5 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

5 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Apa Saja Manfaat Temulawak untuk Kesehatan? Berikut Ulasannya!

Temulawak merupakan tanaman yang asli berasal dari Indonesia. Bahan ini merupakan bumbu dapur alami yang bisa juga digunakan sebagai bahan jamu dan minuman herbal yang bermanfaat untuk kesehatan. Bentuk temulawak mirip dengan bumbu dapur lainnya kunyit karena mempunyai warna yang sama yaitu kuning. Akan tetapi ketika mencium aromanya akan bisa diketahui perbedaannya. Kandungan temulawak juga mempunyai perbedaan sehingga akan menghasilkan manfaat yang juga berbeda dengan kunyit. Temulawak mengandung protein, karbohidrat, kurkumin, kalium, natrium, dan kadmium. Berbagai manfaat tersebut tentunya memberikan manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Seperti kunyit yang bagus untuk membuat perut lebih merasa rileks dan tenang, temulawak juga memberikan manfaat untuk mengatasi masalah pencernaan. Temulawak merupakan bahan yang mempunyai manfaat untuk merangsang produksi cairan empedu di dalam kantong empedu tersebut. Kandungan tersebut bermanfaat untuk membuat metabolisme makanan menjadi lebih lancar. Manfaat temulawak lainnya juga dapat mengatasi gejala perut yang bermasalah seperti perut kembung dan pencernaan tidak lancar. Temulawak juga merupakan bahan alami yang dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga bagus bagi yang mempunyai masalah dengan nafsu makan.

Mengatasi Osteoarthritis

Manfaat temulawak selanjutnya juga dapat untuk mengatasi osteoarthritis atau penyakit yang menyebabkan persendian merasa tidak enak atau bermasalah. Penyakit tersebut dapat membuat sendi kaku dan juga terasa sakit. Untuk mengatasi tersebut bisa menggunakan manfaat dari temulawak yang efeknya sama dengan menggunakan ibuprofen. Hal tersebut berdasarkan penelitian dari Journal of Alternative and Complementary Medicine. Sehingga untuk mengatasi rasa sakit yang dirasakan ketika mengalami radang sendi bisa menggunakan bahan alami yang lebih baik karena bisa dikonsumsi dalam jangka panjang seperti temulawak.

Membantu Pengobatan Kanker

Apa Saja Manfaat Temulawak untuk Kesehatan? Berikut Ulasannya!

Temulawak juga mempunyai kandungan yang baik untuk mencegah dan membantu pengobatan kanker secara alami. Temulawak bisa dimanfaatkan untuk membantu pengobatan bagi yang mempunyai kanker prostat, kanker payudara, dan juga kanker usus. Sehingga bahan ini bisa dijadikan sebagai bahan yang digunakan untuk membantu pengobatan yang dilakukan ketika menderita jenis kanker yang telah disebutkan. Hal tersebut karena temulawak mempunyai kandungan yang baik untuk menghambat pertumbuhan kanker prostat. Selain itu dari penelitian yang dilakukan Universitas Maryland Medical Center juga menjelaskan bahwa temulawak dapat menghentikan pertumbuhan kanker berkat kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Sehingga temulawak dan bahan alami dengan kandungan antioksidan tinggi dapat mencegah dan membantu pengobatan kanker. Akan tetapi perlu diingat juga bahwa sifat temulawak dan bahan alami lainnya hanya untuk membantu pengobatan dan pencegahan sehingga tidak membuat penyakit kanker yang dialami menjadi lebih parah. Untuk mengobati kanker yang dialami juga tentunya perlu untuk mendapatkan perawatan medis sesuai dengan kebutuhan.

Baca Artikel Lainnya: Empon-Empon, Minuman Tradisional Untuk Tangkal Virus & Perkuat Imunitas

Menjaga Kesehatan Liver

Temulawak juga bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan liver. Apabila penyakit menyerang liver maka akan membuat kerja organ penting ini akan dapat berkurang dan tidak maksimal. Padahal organ liver mempunyai fungsi yang sangat penting seperti dapat mengeluarkan racun di dalam tubuh. Temulawak mempunyai kandungan yang baik melindungi hati dari hepatotoksin yang dapat menyebabkan gangguan yang dialami organ ini. Sehingga untuk melindungi organ ini bisa menggunakan manfaat dari temulawak.

Obat Diuretik

Manfaat temulawak terakhir untuk menjaga kesehatan adalah dapat dimanfaatkan obat diuretik. Kandungan alami ini bermanfaat sebagai diuretik alami yang dapat membersihkan tubuh dari gangguan yang dapat menyebabkan kesehatan terganggu. Seperti dapat membersihkan tubuh dari garam dan air berlebihan sehingga tidak menyebabkan penumpukan cairan yang tentunya membuat kesehatan terganggu. Obat diuretik alami ini dapat mencegah penyakit berbahaya seperti gagal jantung, gagal hati, edema, dan masalah ginjal.

Untuk mendapatkan manfaat temulawak terbaik pastikan untuk memilih temulawak yang berkualitas. Seperti temulawak yang dibeli di TaniHub yang bisa memberikan manfaat beragam untuk kesehatan. Temulawak yang bisa dipilih di TaniHub dalam kemasan dengan isi 250 gram dan pembelian minimalnya 1 pack. Untuk pembelian di TaniHub juga menawarkan harga terjangkau yaitu 4500 saja perpacknya sehingga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit yang dapat datang bersarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
2 + = 8