Aneka Makanan Sehat dari Jagung yang Cocok untuk Anak-anak

Aneka Makanan Sehat dari Jagung yang Cocok untuk Anak-anak

Bagi masyarakat Indonesia, jagung adalah salah satu makanan pokok yang bisa menggantikan beras untuk dijadikan bahan konsumsi sehari-hari. Jagung sendiri merupakan salah satu jenis sayuran yang sering dijadikan sebagai bentuk kreasi makanan oleh masyarakat Indonesia. Bisa Anda perhatikan, ada banyak sekali jenis camilan sehat dan beberapa jenis masakan yang menggunakan bahan dasar jagung. Selain terkenal dengan rasanya yang sangat enak dan manis, ternyata jagung juga kaya akan nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia. 

Fakta Menarik dari Tanaman Jagung 

Fakta Menarik dari Tanaman Jagung

Di pasar tradisional atau supermarket sekalipun, Anda akan dengan mudah mendapatkan jagung yang biasanya letaknya memang jadi satu dengan beberapa produk sayuran yang lainya. Jagung juga merupakan salah satu jenis komoditas bahan utama makanan dunia karena banyak digemari oleh masyarakat. Dan bahkan tidak sedikit juga yang menyebutkan jika di masa depan nanti jagung akan menggantikan beras untuk dikonsumsi oleh manusia. Tanaman yang masuk dalam jenis sayuran ini ternyata banyak mengandung karbohidrat yang penting fungsinya bagi tubuh manusia. Selain itu juga ada beberapa fakta yang menarik yang bisa Anda simak seputar tanaman jagung. Apa saja kira-kira? Berikut adalah faktanya: 

  • Tidak bisa hidup di alam liar 

Sadar atau tidak ternyata memang benar bahwa tanaman jagung tidak bisa hidup di alam liar tanpa mendapatkan bantuan perawatan dari manusia. Pada 10.000 tahun lalu, disebutkan bahwa petani purba yang pada awalnya memang memulai memilih tanaman jenis teosinte yang memiliki biji dan bentuknya yang lebih besar dan rasanya yang sangat enak. Jadi seiring dengan perkembangan tanaman jagung, ternyata jagung pertama kali muncul diperkirakan pada 7.000 tahun yang lalu. Dan menjadi salah satu tanaman yang sangat populer di seluruh wilayah Amerika Utara. 

  • Tanaman terbesar di Amerika Serikat 

Perlu Anda simak baik-baik bahwa selain kedelai juga ada jagung yang merupakan tanaman dengan komoditi yang sangat besar di Amerika Serikat. Karena jagung merupakan salah satu tanaman yang manfaatnya sangat penting bagi masyarakat Amerika. Pada 2018, fakta di lapangan menyebutkan jika ada sekitar kurang lebih 90 hektar lahan yang ada di kawasan Amerika Serikat dan sudah ditanami oleh jagung. Dan karena pengaruh perkembangan zaman yang semakin modern dan maju maka tanaman ini kemudian dikembangkan pada varietas yang lebih banyak. 

  • Ramah lingkungan

Pada tanaman satu hektar jagung ternyata mampu untuk menghilangkan 8 ton karbondioksida yang berasal dari udara. Untuk itu, tidak heran jika jagung adalah salah satu tanaman dan komoditi yang sangat penting manfaatnya untuk manusia karena bisa digunakan untuk membuat udara menjadi lebih bersih dan bisa bebas dari gangguan karbondioksida yang buruk untuk kesehatan manusia. 

Kreasi Makanan Sehat dari Jagung untuk Anak-anak 

Jagung sangat terkenal sebagai bahan makanan yang sehat dan banyak mengandung serat untuk itu penting sekali peranannya dalam hidup manusia. Untuk itu, para pakar kesehatan sudah banyak yang memberikan rekomendasi bahwa jagung akan sangat bagus jika dikonsumsi oleh anak-anak. Hal ini karena jagung banyak mengandung protein yang sangat baik untuk pembentukan tulang dan otot yang terjadi pada anak-anak. Tetapi jika hanya dikonsumsi dalam bentuk jagung saja mungkin anak-anak akan bosan maka harus dibuat camilan sehat dari bahan dasar jagung supaya anak-anak tidak bosan. Berikut ini contoh camilan sehat dari jagung yang sangat baik untuk anak-anak: 

Jagung
  • Pasta Jagung 

Pasta jagung adalah menu camilan sehat untuk anak-anak yang bisa Anda coba dan kreasikan sendiri di rumah. tidak perlu beli di luar karena mudah sekali untuk membuatnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain adalah jagung dan pasta. Menu ini dinilai sangat praktis dan mudah untuk dibuat namun kandungan gizinya sangat bagus untuk anak-anak. Rasanya yang gurih dan manis dijamin anak-anak pasti suka. 

