Ketahui Bagaimana Cara Terbaik Menyimpan Tomat Agar Tahan Lama !

Ketahui Bagaimana Cara Terbaik Menyimpan Tomat Agar Tahan Lama !

Tomat termasuk dalam kategori buah sayur yang banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu dalam dunia kuliner maupun kecantikan. Tidak bisa dipungkiri memang jika seandainya sayuran yang satu ini kaya akan manfaat bagi tubuh. Ia enak dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan beragam jenis hidangan yang tentunya tak kalah menggugah selera. Seperti dengan di jus, kemudian juga dibuat salad dan masih banyak lagi.

Ketahui Bagaimana Cara Memilih dan Menyimpan Tomat dengan Benar Agar Tidak Cepat Busuk Berikut Ini!

Tips Memilih Tomat yang Tepat

Bagi Anda yang ingin menyetok persediaan buah tomat di rumah, maka penting sekali untuk tidak sembarangan dalam membelinya, kenali bagaimana tips dalam memilihnya berikut ini, yaitu:

  1. Pilihlah tomat yang tidak terlalu merah, tingkat kematangan dari tomat dapat dilihat dari warnanya. Semakin merah tomat tersebut menunjukkan bahkan ia sudah sangat matang. jadi jika seandainya Anda membeli yang berwarna merah merekah tentunya ia tak akan tahan lama, karena sudah sangat matang, jadi pilihlah yang tidak terlalu merah;
  2. Pilih yang ukurannya besar, karena dengan ukuran yang benar ini menunjukkan bahwa buah tersebut memiliki jumlah atau kandungan air yang besar, tampak begitu segar memang untuk dikonsumsi.
  3. Pilihlah yang masih terasa berat ketika diangkat, ditambah lagi dengan kondisi kulit yang masih kencang juga tidak ada noda di bagian tersebut, hal ini menunjukkan buah tersebut dalam kondisi yang sehat.
  4. Jangan memilih tomat yang ringan, juga punya permukaan kulit kusut sampai kering, karena ia sudah terlalu matang dan pastinya tak akan tahan lama.
  5. Utamakan memilih yang masih terdapat tangkai, ini adalah tomat yang masih fresh.
  6. Hindari memilih yang sudah bonyok dan juga pada bagian kulitnya tergores.

Baca Artikel Lainnya: Lima Langkah Menanam Tomat di Rumah dengan Mudah yang Bisa Dicoba

Cara Terbaik Menyimpan Tomat Agar Tahan Lama

Agar tidak mudah busuk maka stok tomat tersebut juga harus disimpan dengan benar, berikut ini tips penyimpanannya, yaitu:

  1. Penyimpanan di dalam kulkas, untuk Anda yang punya kulkas di rumah makan paling aman memang dengan menyimpannya disana, karena suhu udara lebih terjaga sehingga kondisi tomat juga akan tetap fresh. Caranya mudah yaitu Anda dapat menempelkan selotip pada bagian bekas lubang tangkai tersebut, setelah itu masukkan dalam wadah rapat seperti plastik maupun dalam wadah kedap udara dan simpan pada rak bagian bawah.
  2. Penyimpanan di suhu ruang, tak hanya di kulkas sebenarnya buah yang satu ini juga tetap bisa disimpan dalam suhu ruang, meskipun mungkin ketahanannya sendiri tidak selama dalam kulkas. Masukkan dalam sebuah wadah dan biarkan terbuka, taruh di posisi atau ruangan yang setidaknya memiliki suhu sekitar 13 hingga 21 derajat Celcius. Hal ini dapat mengurangi resiko pematangan.
  3. Disimpan dalam posisi stem side down, yaitu dengan cara membalik bagian tangkai di bawah, hal ini terbukti cukup efektif untuk mencegah masuknya oksigen dan mempercepat pematangannya.

Baca Artikel Lainnya: Ulasan Seputar Jenis dan Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Manfaat Mengkonsumsi Tomat Bagi Kesehatan

Dengan mengkonsumsi buah sayur yang satu ini nyatanya punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan, yaitu:

  1. Cegah penyakit diabetes, karena memang tomat dikenal rendah kandungan karbohidrat yang ada didalamnya. Jadi efektif untuk mencegah diabetes tipe 2.
  2. Cegah penyakit jantung dan kardiovaskular. Sebuah penelitian juga membuktikan manfaat yang satu ini, dimana dengan rutin mengkonsumsi tomat akan bantu untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung.
  3. Dapat menurunkan kadar kolesterol, hal ini berkaitan dengan kandungan likopen yang ada dalam tomat.
  4. Mampu untuk mengurangi resiko terkena kanker prostat.
  5. Mencegah terkena penyakit stroke.

Dapatkan tomat yang masih segar berkualitas langsung dari para petani yang ada di Indonesia, bukan hal yang sulit sekarang ini karena Anda bisa membelinya secara langsung dari TaniHub. Ecommerce yang fokusnya adalah untuk menjual produk-produk kebutuhan dapur secara lengkap, mulai diantaranya adalah buah, sayur daging, telur sampai dengan bumbu masak hingga sembako semuanya tersedia lengkap disini, sehingga tak perlu ragu lagi untuk berbelanja. Apalagi memang dari segi kualitasnya sendiri juga terjamin, sekarang pesan maka besoknya barang akan langsung dikirim hingga ke rumah Anda. Ayo buruan download sekarang juga aplikasi Tanihub melalui AppStore dan Play Store. Gratis ongkir dan memiliki berbagai macam metode pembayaran yang mudah digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
8 + 2 =