Berikut Ciri Ayam yang Masih Segar dan Aman Dikonsumsi

Berikut Ciri Ayam yang Masih Segar dan Aman Dikonsumsi

Berikut Ciri Ayam yang Masih Segar dan Aman Dikonsumsi

Daging ayam merupakan bahan utama yang banyak diolah oleh masyarakat. Bahan ini bisa diolah menjadi banyak makanan mulai dari ayam goreng, sate, rica, balado, teriyaki, ayam bakar, dan masih banyak kuliner lainnya yang menggunakan bahan ini. Daging ayam juga merupakan jenis yang paling aman dikonsumsi karena banyak yang menyukai dan bisa makan daging ayam ini. Bagi yang akan masak ayam pastikan untuk memilih daging segar sehingga aman dikonsumsi. Adapun beberapa ciri mudah yang bisa digunakan untuk melihat ciri ayam yang masih segar adalah:

Warna Daging

Tips mudah pertama yang bisa digunakan untuk memilih daging ayam yang masih segar adalah dengan melihat warnanya. Daging yang segar tentunya mempunyai tampilan yang masih segar dan tidak seperti ayam tiren. Warna daging ayam yang segar biasanya mempunyai warna merah muda ataupun kemerahan seperti masih segar. Sedangkan bagi ayam yang mempunyai warna sudah pucat biasanya sudah dipotong satu hingga dua hari sebelumnya. Terakhir bagi ayam potong yang sudah lama akan mempunyai warna yang sudah tidak lagi segar yaitu mempunyai warna biru. Dengan mengamati warna ini menjadi cara mudah untuk mendapatkan daging ayam yang masih segar.

Baca Artikel Lainnya: Ini Dia Tips Memilih Daging Ayam Potong yang Segar

Aroma Daging Ayam

Berikut Ciri Ayam yang Masih Segar dan Aman Dikonsumsi

Tips mudah selanjutnya untuk membeli bahan daging ayam yang masih segar adalah dari aromanya. Hal ini juga mudah sekali untuk dikenali karena apabila ayam yang sudah lama tentunya mempunyai aroma daging yang tidak enak. Hindari untuk memilih daging yang aromanya sudah bau karena menandakan ayam yang sudah lama dipotong. Banyak yang memberikan jeruk untuk dapat menghilangkan bau tersebut, tetapi tentunya hal tersebut masih bisa dikenali apabila teliti untuk memilihnya. Ketika membeli ayam, pilih aroma ayam yang masih segar yaitu dengan aroma yang tidak amis, tidak mempunyai bau menyengat, dan juga bau segar khas ayam baru dipotong.

Tekstur Daging Ayam

Berikut Ciri Ayam yang Masih Segar dan Aman Dikonsumsi

Ciri selanjutnya untuk memilih daging ayam yang masih segar adalah dari tekstur daging yang dimiliki. Untuk ayam yang masih segar mempunyai daging yang masih elastis sehingga bisa diuji dengan menarik daging tersebut. Apabila ayam yang ditekan dagingnya dan bisa untuk kembali ke semula dan tidak meninggalkan bekas, maka hal tersebut menunjukkan bahwa ayam masih dalam keadaan segar. Sedangkan ketika daging ayam tersebut meninggalkan bekas tekanan dan juga lembek dan berlendir menunjukkan daging yang sudah lama. Hindari untuk membeli dan menggunakan daging tersebut untuk dimasak karena tidak akan higienis untuk makanan yang diolah dari daging ayam tersebut.

Suhu Daging Ayam

Berikut Ciri Ayam yang Masih Segar dan Aman Dikonsumsi

Membeli daging ayam yang masih segar juga bisa menggunakan ciri dari suhu yang dimiliki daging tersebut. Daging ayam yang baru dipotong tentunya mempunyai suhu yang masih hangat. Suhu hangat tersebut didapatkan karena ayam potong yang masih baru dibersihkan menggunakan air hangat untuk memudahkan mencabuti bulunya. Sehingga hal tersebut akan membuat suhu daging ayam yang masih hangat menandakan bahwa daging tersebut relatif baru. Apabila membeli daging ayam segar ini segera simpan di suhu pendingin sehingga akan bisa membuat ayam bisa lebih tahan lama sebelum akan dimasak.

Perhatikan Darah dan Lalat di Daging

Berikut Ciri Ayam yang Masih Segar dan Aman Dikonsumsi

Baca Artikel Lainnya: Aneka Olahan Ayam Tahan Lama yang Cocok untuk Ide Bisnis

Tips mudah terakhir untuk memilih daging ayam yang masih segar adalah dengan memperhatikan darah di daging ayam. Apabila ayam masih segar akan tidak banyak darah yang ada terlebih setelah dibersihkan. Hal ini berbeda dengan ayam tiren yang justru membuat ayam tersebut mempunyai banyak bercak darah cukup jelas di dagingnya. Selain itu ayam yang berusaha diawetkan agar tahan lama juga tidak dihinggapi oleh lalat. Sehingga pilihlah daging ayam yang masih mau untuk dihinggapi alat karena menandakan bahwa ayam tersebut masih segar dan aman untuk dinikmati.

Selain mengetahui ciri memilih ayam yang masih segar seperti di atas, cara terakhir yang bisa digunakan mendapatkan daging ayam segar adalah dengan memilih tempat membelinya. Pilih tempat yang terpercaya yaitu di TaniHub untuk mendapatkan daging ayam segar. Daging ayam yang dibeli online di tempat ini dijamin kesegarannya dan menawarkan keunggulan lainnya seperti bagian yang beragam, harga terjangkau, dan juga pengiriman cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
+ 34 = 37