Inilah Ciri-ciri dan Cara Beternak Ayam Broiler

Inilah Ciri-ciri dan Cara Beternak Ayam Broiler

Inilah Ciri-ciri dan Cara Beternak Ayam Broiler

Ayam broiler merupakan salah satu jenis ayam pedaging hasil persilangan berbagai jenis ayam yang memiliki produktivitas daging yang tinggi. Dengan produktivitas yang tinggi, hal ini menjadi faktor utama bagi para peternak ayam untuk selalu membudidayakan ayam pedaging jenis ini. Ayam pedaging jantan dan betina tentunya memiliki bobot yang berbeda. Di antara keduanya, bobot yang diunggulkan adalah jenis ayam pedaging jantan.

Produktivitas daging ayam broiler sangat tinggi. Dengan didukung masa panen yang relatif cepat yaitu 35-40 hari, banyak orang yang merasa beruntung dalam memelihara ayam pedaging ini. Genetika yang berasal dari ayam ini dinilai sangat baik. 

Karena hasil persilangan tersebut dalam sistem yang berkelanjutan. Gen yang dihasilkan ayam pedaging memang baik dan berkualitas, namun jika tidak didukung dengan pakan dan lingkungan yang baik maka genetiknya pada akhirnya akan menurun kualitasnya.

Ciri-Ciri Ayam Broiler Yang Sehat

Baca Artikel Lainnya: Ini Kelebihan dari Daging Ayam Broiler Jika Dikonsumsi

  • Ayam broiler memiliki tubuh yang gemuk.
  • Kulit di bawah dan di sekitar ekor mengandung banyak lemak.
  • Kulitnya mengkilat dan mudah sobek.
  • Dagingnya empuk dan kenyal saat dipegang.
  • Nafsu makan cukup baik.
  • Ayam memiliki mata, wajah, dan bulu yang cerah.
  • Memiliki gerakan yang lincah.

Harga ayam broiler saat ini fluktuatif, kadang harganya tinggi dan bisa juga rendah. Kapan harga broiler turun? Belakangan ini harga ayam broiler turun. Karena jumlah pemasok ayam ini sangat banyak yang membuat harga ayam jenis ini turun.

Kapan harga ayam broiler naik? Biasanya harga ayam broiler akan naik menjelang lebaran. Karena banyak orang yang menyiapkan masakan saat lebaran. Bisakah Ayam Broiler Bertelur dan Bisa Ditetaskan? Ayam broiler dapat bertelur tetapi tidak untuk menetas. Biasanya telur ayam ras digunakan oleh masyarakat untuk konsumsi saja.

Ayam broiler bertelur saat berumur 8 bulan. Karena pada umur tersebut produktivitas ayam sudah baik. Ayam ini juga bisa menghasilkan 30 butir telur dalam satu periode. Ayam broiler biasanya tidak bisa mengerami telurnya, karena ayam ini bukan jenis ayam petelur melainkan jenis ayam pedaging. Cara membuat ayam pedaging cepat bertelur adalah dengan memberikan pakan yang berkualitas. Dengan pakan yang berkualitas, ayam broiler juga akan cepat bertelur.

Ayam Pedaging

Jika anda ingin mengembangkan usaha peternakan ayam pedaging. Jadi pastikan terlebih dahulu bahwa indukan ayam pedaging tersebut berkualitas baik. Karena dengan indukan yang berkualitas akan mempengaruhi pertumbuhan DOC ayam yang akan diternak. Ciri-ciri indukan yang berkualitas adalah sehat, bentuk tubuh proporsional, jinak, daya tahan tubuh dan berasal dari indukan yang baik.

Cara Beternak Ayam Broiler

Biasanya peternak membiakkan ayam broiler dengan cara inseminasi. Inseminasi adalah sperma ayam jantan yang diambil menggunakan jarum suntik dan kemudian disuntikkan ke ayam betina. Cara ini biasa dilakukan oleh para petani. Karena mudah dan praktis, banyak peternak yang menggunakan cara ini.

Pakan Ayam Broiler

Pakan adalah hal terpenting bagi semua hewan. Sebanyak 70% dari total biaya digunakan untuk membeli pakan dalam pemeliharaan ayam pedaging ini. Untuk fase starter bisa diberikan crumble dan untuk growth atau grower bisa diberikan pellet. 

Pemberian pakan harus efektif dan efisien agar menghasilkan ayam broiler yang berkualitas. Selain memberikan pakan yang berkualitas, tentunya juga perlu ada berbagai macam vitamin yang tentunya akan membuat ayam broiler tetap tumbuh sehat. Untuk vitamin tersebut, Anda bisa mendapatkannya di toko obat hewan terdekat.

Kandang Ayam Broiler

Baca Artikel Lainnya: Cara Beternak Ayam Broiler di Pekarangan Rumah

Kandang merupakan salah satu aset peternak yang memiliki jangka waktu yang lama. Diharapkan para peternak dapat membuat atau mendesain kandang dengan baik sesuai dengan standar pembuatan. Untuk kandang ayam broiler yang biasa digunakan yaitu berupa kandang Close House.

Kandang close house ini dilengkapi dengan peralatan canggih yang dapat memudahkan peternak untuk memantau perkembangan ayam broiler. Pada kandang close house ini terdapat blower yang berfungsi untuk menyerap panas di dalam kandang. 

Sehingga suhu di dalam kandang bisa sesuai dengan yang dibutuhkan oleh ayam pedaging. Untuk DOC ayam broiler belum mampu beradaptasi dengan angin kencang. Oleh karena itu, kandang ayam broiler sebaiknya ditutup dan dilengkapi dengan ventilasi yang tidak terlalu besar.Ketika memilih ayam pastikan bahan tersebut masih segar. Sehingga selain dapat memberikan makanan yang sehat, tetapi juga akan memberikan rasa yang nikmat. Untuk membeli ayam segar, Anda bisa mendapatkannya di TaniHub yang menyediakan berbagai jenis ayam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
77 − = 73