  • Sup jagung dan ayam 

Anda bisa kreasikan menu jagung untuk dibuat sup jagung dan dicampur dengan ayam. Hal ini nantinya akan membuat makanan anak Anda menjadi lebih bervariasi dan tidak membosankan. Anda bisa buat sup jagung dan dicampur dengan ayam untuk mendapatkan rasa yang gurih dan mudah dicerna oleh anak-anak Anda. selain ayam, Anda juga bisa tambahkan seafood supaya sup menjadi lebih enak dan bervariasi. 

  • Salad jagung 

Menu salad jagung sangat cocok untuk dijadikan makanan menu sarapan pagi hari. Anda buat salad jagung yang dicampurkan dengan tomat. Dijamin anak Anda akan suka dan lahap karena menu makanan sehat tersebut selain bagus untuk pencernaan anak dan tumbuh kembangnya juga hemat. Campuran salad antara jagung dan tomat nantinya mampu untuk memberikan energy yang lebih pada anak sehingga lebih leluasa dan semangat dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. 

  • Bakwan jagung 

Menu makanan ini bisa Anda jadikan sebagai lauk atau juga camilan khusus untuk anak-anak. proses pembuatannya sangat mudah dan tidak perlu bahan yang cukup banyak jadi lebih hemat. Anda cukup siapkan jagung segar dan tepung, kemudian untuk toppingnya bisa Anda tambahkan seafood berupa udang sehingga anak-anak akan lebih suka. Dan dijamin bakwan Anda juga akan lebih gurih dan lezat. 

Baca Artikel Lainnya: Mengenal 6 Jenis Jagung di Indonesia & Manfaatnya Bagi Kesehatan

Jagung adalah makanan yang banyak mengandung serat dan beberapa nutrisi lain yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Untuk anak-anak jagung juga bisa menjadi salah satu alternatif menu makanan dan camilan yang sehat jika harus dibandingkan dengan beberapa camilan yang Anda beli di supermarket yang mungkin kurang sehat untuk tubuh anak Anda. apabila Anda sedang mencari beberapa bahan yang akan Anda jadikan kreasi menu makanan sehat dan camilan yang sehat untuk anak Anda, semua bahannya Anda bisa dapatkan di TaniHub. 

TaniHub adalah salah satu platform e-commerce di Indonesia pertama kali yang sudah berbasis aplikasi dan website. Dengan menggunakan aplikasi TaniHub maka Anda akan mendapatkan barang kebutuhan untuk memasak atau kebutuhan sehari-hari baik untuk rumah tangga atau usaha karena mereka memberikan pelayanan dengan menjual dan mendistribusikan barang-barang hasil pertanian petani lokal Indonesia. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas barang dan bahan-bahan masakan yang dijual di TaniHub, karena bahan dan barang mereka dijamin selalu segar dan berkualitas. 

Beberapa komoditi yang dijual di TaniHub salah satunya juga ada jagung, sayuran-sayuran segar, buah segar, ikan, telur, unggas, sembako dan bumbu masak. Dengan belanja di TaniHub Anda akan mendapatkan banyak sekali penawaran-penawaran yang sangat menarik, seperti mereka banyak menawarkan promo terbaru setiap minggu, sangat mengedepankan kepuasan pelanggan jadi jika ada barang yang keliru maka akan segera diganti. Selain itu pelayanannya juga sangat cepat dan ramah, Anda pesan hari ini besok barang sudah sampai di rumah Anda. Jadi di tengah masa PPKM Darurat seperti sekarang belanja di TaniHub adalah solusi yang paling tepat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
+ 46 = 47