Bagi Pecinta Buah Mangga, Ketahui 8 Manfaatnya Bagi Kesehatan Berikut Ini!

Di Indonesia, menemukan berbagai macam buah-buahan cukuplah mudah. Karena umumnya buah-buahan yang dijual di pasaran memang merupakan hasil panen lokal. Bahkan sebagian masyarakat di Indonesia memang ada yang menanam jenis buah-buahan tertentu di pekarangan rumah mereka. Salah satu jenis buah-buahan yang pohonnya banyak tumbuh di negara tropis seperti di Indonesia adalah pohon mangga. Dari pohon inilah, kita bisa menikmati buah mangga yang nikmat.

Mengenal Buah Mangga

Bagi Pecinta Buah Mangga, Ketahui 8 Manfaatnya Bagi Kesehatan Berikut Ini!

Buah mangga memiliki nama latin Mangifera Indica L yang merupakan jenis buah yang banyak tumbuh di daerah tropis dengan bentuk buah yang oval. Adapun ciri-ciri dari buah mangga, yaitu memiliki warna buah yang oranye kekuningan saat sudah masak, memiliki permukaan kulit yang halus, memiliki bentuk buah yang oval serta ada juga yang bulat. Di Indonesia, ada banyak sekali jenis buah mangga yang bisa dijumpai dan dinikmati, antara lain:

  1. Mangga apel, yaitu jenis buah mangga dengan bentuk bulat menyerupai buah apel.
  2. Mangga arumanis, sesuai dengan namanya jenis mangga yang satu ini memiliki bau yang harum dari daging buahnya yang masak, serta memiliki citarasa yang manis.
  3. Mangga madu, yaitu jenis mangga yang memiliki citarasa manis seperti madu dengan daging buah yang berwarna kuning dan bercorak kuning oranye, serta memiliki bau yang harum.
  4. Mangga alpukat, merupakan jenis mangga yang terjadi karena persilangan antara mangga gadung dengan mangga madu.
  5. Mangga gedong gincu, merupakan jenis mangga yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat dengan ciri-ciri berupa warna kulitnya yang seperti gincu atau lipstik di bagian sekitar pangkal buah.
  6. Mangga kemang atau mangga binai, yaitu jenis mangga yang memiliki bentuk dan warna dibandingkan dengan buah mangga yang lain. 

Kandungan Nutrisi dalam Buah Mangga

Bagi Pecinta Buah Mangga, Ketahui 8 Manfaatnya Bagi Kesehatan Berikut Ini!

Selain memiliki rasa yang lezat, buah mangga juga mengandung banyak sekali kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Adapun kandungan nutrisi di dalam buah mangga, antara lain:

  • Kalori: 99 kalori.
  • Protein: 1,4 gram.
  • Karbohidrat: 24,7 gram.
  • Lemak: 0,6 gram.
  • Serat: 2,6 gram.
  • Vitamin C: 67% dari angka kecukupan gizi (AKG).
  • Tembaga: 20% dari AKG
  • Folat: 18% dari AKG.
  • Vitamin A: 10% dari AKG.
  • Vitamin E: 9,7% dari AKG.
  • Vitamin K: 6% dari AKG.
  • Kalium: 6% dari AKG.
  • Magnesium: 4% dari AKG.

Baca Artikel Lainnya : Beragam Kreasi Mangga Kekinian yang Nikmat dan Kaya Manfaat

Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

Bagi Pecinta Buah Mangga, Ketahui 8 Manfaatnya Bagi Kesehatan Berikut Ini!

Dengan berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalam buah mangga seperti yang diterangkan sebelumnya, tidak heran jika mengonsumsi buah mangga sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Adapun beberapa manfaat buah mangga untuk kesehatan tubuh, antara lain:

  1. Meningkatkan imunitas tubuh
  2. Melancarkan saluran pencernaan
  3. Bagus untuk kesehatan mata
  4. Baik untuk kesehatan rambut dan kulit
  5. Bagus untuk ibu hamil dan kandungannya
  6. Menurunkan resiko terkena penyakit kanker
  7. Menekan kadar kolesterol
  8. Bagus untuk kesehatan jantung

Dengan berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan ketika mengonsumsi buah mangga, maka sebaiknya masukkan mangga dalam daftar menu makanan sehat Anda. Anda bisa menikmati buah mangga dengan menjadikannya sebagai minuman jus yang menyegarkan, atau bisa juga menyajikannya seperti camilan buah pada umumnya. Meskipun tergolong buah musiman, namun kini tanpa menunggu buah mangga dijual saat musimnya pun sudah mudah untuk ditemui di pasaran setiap harinya. Namun tentunya untuk dikonsumsi sehari-hari, pilihlah buah yang masih segar dan berkualitas.

TaniHub bisa menjadi pilihan tempat berbelanja yang tepat untuk berbagai buah-buahan segar, termasuk salah satunya adalah buah mangga. Tak hanya menjual buah-buahan saja, TaniHub juga menyediakan berbagai kebutuhan konsumsi harian, seperti sayuran, bumbu, telur, unggas, ikan, kebutuhan memasak, dan sembako. Keunggulan berbelanja dari TaniHub, antara lain:

  • Produk yang selalu segar.
  • Memiliki layanan pengantaran yang cepat.
  • Bisa pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  • Ada layanan pelanggan selama 7 hari.
  • Banyak promo menarik tiap minggunya.
  • Mendukung penuh kepuasan pelanggan.
  • Bisa turut mendukung pertanian dan perekonomian lokal.

Untuk bisa berbelanja berbagai produk tersebut dari TaniHub, caranya terbilang cukup mudah. Cukup kunjungi website resmi TaniHub atau bisa juga dengan menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Sehingga untuk berbelanja kebutuhan harian Anda sudah bisa dilakukan lewat gadget saja, tanpa harus meninggalkan rumah atau kesibukan yang sedang dijalani.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
− 2 = 3