Mulai dari resep daging sapi modern hingga yang sehat untuk keluarga. Nah, Kalian bisa mencoba resep olahan daging sapi ini di rumah. Berikut ulasan lengkapnya.

Semur Daging Sapi

Semur daging sapi terkenal dengan rasa kecap manisnya yang khas. Memasak menu ini cukup mudah dan Anda juga tidak perlu menggunakan santan. Sebelum menambahkan daging, tumis bumbu seperti bawang putih, kemiri, ketumbar, jinten, dan merica bubuk. 

Kalian juga bisa menambahkan cabai merah, daun salam, cengkeh, dan kayu manis agar kuahnya memberikan rasa yang lebih beragam. Selanjutnya, tambahkan daging, kecap dan aduk rata dengan bumbu. Tuang air dan masak sampai air menyusut dan daging empuk.

Daging Sapi Bumbu Bali

Jika semur identik dengan rasa manis, maka daging sapi Bali terkenal dengan rasa gurihnya. Bumbu yang digunakan untuk memasak daging sapi Bali cukup beragam. Ada sebuah cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kemiri, daun salam, asam jawa, serai, santan dan kecap manis. Setelah bumbu ditumis sampai harum, silahkan campur dagingnya. Masak hingga daging empuk dan bumbu meresap.

Dendeng Balado

Menu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Kalian. Sama seperti rendang, dendeng balado juga sering menjadi lauk di rumah makan Padang. Meski begitu, kedua makanan ini mempunyai cara pengolahan dan rasa yang jauh berbeda. 

Untuk membuat dendeng balado, daging sapi perlu diiris tipis dan lebar kemudian dikeringkan atau digoreng. Bagian daging sapi yang cocok untuk dendeng sapi adalah paha luar atau paha atas. Daging sapi kering tersebut kemudian dimasak bersama sambal balado sehingga menghasilkan rasa pedas dan gurih.

Baca Artikel Lainnya: Mengenal Daging Sapi Wagyu yang Harganya Mahal

Oseng Mercon

Pernahkah Anda mencicipi Oseng Mercon, salah satu makanan khas Yogyakarta? Makanan ini menjadi populer karena suatu sensasi rasa pedasnya yang luar biasa. Cabai rawit adalah bahan utama masakan ini. Jika Anda tertarik untuk membuat tumis petasan, Kalian bisa menyesuaikan rasa pedasnya sesuai selera. Untuk membuat tumis petasan, Kalian juga bisa menambahkan tetelan agar rasa pedasnya bercampur dengan gurihnya lemak.

Daging Sapi Rica-Rica

Daging sapi rica-rica identik dengan campuran bumbu yang kaya akan bumbu, mulai dari cabai, jahe, kunyit, serai hingga daun jeruk. Rempah-rempah ini akan memberikan kesan gurih dan segar. Selain itu, rempah-rempah juga memberikan manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Saat memasak daging sapi rica-rica, pastikan bumbu meresap dengan baik ke pada daging.

Serundeng

Hal yang paling mencolok dari hidangan ini adalah parutan kelapa yang dicampur dengan daging sapi. Serundeng dimasak dengan bumbu seperti bawang merah, cabai, bawang putih, bawang merah, ketumbar, kunyit, gula, asam jawa, daun salam, daun jeruk dan lengkuas—yang dipadukan dengan parutan kelapa. Perpaduannya memberikan rasa manis dan gurih yang nikmat.

Se’i Asap Sapi

Makanan se’i daging sapi akhir-akhir ini menjadi populer dan mendadak menjadi makanan favorit banyak orang. Tak perlu khawatir, Kalian bisa membuat se’i daging asap sendiri di rumah dengan mengikuti resep daging sapi berikut ini. Proses pengasapan daging sapi memang memakan waktu. Namun, jangan khawatir, Anda tidak perlu merokok berjam-jam karena banyak tempat yang menjual se’i daging sapi siap pakai.

Baca Artikel Lainnya: Tips Mudah Membeli Daging Sapi Agar Mendapatkan yang Bagus

Buncis Cah Sapi

Sajian resep olahan daging sapi dengan sayuran bisa menjadi kombinasi yang tepat untuk diet yang lebih sehat. Bean cah beef bisa menjadi resep olahan daging sapi yang sehat dan juga bisa dinikmati oleh keluarga. Kacang mampu memenuhi berbagai nutrisi dalam tubuh, seperti vitamin A, C, dan K. Kacang juga mengandung asam folat, serat, dan merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang kuat.

Daging Sapi Cabai Hijau

Resep ini mudah dan hanya membutuhkan beberapa bahan. Kalian juga tidak perlu merasa repot karena resep olahan daging sapi tanpa santan ini cocok untuk keluarga. Hanya disajikan dengan nasi pulen hangat, daging sapi cabai hijau siap dinikmati.

Nah, itulah berberapa resep modern olahan daging sapi di rumah. Ada daging sapi hijau, buncis cah sapi, daging sapi cabai hijau, se’i asap sapi, surendeng, daging sapi rica-rica, semur daging sapi dan oseng mercon. Bagi kamu yang binggung beli kebutuhan daging sapi dimana, kamu bisa beli di TaniHub. TaniHub adalah sebuah platform e-commerce yang berbasis aplikasi dan website. Banyak metode pembayaran dan promo di setiap minggunya. Promo bebas ongkir ke kota-kota besar di Indonesia (Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, dan Bali).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
1 + 8 =