Cara Menanam Bawang Merah Menggunakan Polybag/Pot

Cara Menanam Bawang Merah Menggunakan Polybag/Pot

Cara Menanam Bawang Merah Menggunakan Polybag/Pot

Permintaan pasar terhadap bawang merah yang terus meningkat menjadikan komoditas ini sebagai salah satu komoditas strategis yang mendapat perhatian khusus dari Kementerian Pertanian. Lonjakan permintaan konsumen juga sering terjadi pada momen-momen tertentu, seperti menjelang hari raya, dan hal ini harus diantisipasi dengan produksi yang cukup untuk menjamin ketersediaan pasar.

Oleh karena itu, perlu adanya suatu terobosan baru dalam sebuah proses pengembangan bawang merah untuk mengatasi sebuah permasalahan tersebut. Intensifikasi lahan sempit di pekarangan rumah untuk membudidayakan bawang merah dengan menggunakan pot atau polybag, diharapkan mampu mencukupi kebutuhan bawang merah dalam skala rumah tangga.

Cara menanam tanaman Bawang Merah di dalam polybag atau sebuah pot sama dengan teknik dalam menanam sebuah cabai di polybag atau tomat dan daun bawang. Dibutuhkan wadah, media tanam, pemilihan bibit, pemupukan, dan pemupukan. Proses budidayanya lebih mirip dengan kucai dalam pot.

Keuntungan membudidayakan bawang merah di polybag adalah tidak memakan banyak biaya, ini benar-benar cara terbaik untuk mulai menanam bawang merah di sekitar rumah sebagai tanaman pekarangan untuk kebutuhan rumah tangga (gunakan sendiri). Budidaya bawang merah dalam skala besar umumnya menggunakan pupuk kimia dan pestisida, dengan menumbuhkan kebutuhan pangan kita sendiri, tentunya memiliki nilai plus bagi kesehatan tubuh kita.

Solusi dan cara terbaik untuk mendapatkan suatu bahan pangan yang lebih sehat yaitu dengan menanam tanaman bawang merah secara organik, tentunya kesehatan sebuah keluarga pasti akan terjamin. Manfaat lain yang akan kita rasakan ketika menata polybag yang ditata sebagai tanaman hias, suasana asri akan terwujud di pekarangan atau lahan. di sekitar rumah yang kita tinggali. Berikut cara menanam bawang merah menggunakan polybag/pot.

Cara Menanam Bawang Merah Menggunakan Polybag/Pot

Persiapan Media Tanam

Baca Artikel Lainnya: Ternyata Bawang Merah Bagus untuk Kesehatan, Berikut Ulasannya

Media tanam yang digunakan yaitu sebuah campuran tanah, arang sekam, pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 1:1:1. Sebagai sebuah pupuk dasar digunakan pupuk TSP (SP36) 3 g/polybag. Semua media tanam dicampur dan dimasukkan ke dalam polybag, disiram air lalu dibiarkan selama 1-2 hari dan siap digunakan. Pemupukan dasar juga dapat diterapkan pada saat penanaman, dengan cara menabur dan mengubur umbi bawang merah yang ditanam.

Penanaman dan Pemupukan

Sebelum menanam, potong terlebih dahulu ujung umbi bawang merah. Untuk wadah tanam, gunakan polybag/pot berukuran 30 cm atau 25 cm. Dalam polibag/pot 30 cm dapat ditanam 3 umbi bibit bawang merah/polybag dan 1 umbi dalam polibag 25 cm. Umbi ditanam ke dalam media tanam sampai ke leher umbi.

Pupuk tambahan yang diberikan berupa campuran pupuk NPK (16-16-16) sebanyak 1 g/polybag + 1 liter air, diberikan setiap minggu sampai tanaman berumur 6 minggu dengan cara dituang atau ditaburkan di sekitar tanaman (1 gelas aqua/200 ml/polybag ), atau dapat juga diberikan 2 kali yaitu pada umur 15 hari setelah tanam (HST) dan 30 HST yaitu dengan cara disemai dan dibenamkan di sekitar tanaman. Pemeliharaan

Penyiraman pada musim kemarau dilakukan dua kali sehari pada pagi dan sore hari tergantung kondisi di lapangan. Tanaman bawang merah tidak toleran kekeringan tetapi juga tidak tahan terhadap genangan air. Saat tanaman berumur 1,5 bulan (umbi sudah terlihat), penyiraman cukup sekali saja agar umbi cepat matang.

Pembasmian gulma biasanya dilakukan pada saat tanaman berumur 2 minggu, dan sebaiknya dilakukan sedini mungkin, karena mengganggu pertumbuhan dan pembentukan umbi bawang merah. IPM. Pada musim kemarau jarang dilakukan, tetapi harus dilakukan pada musim penghujan. Pestisida bisa digunakan dengan pestisida nabati, tetapi jika melebihi ambang batas, pestisida kimia dapat digunakan.

Memanen

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Serta Kandungan Gizi yang Terdapat Pada Bawang Merah

Ciri-ciri tanaman bawang merah yang siap panen adalah daunnya sudah berguguran dan menguning, leher batang tanaman kendor, umbi mencuat ke tanah, persentase seluruh tanaman 80%. dan umbinya berwarna merah cerah. Bawang merah bisa dipanen setelah berumur 2 bulan (untuk konsumsi), untuk menjadi benih bisa dipanen pada umur 70 hari .Dengan memperhatikan cara konsumsi yang bijak, hal tersebut akan membuat Anda bisa menikmati bawang merah yang bisa memberikan manfaat makanan menjadi lebih lezat ini. Bagi yang suka mengolah bawang merah, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di TaniHub. Pembelian secara online di tempat tersebut bisa memberikan manfaat dengan harga bawang merah yang lebih ter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
− 2 = 7