Berikut Aneka Olahan Nikmat dari Ikan Patin yang Bisa Dibuat di Rumah

Ikan patin termasuk dalam jenis ikan air tawar yang disukai oleh banyak orang, karena dagingnya sendiri terbilang gurih ditambah dengan kandungan gizi yang ada didalamnya tinggi. Ikan patin ini juga mudah untuk dibuat menjadi beragam jenis olahan yang menggugah selera. Baik itu digoreng, direbus ataupun yang lainnya. Harga dari ikan patin ini sendiri memang relatif lebih mahal dibandingkan dengan ikan air tawar yang lainnya, setara dengan masyarakat yang membudidayakannya sendiri yang memang sedikit pula.

Kandungan Gizi dalam Ikan Patin

Berikut Aneka Olahan Nikmat dari Ikan Patin yang Bisa Dibuat di Rumah

Ada banyak nutrisi penting yang terkandung dalam ikan patin ini yang bisa Anda rasakan dengan mengonsumsinya, diantaranya adalah:

  • Protein.
  • Lemak.
  • Magnesium.
  • Folat.
  • Selenium.
  • Fosfor.
  • Kalium.
  • Natrium.
  • Vitamin E.
  • Zinc.
  • Vitamin D.
  • Selenium.
  • Zat besi.
  • Vitamin B12.

Baca Artikel Lainnya: Resep Rahasia Gulai Ikan Patin yang Enak dan Mengenyangkan

Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan

Berikut Aneka Olahan Nikmat dari Ikan Patin yang Bisa Dibuat di Rumah

Sejalan dengan beragam nutrisi yang terdapat dalam ikan patin ini, maka jika dilihat dari manfaatnya sendiri juga sangat banyak dan bagus untuk kesehatan, diantaranya adalah:

  1. Mencegah penyakit kardiovaskular, ikan patin ini kaya akan kandungan asam lemak omega 3 dimana hal tersebut bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Apalagi memang pada dasarnya kolesterol jahat ini memang beresiko tinggi untuk memicu beragam jenis gangguan kardiovaskular, termasuk diantaranya adalah penyakit jantung.
  2. Menjaga kesehatan otak, asam lemak omega 3 ini juga memiliki peran yang penting untuk kesehatan otak. Karena memang dapat meningkatkan memori otak serta konsentrasi. Bagus untuk cegah penyakit yang berhubungan dengan kemunduran memory seperti diantaranya adalah Alzheimer.
  3. Mendukung kesehatan tulang serta otot, ikan patin ini juga mengandung vitamin D serta protein yang tinggi, sehingga bagus untuk kesehatan otot sampai dengan otak.
  4. Cegah anemia, kandungan zat besi, folat sampai dengan vitamin B12 juga terdapat dalam ikan patin. Dimana hal ini bagus digunakan sebagai sumber produksi sel darah merah yang tentunya dapat mencegah penyakit anemia.
  5. Meningkatkan sistem imuns, ikan patin ini juga kaya akan nutrisi yang melimpah sehingga bagus digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga nantinya tak akan mudah untuk terserang penyakit.

Aneka Olahan Nikmat dari Ikan Patin

Berikut Aneka Olahan Nikmat dari Ikan Patin yang Bisa Dibuat di Rumah

Ikan patin tergolong dalam jenis bahan makanan yang mudah diolah, dimana ia bisa Anda gunakan sebagai bahan utama dalam membuat beberapa jenis hidangan ini, yaitu:

  1. Nugget ikan patin, faktanya tak hanya daging ayam saja, melainkan daging ikan patin juga dapat dijadikan sebagai bahan dalam membuat nugget yang nikmat, kombinasikan dengan sayur seperti wortel agar kandungan gizinya lebih seimbang.
  2. Asam padeh ikan patin, adapun juga sayur asam pedas yang dibuat dari ikan patin yaitu asam padeh ini, dibuat dengan rempah lengkap sehingga membuat cita rasanya juga jadi semakin kaya atau nikmat.
  3. Ikan patin bumbu kuning, ini termasuk dalam hidangan favorit semua orang, dimana ikan patin tersebut diramu dengan rempah lengkap sehingga cita rasanya sendiri juga makin pekat nikmat.
  4. Sup ikan patin, olahan sederhana namun untuk rasanya sendiri juga tak perlu khawatir karena memang tidak sesederhana itu, ada rasa asam dari buah tomat hijau.
  5. Pindang ikan patin, ia termasuk hidangan khas dari Sumatera namun cukup terkenal, punya cita rasa yang segar dan pastinya akan membangkitkan nafsu makan Anda dengan mengonsumsi hidangan tersebut.

Baca Artikel Lainnya: 5 Manfaat Tersembunyi Ikan Patin Untuk Kesehatan

Beli bahan-bahan untuk membuat aneka hidangan dari ikan patin di atas secara mudah lewat TaniHub. TaniHub sendiri pada dasarnya merupakan sebuah platform ecommerce berbasis aplikasi yang fokusnya adalah untuk menjual produk-produk hasil pertanian yang ada di Indonesia. Produk-produk yang dijual di TaniHub ini sendiri lebih terjamin kesegarannya karena memang didapatkan secara langsung dari para petani yang baru panen. Jika Anda belanja di TaniHub sebenarnya sudah ikut serta berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian lokal, karena menggunakan produk-produk asli Indonesia. Untuk itu maka bisa segera download aplikasinya dan gunakan untuk berbelanja, karena belanja disini jauh lebih mudah dan hemat.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
8 + 1 =