Makanan Berbahan Dasar Buah Pisang

Makanan Berbahan Dasar Buah Pisang

Makanan Berbahan Dasar Buah Pisang

Pasti anda suka buah pisang bukan. Pisang merupakan salah satu buah favorit keluarga Indonesia. Pisang sangat mudah ditemukan dimana saja dan harganya pun cukup terjangkau. 

Selain itu, kandungan vitamin dan mineral dari buah ini juga sangat baik untuk kesehatan. Bayangkan saja, dalam 1 buah pisang mengandung energi, protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, dan berbagai vitamin. 

Manfaat pisang juga banyak. Beberapa di antaranya adalah mengatur gula darah dalam tubuh, sumber energi, serat, dan kalium, serta menjaga kesehatan jantung dan ginjal. Selain dikonsumsi langsung, pisang juga bisa dibuat menjadi berbagai makanan. Berikut adalah 10 resep dengan pisang.

Muffin pisang favorit anak-anak

Makanan Berbahan Dasar Buah Pisang

Muffin atau cupcake merupakan menu yang selalu disukai oleh anak-anak. Membuatnya dari pisang akan menambah nutrisi pada mereka. Bahan yang digunakan cukup sederhana. Tentu dengan tambahan margarin, gula, dan telur. Selain itu, banana muffin bisa ditambah dengan kismis, choco chips, atau sejenisnya.

Sarapan sehat dan lezat dengan pancake pisang

Makanan Berbahan Dasar Buah Pisang

Mencari ide sarapan yang menarik? Coba pancake pisang. Cukup dengan menumbuk pisang, telur, dan oatmeal secukupnya, Anda sudah bisa membuat adonan pancake pisang. Jangan lupa potongan buah untuk sarapan yang lebih sehat.

Kue pisang untuk camilan sehat

Makanan Berbahan Dasar Buah Pisang

Banana sponge memiliki aroma dan tekstur khas yang menggoda lidah. Jika pisang sudah matang, sebaiknya kurangi jumlah gula dari jumlah biasanya. Ini karena, pisang matang biasanya mengandung gula yang tinggi. Sedangkan isiannya bisa ditambah kismis, choco chips, atau apa saja sesuai selera.

Biskuit pisang sebagai camilan yang enak

Makanan Berbahan Dasar Buah Pisang

Kreasi selanjutnya adalah biskuit pisang. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain mentega cair, gula, telur, vanili, pisang, tepung terigu, soda kue, garam, oatmeal, dan choco chips. Pilih pisang yang sudah matang untuk rasa yang manis dan aroma yang lebih terasa. Sementara oatmeal ditambahkan untuk memberikan tekstur.

Karena menggunakan pisang mengandung banyak gula, Anda dapat memanggangnya lebih cepat daripada kue lainnya. Untuk yang satu ini, cukup 11-12 menit saja atau sampai bagian bawahnya terlihat kecoklatan. Setelah itu, biskuit pisang bisa disimpan dalam wadah kedap udara. Anda juga bisa mendinginkannya agar lebih tahan lama.

Baca Juga: Manfaat Pisang Dan Bolehkah Untuk Penderita Diabetes

Mudah dan enak: Roti bakar pisang

Ingin membuat kreasi makanan dari pisang yang mudah, cepat, dan dengan bahan bahan yang ada di rumah? Roti bakar pisang bisa jadi pilihan. Agar rasanya lebih enak, Anda bisa memotong pisang dan memanggangnya terlebih dahulu. Rasa pisang bakar yang dihasilkan akan lebih lembut dan manis. Tambahkan coklat dan keju sesuai selera.

Es krim pisang untuk menu dingin

Pisang sering digunakan sebagai bahan dasar milkshake. Ternyata, pisang juga enak sebagai bahan dasar es krim. Hancurkan pisang dan susu, tambahkan potongan buah yang diinginkan. Tambahkan madu untuk rasa yang lebih manis. Masukkan ke dalam wadah dan simpan dalam freezer hingga beku. Bahkan es krim buatan sendiri pun rasanya siap dibandingkan dengan yang ada di pasaran!

Banana nugget untuk camilan modern

Banana nugget adalah makanan favorit semua orang. Anda juga bisa membuatnya sendiri karena cukup mudah. Hancurkan pisang matang dengan garpu, tambahkan oatmeal sampai cukup kental untuk membuat adonan. Jika masih lengket bisa ditambahkan sedikit tepung dan gula.

Kemudian bentuk adonan seperti nugget atau kroket. Diamkan sebentar di lemari es, lalu keluarkan lagi jika adonan sudah agak keras. Lumuri dengan tepung panir hingga merata dan goreng hingga kecoklatan. Tambahkan coklat leleh dan keju untuk rasa yang lebih nikmat.

Pisang pie

Makanan Berbahan Dasar Buah Pisang

Anda berkreasi dengan membuat pai pisang.Bahan-bahannya adalah pisang, tepung terigu, margarin, gula halus, susu kental manis, susu cair, kuning telur, dan tepung maizena. Cara membuatnya sama seperti pie biasa, hanya saja di isian susunya ditambahkan potongan pisang. Rasa? Tentu lebih legit!

Kue Nagasari

Pisang juga sering menjadi bahan dasar kue tradisional. Salah satunya adalah kue nagasari. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah tepung beras, tepung sagu, gula pasir, santan, daun pandan, garam, dan pisang. Potong pisang menjadi 3 atau 4 cm untuk ditempatkan di tengah adonan. 

Baca Juga: Ingin Diet Konsumsi Pisang Ini Menjadi Solusinya

Sedangkan cara membuat adonannya adalah dengan memasak santan, gula pasir, garam dan daun pasir hingga mendidih. Letakkan kembali di atas kompor dan aduk hingga mengental. Siapkan daun pisang dan letakkan adonan di atasnya. Tambahkan irisan pisang dan adonan siap untuk ditutup. Nagasari juga siap disajikan untuk keluarga tercinta.

Diatas tersebut adalah berberapa makanan yang berbahan pisang. Kamu bisa mendapatkan berbagai buah dan pisang dengan mudah di TaniHub. Menawarkan pembelian secara online yang akan diantar langsung ke rumah. Selain itu, juga mempunyai banyak keuntungan yaitu banyak promo di setiap minggunya dan bermacam metode pembayaran. Cek aplikasinya sekarang disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
− 1 = 2