Bisa Dikonsumsi Saat Diet, Berikut Manfaat Mengkonsumsi Udang Bagi Kesehatan Tubuh

Seafood atau makanan laut biasanya menjadi salah satu hidangan favorit bagi banyak orang. Selain karena memiliki citarasa yang enak dan lezat, makanan laut dipercaya juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Salah satu jenis makanan laut yang cukup banyak digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa adalah udang. Udang bisa diolah menjadi masakan yang nikmat, baik ketika diolah dengan cara digoreng, direbus, dipanggang, maupun dengan cara pengolahan yang lain. Menariknya, udang juga bisa dikonsumsi ketika Anda sedang menjalankan diet. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi, seperti protein, vitamin D, dan sedikit karbohidrat di dalamnya sangat tepat untuk membantu menurunkan berat badan.

Pengertian Udang

Bisa Dikonsumsi Saat Diet, Berikut Manfaat Mengkonsumsi Udang Bagi Kesehatan Tubuh

Udang merupakan salah satu makanan laut yang sangat kaya akan kandungan nutrisi. Makanan ini memiliki ukuran yang kecil dan termasuk dalam golongan hewan tidak bertulang belakang (Invertebrata). Salah satu boga bahari yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia ini juga memiliki tekstur daging yang lembut dan mudah untuk diolah menjadi berbagai macam masakan. Anda bisa mengolah udang dengan cara digoreng, dibakar, atau bisa juga dengan cara dikukus.

Di Indonesia, udang banyak digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan makanan lain, seperti kerupuk, terasi, bakwan, dll. Ada banyak sekali jenis udang yang bisa kita jumpai dan bisa diolah menjadi makanan yang lezat, seperti udang jerbung, udang peci, udang galah, udang pancet, udang dogol, udang vaname, udang kipas, dan udang rebon.

Baca Juga: Ciri-Ciri Udang yang Masih Segar

Kandungan Nutrisi dalam Udang

Bisa Dikonsumsi Saat Diet, Berikut Manfaat Mengkonsumsi Udang Bagi Kesehatan Tubuh

Udang mengandung banyak sekali nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Dalam 85 gram udang matang terdapat kandungan kalori 84 gram dan protein 20 gram. Selain itu, juga terdapat kandungan berbagai mineral penting, seperti kalsium, fosfor, kalium, magnesium, dan zinc. Udang juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, antioksidan, serta yodium yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk kandungan lemak dalam udang tergolong sangat rendah. Sehingga tetap bisa dikonsumsi saat Anda sedang diet.

Manfaat Udang untuk Kesehatan

Bisa Dikonsumsi Saat Diet, Berikut Manfaat Mengkonsumsi Udang Bagi Kesehatan Tubuh

Karena mengandung banyak nutrisi di dalamnya, tidak heran jika mengkonsumsi udang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Adapun manfaat udang untuk kesehatan, antara lain:

1.Membantu pembentukan sel dan jaringan tubuh.

Protein sangat diperlukan dalam proses pembentukan sel dan jaringan baru dalam tubuh. Dan udang memiliki kandungan protein yang diperlukan oleh tubuh ini. Selain itu, protein dalam udang juga diperlukan tubuh untuk memproduksi berbagai hormon dan enzim.

2.Membantu produksi hormon tiroid.

Udang memiliki kadar yodium yang tinggi. Yodium ini sangat diperlukan oleh tubuh, terutama dalam produksi hormon tiroid. Hormon tiroid dalam tubuh berguna untuk proses metabolisme. Sehingga dengan mencukupi kebutuhan yodium tubuh maka akan menghindarkan seseorang dari resiko terkena penyakit gondok dan kemandulan.

3.Bagus untuk kesehatan jantung.

Udang memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang memiliki peran penting bagi kesehatan jantung.

4.Menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Kalsium yang terkandung dalam udang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium ini juga bisa berguna untuk membantu kerja otot, mempercepat proses pembekuan darah, dan meningkatkan produksi hormon tubuh.

Baca Juga: 4 Manfaat dan Resiko Mengonsumsi Udang untuk Kesehatan

Pastikan untuk berbelanja udang yang segar dan berkualitas. TaniHub bisa menjadi pilihan tempat berbelanja bahan makan segar yang tepat untuk kebutuhan konsumsi Anda dan keluarga. Hal ini lantaran TaniHub menawarkan banyak sekali keunggulan berikut ini:

  • Produk yang selalu segar.
  • Memiliki layanan pengantaran yang cepat.
  • Bisa pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  • Ada layanan pelanggan selama 7 hari.
  • Banyak promo menarik tiap minggunya.
  • Mendukung penuh kepuasan pelanggan.
  • Turut mendukung pertanian dan perekonomian lokal.
  • Belanja lebih mudah dan praktis, bisa melalui website atau aplikasi online.

Di TaniHub juga tersedia berbagai kebutuhan konsumsi lainnya, seperti sayur, buah, telur, unggas, bumbu, kebutuhan memasak, serta sembako. Ayo download aplikasi Tanihub melalui AppStore dan Play Store sekarang juga. Untuk saat ini area jangkauan untuk layanan TaniHub baru tersedia di Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, dan Bali.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
35 − 33 =