Cara Menanam Bawang Putih Tunggal, Bisa Di Pot atau Pekarangan

Cara Menanam Bawang Putih Tunggal, Bisa Di Pot atau Pekarangan

Cara Menanam Bawang Putih Tunggal, Bisa Di Pot atau Pekarangan

Cara menanam bawang putih tunggal bisa dilakukan secara sederhana. Bawang putih tunggal merupakan jenis bawang putih dengan karakteristik yang unik. Sementara bawang putih biasa tumbuh di beberapa siung, satu bawang putih hanya memiliki satu.

Bawang putih tunggal atau bawang putih juga dikenal sebagai bawang putih tunggal. Bawang ini telah tumbuh di kaki pegunungan Himalaya selama sekitar 7.000 tahun. Bawang putih dengan satu siung diperoleh karena faktor lingkungan dan teknik budidaya. Cara menanam bawang putih tunggal cocok ditanam di dataran tinggi yang memiliki udara dingin dan kelembaban rendah. Cara menanam bawang putih bisa dilakukan di rumah sendiri. 

Cara menanam bawang putih tunggal dimulai dari pemilihan bibit, penyiapan media tanam, perawatan, dan pemanenan. Cara menanam bawang putih tunggal ini juga bisa Anda terapkan dalam skala kecil seperti di pot atau di pekarangan rumah.

Cara Menanam Bawang Putih Tunggal di Pot atau Halaman

Persiapan Benih

Baca Artikel Lainnya: Karakteristik, Jenis Dan Manfaat Bawang Putih

Tingkat keberhasilan menanam bawang putih tunggal dimulai dari pemilihan bibit. Bibit bawang putih tunggal harus bersih. Ciri-ciri benih bawang putih tunggal yang baik adalah ukuran sedang, kondisi sehat, dari indukan unggul, postur tubuh keras, dan permukaan kulit halus. Bibit bawang putih tunggal dapat diperoleh dari toko bibit, sentra pertanian, atau langsung ke perkebunan. Bibit bawang putih tunggal bisa berupa biji, atau umbi yang sudah disemai.

Media Tanam

Anda tidak perlu menanam satu bawang putih di pertanian besar. Anda bisa mulai menanam dalam skala kecil. Tentukan lokasi penanaman yang tepat. Bawang putih cocok ditanam di lingkungan yang sejuk, sejuk, dan tidak terlalu banyak air. Campur tanah, sekam, dan pupuk hingga merata dan masukkan ke dalam pot.

Jika ingin menanam bawang putih di lahan, lakukan proses membajak dan mengolah lahan dengan kedalaman sekitar 30 sampai 40 cm. Juga berikan pemupukan dan pengapuran menggunakan dolmite untuk menyuburkan dan membuat pH tanah tidak terlalu asam.

Proses Menanam Bawang Putih Tunggal dalam Pot

Pada pot yang telah diberi media tanam, buatlah lubang tanam dengan kedalaman sekitar 5 cm. Sebelum ditanam ke lubang tanam, benih bawang putih tunggal perlu dikeringkan di ruangan yang sejuk untuk mengurangi kadar air. Masukkan satu biji bawang putih ke dalam lubang yang telah dibuat. Satu lubang hanya untuk satu biji. Tutup dengan tanah setelahnya.

Proses Menanam Bawang Putih Tunggal di Ladang

Setelah tanah dipupuk, buatlah beberapa bedengan dengan lebar sekitar 60 cm dan lebar 30 cm. Buat juga lubang-lubang kecil untuk menanam benih. uUntuk lubang tanam, buat jarak sekitar 20 cm dengan kedalaman 5 sampai 10 cm. Masukkan satu biji bawang putih ke dalam setiap lubang. Tutup dengan tanah setelahnya.

Perawatan Bawang Putih Tunggal

Jika ditanam di tanah, usahakan menyiramnya dengan selang. Jika ditanam dalam pot, lakukan penyiraman dengan gayung. Pada awal penanaman, penyiraman bisa dilakukan setiap hari. Bawang merah yang mulai tumbuh cukup disiram saat tanah mulai mengering. Hal ini dilakukan agar tanah tetap lembab.

Pemupukan

Pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk organik atau pupuk dengan kandungan sulfur yang tinggi.

Perawatan Lainnya

Selain penyiraman dan pemupukan, perawatan penting lainnya adalah penanaman kembali dan penjarangan. Sulam tanaman adalah kegiatan menanam kembali bagian tanaman yang rusak atau mati. Penjarangan adalah proses pindah tanam karena jarak antar tanaman terlalu dekat, sehingga setiap tanaman mendapat nutrisi yang optimal. 

Sedangkan penjarangan adalah penghilangan gulma yang muncul di sekitar tanaman. Daun bawang putih juga bisa dikonsumsi. Jika daunnya terlalu panjang, Anda bisa mencoba memotongnya agar tidak membusuk.

Panen Bawang

Baca Artikel Lainnya: Karakteristik, Jenis Dan Manfaat Bawang Putih

Bawang putih tunggal siap dipanen ketika mencapai umur 90 hingga 120 hari. Ciri-ciri bawang merah siap panen adalah daun yang menguning dan tangkai daun yang mulai mengeras. Bawang merah bisa dicabut langsung dari media tanamnya. Jika tanahnya terlalu keras, Anda bisa melembabkannya terlebih dahulu. Setelah semua bawang dikeluarkan, letakkan di bawah sinar matahari. Ini merusak lapisan luar kulit bawang, membuatnya lebih mudah dikupas nanti. 

Untuk mendapatkan bawang putih dengan kualitas terbaik seperti yang ditawarkan oleh TaniHub. Tempat ini merupakan tempat untuk membeli berbagai bumbu dapur, sayur, dan buah termasuk juga bawang putih yang ditawarkan dengan harga terjangkau dan kualitas produk yang terjamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
+ 10 = 18