Aneka Olahan Kangkung Nikmat Kekinian dan Tips Memasaknya Agar Tidak Hitam

Aneka Olahan Kangkung Nikmat Kekinian dan Tips Memasaknya Agar Tidak Hitam

Aneka Olahan Kangkung Nikmat Kekinian dan Tips Memasaknya Agar Tidak Hitam

Kangkung adalah hidangan sejuta umat, dimana memang banyak yang menyukai sayuran hijau yang satu ini, ditambah lagi karena memang ia bisa dibuat menjadi beragam jenis hidangan yang menggugah selera. Harganya yang murah meriah juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang suka dengan sayur yang satu ini. Belum lagi karena memang banyak kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya, sehingga bagus untuk kesehatan tubuh.

Aneka Olahan Kangkung Kekinian

Aneka Olahan Kangkung Nikmat Kekinian dan Tips Memasaknya Agar Tidak Hitam

Agar tidak bosan mengkonsumsi kangkung, maka berikut ini diantaranya ada beberapa jenis hidangan nikmat yang bisa Anda buat dengan bahan dasar sayur tersebut, yaitu:

  1. Brambang asem kangkung, sebagian diantara Anda mungkin masih asing dengan hidangan yang satu ini, dimana kangkung nantinya direbus kemudian dengan bumbu atau sambal dengan rasa pedas manis karena ada gula merah didalamnya, cita rasanya sudah pasti akan lebih menggugah selera, apalagi disantap bersama dengan nasi panas.
  2. Seblak kangkung balacan, bagi Anda penggemar seblak maka tak ada salahnya sesekali berkreasi dengan menambahkan kangkung sebagai pengganti sayur didalamnya. Rasanya tak kalah nikmat dibandingkan dengan seblak pada umumnya.
  3. Keripik kangkung, kangkung ini juga dapat digunakan sebagai keripik. Caranya mudah seperti Anda membuat keripik dari daun bayam, yaitu dicelupkan pada adonan tepung yang crispy.
  4. Bakwan kangkung, jika sudah bosan dengan bakwan jagung maupun bakwan sayur, maka sesekali dapat Anda ganti dengan kangkung sebagai bahan isiannya, bakwan kangkung ini punya cita rasa yang tidak kalah nikmat.
  5. Kroket kangkung, anda juga bisa menambahkan kangkung dalam adonan kroket yang dibuat agar lebih bergizi, dimana nantinya juga ada manfaat serat yang bisa Anda dapatkan.

Baca Artikel Lainnya : Kenali Cara Menyimpan Sayur untuk Mempertahankan Kandungan Gizinya Berikut Ini!

Tips Memilih Kangkung yang Masih Segar

Aneka Olahan Kangkung Nikmat Kekinian dan Tips Memasaknya Agar Tidak Hitam

Agar menghasilkan hidangan yang nikmat serta kata akan nutrisi maka penting sekali bagi Anda untuk memilih kangkung yang kondisinya masih segar, berikut ini diantara tips dalam pemilihannya, yaitu:

  1. Daunnya berwarna masih hijau segar, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah dari segi warna daun, dimana untuk daun yang segar memiliki warna hijau, jangan memilih yang daunnya sudah kekuningan, karena artinya sudah kering atau tua.
  2. Perhatikan apakah daunnya masih baik atau sudah banyak yang berlubang, umumnya untuk sayur organik kondisinya memang tidak sebagus yang non organik, karena tidak diberikan pestisida dalam perawatannya tersebut.
  3. Sebaiknya pilih yang masih muda, karena ketika masih muda cita rasanya terbilang jauh lebih manis atau nikmat dibandingkan dengan yang sudah tua, ketika sudah tua maka teksturnya akan keras.

Tips Mengolah Kangkung Agar Tidak Hitam

Aneka Olahan Kangkung Nikmat Kekinian dan Tips Memasaknya Agar Tidak Hitam

Dalam proses pengolahannya sendiri hendaknya juga tidak dilakukan secara sembarangan, karena tak jarang ketika salah mengolah maka daunnya menjadi hitam, sehingga kurang enak dilihat. Untuk itu maka berikut ini diantara tips pengolahannya yang wajib Anda terapkan, yaitu:

  1. Langsung pakai api besar, tips yang pertama bisa Anda terapkan adalah dengan langsung menggunakan api yang besar. Pemakaian api yang besar akan membuat kangkung tersebut jadi jauh lebih cepat matang, sehingga nantinya ia tak perlu lama-lama terkena panas. Hal inilah yang membuat kangkung tersebut mudah mengalami perubahan warna jadi menghitam.
  2. Gunakan sedikit air, ada baiknya bagi Anda tidak terlalu banyak menambahkan air, karena nantinya akan membuat kangkung tersebut mudah layu, lembek serta tidak akan cantik lagi warnanya, warna akan berubah menjadi gelap.
  3. Menambahkan sedikit air perasan lemon, jika Anda merebus kangkung tersebut cobalah ditambahkan dengan sedikit perasan air lemon. Hal ini akan menambah cita rasanya menjadi lebih segar dan pastinya juga warna tetap cantik.

Dapatkan beragam jenis kebutuhan dapur Anda secara lengkap dan dalam kondisi yang masih segar diantaranya adalah lewat TaniHub. Sebuah platform ecommerce berbasis aplikasi yang secara khusus menjual produk-produk hasil pertanian, aplikasinya tersebut bisa Anda download secara mudah lewat Play Store maupun juga App Store. Sedang ada banyak promo istimewa disana yang memungkinkan Anda untuk belanja dengan biaya yang jauh lebih hemat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
45 + = 51