Beragam Manfaat Jambu Kristal untuk Ibu Hamil

Ketika sedang hamil, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah menjaga kesehatan ibu hamil dengan mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan gizi yang baik dikonsumsi selama kehamilan. Terutama adalah buah dan sayur dengan kandungan gizi yang lengkap sehingga bisa memberikan berbagai manfaat yang dibutuhkan ibu hamil dan janin. Salah satu buah yang dapat dipilih dengan manfaat kesehatan bagi ibu hamil adalah jambu kristal. Jenis jambu ini menjadi pilihan terbaik karena merupakan jenis jambu yang mempunyai sedikit biji bahkan juga tidak ada bijinya sama sekali. Sehingga hal tersebut akan membuat ibu hamil tidak kesusahan ketika mengkonsumsi jambu kristal.

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Secara Umum

Selain untuk baik dikonsumsi bagi ibu hamil, manfaat kesehatan lainnya yang bisa didapatkan ketika mengkonsumsi jambu biji secara teratur adalah:

  • Baik untuk sistem pencernaan karena mempunyai kandungan serat yang cukup untuk mencegah gangguan pencernaan hingga mengatasi diare
  • Sebagai sumber antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit
  • Mencegah dan mengobati sariawan karena mempunyai kandungan vitamin C
  • Mengobati flu hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Menjaga kesehatan mata dengan mencegah gangguan penglihatan
  • Menjaga sistem kerja dan kesehatan jantung
  • Membantu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan kulit

Baca Artikel Lainnya: Mengenal 8 Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan

Kandungan Jambu Kristal dan Manfaatnya untuk Ibu Hamil

Jambu kristal dapat memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil, sehingga dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan mendukung tumbuh kembang janin. Kandungan dan manfaatnya untuk kesehatan yang bisa didapatkan adalah:

1.Pektin dan Kalium

Jambu biji jenis jambu kristal ini mempunyai kandungan senyawa pektin yang dapat memberikan manfaat untuk menurunkan kolesterol. Saat hamil biasanya dapat membuat kolesterol meningkat karena perubahan hormon dan pola makan yang dipunyai. Sehingga hal tersebut juga membuat kolesterol meningkat yang tidak baik untuk kesehatan. Pektin dapat bermanfaat untuk mengikat kolesterol dan asam empedu untuk selanjutnya dikeluarkan melalui sistem pembuangan. Selain itu jambu biji juga mempunyai kandungan kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

2.Lanin dan Mineral

Jambu kristal mempunyai kandungan lain yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Manfaat ini dapat membantu sirkulasi darah hingga menangkal serangan virus yang dapat berbahaya bagi kesehatan ibu hamil. Selain itu jenis jambu ini juga mempunyai kandungan mineral yang dapat membantu penyerapan nutrisi pada makanan dan minuman. Sehingga hal ini juga akan memberikan manfaat untuk mendapatkan kebutuhan nutrisi lebih baik karena penyerapannya dapat maksimal.

3. Likopen dan Potasium

Setiap jenis jambu biji termasuk jambu kristal mempunyai kandungan likopen yang bermanfaat untuk mencegah penyakit. Senyawa karotenoid tersebut memberikan fungsi sebagai antioksidan sehingga dapat membantu menangkal efek negatif dari radikal bebas. Termasuk juga mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Jambu kristal juga mempunyai kandungan karbohidrat dan potasium yang bermanfaat untuk menjaga berat badan. Kandungan tersebut mencegah ibu hamil mengalami kegemukan atau obesitas. Karena hal tersebut akan berdampak dapat mengganggu pertumbuhan janin hingga proses persalinan. Mengonsumsi jambu biji pada umumnya dapat memberikan manfaat kenyang lebih lama, sehingga bisa menghindari obesitas karena nafsu makan ibu hamil yang tinggi.

4. Magnesium dan Zat Besi

Jambu kristal mempunyai kandungan magnesium yang dapat memberikan manfaat untuk mengendurkan otot saraf yang tegang. Sehingga hal tersebut akan membantu ibu hamil lebih rileks saat kehamilan. Selain itu juga ada kandungan zat besi yang dapat mencegah penyakit anemia karena manfaatnya untuk membentuk hemoglobin. Dengan kandungan gula alami jambu biji juga bisa menekan resiko penyakit diabetes gestational.

Dengan berbagai kandungan dan manfaat kesehatan bagi ibu hamil tersebut, maka bisa memilih buah ini untuk dikonsumsi selama kehamilan. Tetapi pastikan untuk mengkonsumsinya dengan tepat dan tidak secara berlebihan. Untuk mendapatkan jambu kristal maupun jambu biji bisa membelinya dengan mudah di TaniHub. Tempat ini menyediakan pilihan buah dan sayur yang segar dan aman dikonsumsi, termasuk juga jenis buah atau sayur organik. Sehingga akan lebih aman dikonsumsi bagi ibu hamil.

TaniHub adalah e-commerce berbasis aplikasi dan website yang hadir memberikan kemudahan bagi semua orang, baik rumah tangga atau pelaku usaha, untuk memenuhi semua kebutuhan sayur, buah, ikan, hingga sembako langsung dari petani Indonesia.Keuntunganya memakai Tanihub adalah memiliki metode pembayaran yang mudah digunakan, memiliki layanan hubungan pelanggan selama 7 hari dan banyak promo- promo menarik yang membuat hemat tiap minggunya. Ayo download aplikasi Tanihub melalui Play Store dan AppStore serta ikuti informasi menarik melalui Instagram @Tanihub.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
89 + = 97