Mengulas Beragam Jenis Lobak dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Mengulas Beragam Jenis Lobak dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Mengonsumsi sayuran secara rutin akan membantu menjaga kesehatan tubuh. Di mana setiap sayuran mempunyai kandungan gizi yang bisa dimanfaatkan untuk membuat tubuh tetap sehat. Manfaat sayuran tersebut juga bisa diberikan apabila mengkonsumsi sayur lobak. Jenis ini mempunyai banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit yang bisa diderita.

Pengertian Lobak

Lobak merupakan sayuran yang mudah dijumpai bagi Anda yang merupakan penggemar makanan Korea atau negara Asia Timur. Hal tersebut karena tanaman lobak memang berasal dari Tiongkok sehingga banyak digunakan untuk jenis olahan masakan dari negara tersebut. Lobak sendiri kurang populer di Indonesia, walaupun sekarang ini telah banyak dibudidayakan di Indonesia. Lobak bisa ditanam di dataran rendah maupun di pegunungan. Di Indonesia sendiri beberapa daerah yang membudidayakan tanaman ini adalah di dataran tinggi sekitar Pangalengan, Pacet, Bedugul, dan juga di Cipanas. Untuk menanam tanaman ini membutuhkan tanah yang gembur, mempunyai kandungan humus, dan juga tidak mengandung kerikil. Selain itu juga perlu memperhatikan tingkat keasaman yang tepat yaitu 5-6 dan cocok ditanam saat musim hujan atau ketika mulai musim kemarau. Akan tetapi ketika menanamnya saat musim kemarau perlu untuk memperhatikan agar tanaman lobak tidak kekurangan air.

Jenis Lobak

Mengulas Beragam Jenis Lobak dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Sayuran lobak tidak hanya mempunyai warna putih seperti yang telah dikenal umumnya. Akan tetapi juga ada beberapa jenis lainnya yang mempunyai warna beragam seperti berikut ini:

  1. Lobak putih

Jenis lobak yang paling populer dan biasanya digunakan untuk bahan masakan adalah lobak putih. Jenis ini seperti namanya juga mempunyai warna putih dan bentuk lonjong. Lobak putih biasanya digunakan untuk berbagai bahan masakan seperti sayur sop, salad, dan juga banyak masakan lainnya yang bisa menggunakan bahan ini. Sayur lobak putih ini mempunyai kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh seperti serat yang membantu menjaga kesehatan lambung.

  1. Lobak merah

Jenis lobak yang kedua adalah lobak merah yang mempunyai warna merah di luarnya tetapi tetap mempunyai warna putih di dalamnya. Lobak ini mempunyai daging lebih renyah dan memiliki lebih banyak sari. Lobak merah mempunyai kandungan yang beragam sehingga akan memberikan manfaat kesehatan apabila dikonsumsi secara rutin. Dimana lobak merah kaya akan beta karoten, karbohidrat, serat, vitamin B6, vitamin C, dan juga senyawa suksinat. Berbagai kandungan tersebut bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan menghindari resiko berbagai penyakit.

  1. Lobak hijau

Jenis lobak lainnya adalah lobak hijau yang seperti namanya juga mempunyai warna hijau. Lobak ini kaya akan klorofil sehingga bermanfaat untuk karsinogenik amina heterosiklik yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Lobak hijau juga mempunyai kandungan vitamin K yang bermanfaat untuk membantu proses anti inflamasi sehingga membuat tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

  1. Lobak ungu

Lobak ungu mempunyai warna ungu dan bentuknya berbeda seperti lobak yang umum ditemukan. Bentuk lobak ungu ini mungil dan bulat, sehingga terlihat seperti buah bit. Lobak ungu juga mempunyai rasa pedas akan tetapi tetap mempunyai aroma lembut. Jenis lobak ini kaya akan berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan. Seperti kaya vitamin C, folat, dan anthocyanin yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

  1. Lobak hitam

Jenis lobak terakhir adalah lobak hitam yang biasanya bisa dimanfaatkan untuk acar. Lobak hitam mempunyai warna hitam dengan buah warna putih. Rasa yang dihasilkan jenis ini juga lebih tajam dan mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan. Lobak jenis ini baik dikonsumsi ketika sembelit sehingga dapat sembuh lebih cepat. Selain itu lobak hitam juga dapat melancarkan pencernaan sehingga akan sangat baik dikonsumsi bagi penderita ambeien.

