Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi Selain Jeruk

Selama ini buah yang paling dikenal mengandung sumber vitamin C yang tinggi adalah jeruk. Padahal jika kita telusuri lebih jauh, selain jeruk, masih banyak buah-buahan lain yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, bahkan lebih kaya kandungan vitamin C dari jeruk.

Vitamin C sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sehingga sangat diperlukan dan penting untuk tubuh. Beberapa manfaat vitamin C bagi tubuh adalah meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, membantu pembentukan kolagen, dan sebagai antioksidan bagi tubuh. Berikut beberapa buah yang mengandung vitamin c tinggi selain jeruk.

Buah Yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Jambu Biji

Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi Selain Jeruk

Buah ini mengandung vitamin C paling tinggi. Dalam satu buah jambu biji terdapat lebih dari 200 mg vitamin C, melebihi kandungan vitamin C jeruk (50-70 mg dalam satu buah). Jambu biji juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang sangat baik untuk tubuh.

Kiwi

Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi Selain Jeruk

Buah ini juga banyak mengandung vitamin C. Jumlahnya bahkan melebihi jeruk, yaitu 84 mg terkandung dalam satu buah kiwi. Kiwi juga kaya akan antioksidan yang sangat membantu dalam melawan berbagai macam radikal bebas di dalam tubuh.

Pepaya

Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi Selain Jeruk

Setengah buah pepaya mengandung sekitar 95 mg vitamin C. Jumlah ini sedikit lebih tinggi dari kandungan vitamin C jeruk. Selain itu, pepaya juga kaya akan serat yang berfungsi memperlancar pencernaan, vitamin A yang membantu menjaga kesehatan mata, dan vitamin B yang bermanfaat untuk metabolisme tubuh.

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Mengkonsumsi Buah Jambu Biji Dan Daunnya

Nanas

Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi Selain Jeruk

Dalam 3,5 ons buah tropis ini terdapat 48 mg vitamin C. Oleh karena itu, nanas merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Nanas juga terkenal dengan kandungan bromelainnya, yaitu enzim pencernaan yang membantu memecah protein dalam makanan. dan berfungsi sebagai anti inflamasi.

Stroberi

Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi Selain Jeruk

Setengah gelas stroberi (125 ml jus stroberi asli) mengandung 52 mg vitamin C. Meski mengandung vitamin C lebih sedikit dibandingkan jeruk, stroberi tak kalah bermanfaat bagi tubuh. Mengkonsumsi buah ini secara teratur akan membantu mencegah kanker, peradangan, dan penuaan dini.

Mangga

Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi Selain Jeruk

Satu buah mangga mengandung 60 mg vitamin C. Jumlah ini sama dengan kebutuhan vitamin C harian yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Mangga juga kaya serat dan fitonutrien, seperti karotenoid dan polifenol, yang dapat membantu melindungi dari kanker.

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Buah Naga untuk Bayi

Leci

Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi Selain Jeruk

Ada 132 mg vitamin C dalam 100 gram buah ini. Leci juga mengandung polifenol yang merupakan antioksidan bagi tubuh sehingga sangat baik untuk menangkal radikal bebas.

Blackcurrant

Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi Selain Jeruk

Dalam 68 gram kismis hitam terdapat sekitar 200 mg vitamin C. Umumnya buah ini dikonsumsi sebagai minuman dalam bentuk jus.

Tomat

Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi Selain Jeruk

Buah ini juga mengandung likopen yang dapat meningkatkan hormon adiponektin dalam tubuh. Hormon ini dikatakan mampu mengatur kadar lemak dan mencegah obesitas yang memicu kanker payudara. Zat ini juga mampu menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara.

Paprika

Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi Selain Jeruk

Paprika lebih sering digunakan sebagai pelengkap sayuran dalam masakan. Meski begitu, kandungan vitamin C dalam paprika cukup tinggi, yaitu 183 mg dalam setiap 100 gram buah. Jenis paprika yang paling baik dikonsumsi dan mengandung banyak vitamin C adalah paprika kuning.

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Manfaat Vitamin C. Jenis vitamin ini berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit manusia serta merupakan jenis vitamin yang mudah larut dalam air. Vitamin ini dapat ditemukan dengan mudah pada buah-buahan dan sayuran di sekitar kita seperti jeruk, kiwi, stroberi, cabai, brokoli.

Mencegah Penyakit dan Melawan Sel Kanker

Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi Selain Jeruk

Fungsi pertama adalah sebagai antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Vitamin C sendiri akan menjadi kekuatan bagi tubuh untuk melawan penyakit dan sel kanker. Oleh karena itu, penyakit seperti batuk dan pilek dapat dicegah dengan memenuhi kebutuhan vitamin ini dalam tubuh.

Meningkatkan Mood

Bagi Anda yang sering mengalami perubahan suasana hati dan sering merasa cemas dan cemas, inilah saatnya Anda mengatasinya. Makan buah-buahan, sayuran atau suplemen vitamin akan menstabilkan suasana hati Anda.

Mencegah Penuaan Dini

Vitamin C membantu menghambat penuaan sel sehingga mencegah penuaan dini. Oleh karena itu, vitamin C sendiri sedang populer di kalangan wanita untuk menjaga kesehatan tubuh. Vitamin C akan membantu tubuh memproduksi kolagen yang merupakan protein yang dibutuhkan untuk membantu mencegah keriput.

Itulah informasi buah yang mengandung vitamin C selain jeruk. Kamu bisa mendapatkan buah yang segar di Tanihub. Tanihub adalah sebuah platform e-commerce yang berbasis aplikasi dan website. Memiliki fokus utama terhadap produk hasil pertanian dan berbagai kebutuhan masak untuk usaha ataupun rumah tangga. Dari segi harga juga terjangkau, bahkan ada banyak promo-promo menarik di tiap minggunya. Hadir di berbagai kota-kota besar di Indonesia mulai dari Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Jogja, Solo, Semarang, hingga Bali.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
38 − 33 =