Bisa Diolah Menjadi Hidangan Lezat, Ini Manfaat Mengonsumsi Terong Bagi Kesehatan

Untuk teman makan bersama nasi, olahan dari sayur-sayuran seperti terong memang sangatlah nikmat. Karena biasanya terong bisa dibuat berbagai olahan masakan yang lezat, seperti terong balado, sayur lodeh, sayur asem, terong krispi, hingga lalapan. Tekstur terong sangat yang lunak, sehingga bisa dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa. Di Indonesia, terong menjadi salah satu jenis sayuran yang cukup digemari.

Pengertian Terong 

Bisa Diolah Menjadi Hidangan Lezat, Ini Manfaat Mengonsumsi Terong Bagi Kesehatan

Terong merupakan salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ciri khas dari sayur ini adalah bentuknya yang lonjong dan panjang, kulit luarnya berwarna ungu atau hijau, serta memiliki tekstur yang empuk. Di Indonesia, terong cukup mudah dijumpai di pasar tradisional, supermarket, bahkan toko online karena banyak dibudidayakan oleh masyarakat setempat. Harganya relatif sangat terjangkau untuk didapatkan. Di Indonesia, terong kerap diolah menjadi berbagai masakan lezat, baik itu dengan cara digoreng, di sayur, atau bahkan dijadikan sambal. Selain enak dikonsumsi, terong ternyata juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh. 

Jenis-Jenis Terong yang Populer di Indonesia

Bisa Diolah Menjadi Hidangan Lezat, Ini Manfaat Mengonsumsi Terong Bagi Kesehatan

Selama ini terong yang cukup familiar digunakan adalah jenis terong ungu. Namun sebenarnya jenis terong ada banyak. Sehingga bagi Anda yang menyukai sayuran yang satu ini, sebaiknya ketahui beberapa jenisnya yang populer di Indonesia, yaitu:

  • Terong ungu, sesuai dengan namanya untuk jenis ini kulit luarnya berwarna ungu dengan daging sayur di dalamnya yang berwarna gadung dan berbiji kecil-kecil.
  • Terong bulat, biasa digunakan pada makanan Sunda maupun lalapan. Ciri khas tering ini adalah bentuknya yang bulat dengan kulit luar berwarna hijau agak keputihan, seperti kulit mentimun.
  • Terong Belanda, jenis ini kulitnya berwarna kemerah-merahan, jingga, atau kekuningan. Sesuai dengan namanya, terong yang satu ini berasal dari Belanda.
  • Leunca (Ranti), bentuk sangat kecil dan hampir menyerupai kersen. Untuk warna kulitnya hijau saat muda dan keunguan ketika sudah tua atau matang.
  • Terong hijau, jenis ini memiliki warna kulit hijau dengan bentuk dan tekstur seperti terong ungu. 

Baca Artikel Lainnya: Sayuran yang Harus Dihindari Saat Diet

Kandungan Terong 

Bisa Diolah Menjadi Hidangan Lezat, Ini Manfaat Mengonsumsi Terong Bagi Kesehatan

Ada banyak sekali kandungan nutrisi yang terdapat dalam terong. Dimana setidaknya dalam 100 gram terong mengandung berbagai nutrisi berikut ini:

  • Air 92,3 gram
  • Energi 25 Kalori
  • Karbohidrat 5,88 gram
  • Protein 0,98 gram
  • Lemak 0,18 gram
  • Serat 3 gram
  • Zat besi 0,23 miligram
  • Kalsium 9 miligram
  • Magnesium 14 miligram
  • Kalium 2 miligram
  • Fosfor 24 miligram
  • Seng 0,16 miligram
  • Vitamin C 2,2 miligram
  • Folat 22 mikrogram
  • Beta karoten 14 mikrogram
  • Lutein dan zeaxanthin 36 mikrogram

Manfaat Terong Bagi Kesehatan 

Bisa Diolah Menjadi Hidangan Lezat, Ini Manfaat Mengonsumsi Terong Bagi Kesehatan

Dengan kandungan nutrisi dan vitamin di dalam terong, tidak heran jika mengonsumsinya akan sangat bagus dampaknya bagi kesehatan. Adapun manfaat kesehatan yang bisa didapatkan, antara lain:

  1. Mencegah dari penyakit jantung.

Mengonsumsi terong sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab kandungan kalium, serat, vitamin B6, vitamin C, dan fitonutrien yang berguna untuk melindungi kesehatan jantung.

  1. Mengendalikan kadar kolesterol.

Senyawa asam klorogenat dalam terong bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan menurunkan berat badan. Selain itu juga berfungsi sebagai antivirus, anti karsinogen, dan anti mikroba. Sehingga mengonsumsi terong bisa membantu menghindarkan dari berbagai penyakit berbahaya.

  1. Menjaga kesehatan otak.

Kulit terong mengandung nasunin yang berguna untuk melindungi membran sel otak dari ancaman radikal bebas. Selain itu, juga berguna untuk melancarkan proses distribusi zat gizi pada sel-sel tubuh. Sehingga mengonsumsi terong beserta kulitnya akan sangat bagus bagi kesehatan otak.

  1. Mengurangi resiko terkena penyakit kanker.

Kandungan polifenol dan antosianin yang ada pada terong dipercaya mempu memperlambat dan menghentikan sel-sel kanker dalam penyebarannya.

  1. Bagus untuk kesehatan kulit.

Bagi Anda yang mengalami permasalahan kulit kering dan kusam, mengonsumsi terong bisa menjadi salah satu solusinya. Hal ini lantaran terong mengandung antioksidan dan air sekitar 92% di dalamnya. Sehingga mengonsumsi terong akan membantu melembabkan dan menutrisi kulit dari dalam. 

Dengan banyaknya manfaat terong bagi kesehatan, maka Anda bisa memasukkannya dalam daftar menu harian. Apalagi terong sangat mudah diolah menjadi berbagai sajian lezat. Untuk berbelanja kebutuhan terong maupun sayuran segar lainnya, kini ada cara mudah dan praktisnya. Anda bisa menggunakan aplikasi belanja online yang sudah terpercaya, seperti TaniHub. Berbasis aplikasi online maupun website, berbelanja online di TaniHub menawarkan banyak kemudahan. Terlebih karena bisa dilakukan via smartphone saja, sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
+ 42 = 44