Cara Membuat Mie Ayam Special di Rumah

Cara Membuat Mie Ayam Special di Rumah

Cara Membuat Mie Ayam Special di Rumah

Mie ayam merupakan makanan yang mudah ditemukan dimana-mana baik di pinggir jalan hingga ditawarkan di restoran mahal. Menu ini menjadi makanan favorit karena mempunyai rasa yang enak, membuat kenyang, dan juga harganya yang terjangkau. Akan tetapi ketika membelinya di pinggir jalan misalnya banyak yang menyangsikan kebersihan mie ayam tersebut. Oleh karena itulah bagi penggemar mie ayam bisa untuk membuatnya sendiri di rumah dengan mudah sehingga bisa menjaga kesehatan dan membuat mie ayam yang lebih higienis untuk dinikmati.

Selayang Pandang Resep Mie Ayam Special

Untuk membuat mie ayam special membutuhkan bahan dan juga cara pembuatan yang tidak banyak berbeda dengan mie ayam pada umumnya. Akan tetapi untuk keuntungan yang didapatkan adalah bisa untuk mendapatkan mie ayam yang lebih sehat untuk dikonsumsi. Dengan membuat mie ayam sendiri di rumah bisa memilih bahan yang digunakan dengan lebih teliti, sehingga akan bisa mendapatkan bahan yang sehat, dicuci dengan bersih, dan juga memastikan bahwa tidak mengalami gangguan pencernaan setelah mengonsumsi makanan enak tersebut. Resep bumbu mie ayam special ini mempunyai waktu yang cepat untuk memasaknya yaitu hanya 40 menit saja. 20 menit untuk menyiapkan berbagai bahannya dan total memasaknya juga 20 menit saja. Untuk bahan yang digunakan di bawah ini bisa untuk menyiapkan mie ayam spesial untuk 3 porsi dan kalori 300 kcal.

Bahan Mie Ayam Special

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk cara membuat mie ayam special di rumah adalah dengan menyiapkan bahannya terlebih dahulu. Ada beberapa jenis bahan yang perlu disiapkan membuat mie ayam ini yaitu:

  • Bahan utama mie ayamnya siapkan: ½ kg mie ayam telur, minyak ayam 100 ml, kecap asin 100 ml, daging ayam rebus yang dipotong-potong 300 gram, kecap manis 3 sdm, kecap inggris 2 sdm, daun bawang 2 batang, dan bumbu penyedap dan bawang goreng.
  • Bumbunya siapkan 3 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, ketumbar 1 sdt, kunyit, jahe, dan 4 butir kemiri.
  • Bahan kaldunya siapkan 2 liter air, tulang ayam ½ kg, garam ½ sdt, lada bubuk ½ sdt.
  • Minyak ayam siapkan kulit ayam dan lemaknya dan bawang putih 2 siung yang dimemarkan.

Baca Artikel Lainnya: Inilah Ciri-ciri dan Cara Beternak Ayam Broiler

Cara Membuat Kaldu dan Minyak Ayam

Cara membuat mie ayam spesial yang dapat dilakukan di rumah ini pertama bisa untuk membuat kaldu ayam dan minyak ayamnya. Untuk langkah yang bisa diikuti adalah:

  • Langkah membuat kaldunya cukup untuk memanaskan 2 liter air dan kemudian masukkan tulang ayam. Tambahkan ½ sdt garam, ½ sdt lada bubuk ke dalam rebusan tersebut dan tunggu mendidih.
  • Langkah membuat minyak ayamnya cukup dengan mengambil kulit ayam dan lemaknya. Kemudian masak di atas penggorengan menggunakan api kecil. Masukkan juga bawang putih, dan tinggal tunggu minyak keluar dari daging ayam.

Cara Membuat Tumis Bumbu

Cara membuat mie ayam selanjutnya adalah membuat tumis bumbunya dengan mengikuti langkah:

  • Pertama haluskan terlebih dahulu bumbu yang akan digunakan menggunakan blender atau menggunakan ulekan.
  • Tumis bumbu halus tersebut sampai aromanya harum.
  • Masukkan ayam dan aduk hingga bumbunya meresap dan juga tercium harum.
  • Tambahkan penyedap dan angkat terlebih dahulu.

Baca Artikel Lainnya: Resep Soto Ayam yang Enak Bagi Ibu Hamil

Cara Membuat Mie Ayam Special

Setelah semua langkah di atas sudah dilakukan maka terakhir bisa untuk membuat mie ayam spesial dengan cara berikut ini:

  • Masukkan minyak ayam ke dalam mangkok yang sudah disiapkan. Tambahkan dengan penyedap rasa.
  • Rebus mie dan sawi hingga matang dan masukkan ke dalam mangkok. Aduk hingga bumbunya merata dengan mie dan sawi.
  • Masukkan tumisan ayam, bawang goreng, dan pangsit sesuai selera.

Di atas merupakan langkah mudah untuk cara membuat mie ayam spesial yang bisa dibuat dirumah. Berbagai bahan tersebut mulai dari mie, ayam, dan juga berbagai bumbu bisa didapatkan dengan mudah di TaniHub. Selain membuat mie ayam sendiri, ada juga mie instan dengan rasa mie ayam seperti Lemonilo Mie Ayam Bawang atau Sedap Mie Ayam Bawang yang juga bisa dibeli di TaniHub. Menawarkan pengiriman cepat dan area layanan luas mulai dari wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, dan banyak kota lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
46 − 40 =