9 Tips Mengolah Daging Sapi dengan Benar Agar Empuk

Mengolah daging sapi bagi mereka yang belum tahu cara memasaknya tentu menjadi kendala tersendiri, karena sangat sulit sekali membuat daging sapi menjadi empuk. Sebagai komoditas dagang, daging biasanya berasal dari hewan besar saja. Daging yang seperti itu disebut juga daging merah, dan di perdagangan dalam bentuk potongan. Daging sapi dibedakan nilainya berdasarkan bagian asal di tubuh, juga berdasarkan usia potong daging. Bagian yang diambil adalah kepala, leher, seluruh bagian badan, ekor. Biasanya daging selalu olah dengan cara di rebus, di goreng, maupun di panggang. Berikut adalah tips agar dam memasak daging menjadi empuk dan enak.

9 Tips Mengolah Daging

9 Tips Mengolah Daging Sapi dengan Benar Agar Empuk

Daging memanglah memiliki rasa yang lezat sekali terutama daging sapi. Namun beberapa orang yang belum mengetahui teknik memasaknya maka akan sangat kesulitan sekali dalam mengolahnya. Hal ini dikarenakan daging sapi sulit sekali empuk meskipun sudah direbus dalam waktu yang cukup lama. Nah, dibawah ini beberapa tips yang bisa Anda praktekkan agar daging sapi empuk ketika dimasak:

  • Pukul perlahan daging dengan palu khusus daging untuk menghancurkan daging
  • Taburi garam pada daging yang mau diolah, kemudian diamkan selama 1-2 jam, setelah itu bersihkan supaya garam tidak menempel di daging
  • Bumbui daging dengan bahan asam seperti cuka maupun jeruk lemon diamkan lagi 1 jam
  • Rendam daging dengan buah yang mengandung enzim pelembut, seperti pepaya, dan nanas
  • Masukan daging pada suhu ruangan selama 30 m3nit
  • Potong daging sesuai serat otot, agar tidak sulit saat mau dimakan
  • Masak dengan temperatur yang sesuai.
  • Merebus daging dengan api kecil supaya kematangannya merata
  • Baluri daging dengan beking soda, kemudian masukan kedalam kulkas selama 3-5 hari.

Baca Artikel Lainnya: Menu Olahan Makanan Pada Daging Sapi

Manfaat Daging

9 Tips Mengolah Daging Sapi dengan Benar Agar Empuk

Daging itu sendiri memiliki banyak sekali kandungan nutrisi didalamnya, tentu saja daging memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini beberapa manfaatnya untuk kesehatan:

1.Sumber protein

Protein yang terkandung dalam daging terbilang sangat tinggi, dan protein itu sendiri sangat bagus untuk kesehatan tulang dan juga kulit.

2.Kaya mineral

Kandungan mineral yang terdapat pada daging sapi pun juga beragam, diantaranya adalah magnesium, zinc, dan juga iron.

3.Meningkatkan imunitas

Daging juga mengandung karnosin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh kita menjadi lebih kuat melawan serangan penyakit.

4.Sumber vitamin

Daging memiliki kandungan vitamin B yang sangat tinggi. Vitamin B12 bermanfaat untuk kesehatan kulit, kualitas tidur dan untuk kesehatan tubuh.

5.Meningkatkan stamina 

Daging juga dipercaya sangat bagus untuk meningkatkan stamina Anda, hal ini karena kandungan karnosin pada daging memang sangat bagus untuk penambah stamina.

6.Mempercepat penyembuhan luka

Daging memiliki kandungan protein yang didalamnya yang memiliki peran mendistribusikan oksigen ke jaringan yang rusak, yang sangat penting untuk proses penyembuhan luka.

Nutrisi Daging

9 Tips Mengolah Daging Sapi dengan Benar Agar Empuk

Nah dibawah ini adalah beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada daging sapi untuk setiap 100 gram-nya:

  • Kalori 250
  • Lemak 15 gr
  • Lemak jenuh 6 gr
  • Protein 26 gr
  • Kalsium 18 mili gr
  • Zat besi 2,6 mili gr
  • Vitamin B6 0,4 mili gr
  • Vitamin B12 2,6 ug
  • Magnesium 21 mili gr

Karena didalam daging sapi tidak terdapat adanya serat, maka ketika Anda mengkonsumsi daging sapi alangkah baiknya Anda juga secara bersamaan mengkonsumsi serat. Karena hal tersebut sangat berguna sekali untuk menyeimbangkan proses pencernaan dan kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh Anda.

Baca Artikel Lainnya: Kenali Bagian Daging Sapi Terbaik dan Cara Memasak Agar Enak

Nah bagi Anda yang menginginkan daging sapi yang berkualitas, kini tak perlu repot-repot lagi pergi ke pasar untuk memilih serta memilihnya. Sekarang ada solusinya dengan aplikasi TaniHub. Aplikasi yang menyediakan barang yang lebih segar dan berkualitas, di aplikasi ini anda bisa berbelanja daging dengan produksi para petani lokal di Indonesia. TaniHub sudah berada diberbagai wilayah Indonesia jadi Anda tidak lagi khawatir untuk berbelanja. Dengan berbelanja melalui TaniHub maka Anda secara tidak langsung telah membantu baik bagi para petani maupun peternak lokal di Indonesia. Tak perlu bersusah payah pergi ke pasar, Anda cukup pesan melalui aplikasi maka barang pesanan Anda akan diantar.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
2 + 1 =