Manfaat Lobak untuk Kesehatan

Manfaat Lobak Untuk Kesehatan

Lobak mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal tersebut tentu saja tidak terlepas dari kandungan gizi yang dipunyai mulai dari vitamin C, serat makanan, folat, kalium, vitamin B6, mangan, riboflavin, kalsium, magnesium, dan fosfor. Berbagai bahan tersebut memberikan manfaat untuk kesehatan seperti berikut ini:

Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan organ penting dan sangat vital sehingga perlu dijaga kesehatannya dengan baik. Untuk menjaga kesehatan jantung, Anda bisa mengonsumsi lobak yang memberikan manfaat untuk menurunkan kolesterol. Hal tersebut karena di dalam lobak terdapat serat yang akan dapat menyerap kelebihan kolesterol yang ada dalam pembuluh darah. Sehingga dapat mencegah penumpukan plak yang ada di dalam darah. Manfaat tersebut akan sangat baik karena dapat mencegah terjadinya penyakit berbahaya seperti serangan jantung atau stroke. Selain serat, lobak juga mempunyai kandungan kalium, zat besi, dan fosfor yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Lobak juga mempunyai kandungan antosianin yang dapat berperan sebagai antioksidan untuk mencegah penyakit penyumbatan pembuluh darah.

Menjaga kesehatan tulang

Lobak juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang karena kandungan senyawa antosianin yang ada di dalamnya. Senyawa tersebut akan dapat mencegah paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan radang sendi dan tulang. Selain itu rasa lobak yang sedikit pedas juga akan membantu mengurangi nyeri sendi yang dirasakan. Untuk menjaga kesehatan tulang lainnya, lobak mempunyai kandungan kalsium yang sudah dikenal dapat menjaga kesehatan tulang. Kalsium di dalam lobak dapat untuk membantu mencegah terjadinya osteoporosis atau kerapuhan tulang yang lebih mudah terjadi ketika sudah lanjut usia. Terakhir, lobak juga mempunyai kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk merangsang pembentukan kolagen yang membantu tulang lebih kuat.

Menjaga sistem kekebalan tubuh

Lobak juga merupakan sayuran yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan tidak mudah sakit. Hal tersebut bisa didapatkan karena lobak mempunyai kandungan antioksidan, antibakteri, dan antimikroba. Sehingga senyawa tersebut akan dapat membantu membunuh mikroba yang dapat menjadi sumber penyakit. Senyawa yang terkandung di dalam lobak juga dapat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga mengurangi stres.

Mencegah penyakit kanker

Sebagai penyakit yang berbahaya dan mematikan, kanker bisa dicegah dengan gaya hidup yang sehat. Salah satunya dengan mengkonsumsi lobak dengan rutin yang mempunyai kandungan anthosianin dan isothiocyanate. Senyawa tersebut bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain itu lobak juga mempunyai kandungan vitamin A yang dapat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Baca artikel menarik lainnya: Kenalan Sama Si Cantik, Mangga Harum Manis!

Karena manfaat lobak untuk kesehatan mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh hingga mencegah kanker tersebut, maka tidak salah untuk mengkonsumsinya secara rutin. Lobak bisa dibeli dengan mudah termasuk di TaniHub. TaniHub menawarkan berbagai jenis lobak dan juga sayuran, buah, bumbu masak, hingga sembako yang dapat dibeli secara online. Anda bisa memilih jenis lobak yang diinginkan dan dijamin akan mendapatkan lobak yang masih segar dan merupakan hasil tanam dari petani lokal. Sehingga dengan membeli di TaniHub juga akan mendukung pertanian lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
18 − 13 =