Cara Menanam Cabe di Rumah dengan Mudah

Cara Menanam Cabe di Rumah dengan Mudah

Cara Menanam Cabe di Rumah dengan Mudah

Belakangan ini, seperti kita ketahui, harga cabe melambung tinggi, bahkan mencapai Rp. 100.000 per kilogram. Akibatnya, banyak orang yang memeras otak untuk tetap bisa mendapatkan pasokan cabe, dengan menanamnya sendiri. Apalagi cabe sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, khususnya pecinta makanan pedas. Jadi, ketika harga cabe naik, tentu akan terjadi kegemparan di masyarakat.

Namun, cabe yang beredar di pasaran, ternyata bukan hanya cabe rawit dan cabe merah besar. Masyarakat Indonesia lebih suka mengonsumsi jenis cabe rawit, cabe merah keriting, dan cabe merah besar. Bagaimana, setuju?

Cabe Kaya akan Kandungan dan Vitamin

Baca Artikel Lainnya: Nutrisi Cabe Rawit yang Jarang Orang Ketahui

Tidak hanya memberikan rasa pedas yang segar, cabe juga dikenal dengan kandungan nutrisinya yang tinggi. Padahal, perlu Anda ketahui bahwa kandungan vitamin C pada cabe sebenarnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan vitamin C pada buah jeruk.

Persiapan Cara Menanam Cabe di Rumah

Pastikan Anda memiliki lahan, atau jika tidak memiliki lahan, Anda juga bisa menanam di dalam pot atau polybag. Untuk waktu tanamnya sendiri, penanaman umumnya membutuhkan waktu sekitar 2,5-3 bulan agar cabe siap dipanen, sejak pertama kali ditanam. Masa tanam cabe akan berlangsung selama 6 bulan atau lebih.

Selain itu, tanaman cabe juga dapat tumbuh dan berbuah, hingga memiliki umur sekitar 24 bulan. Jika dihitung frekuensi pada saat panen cabe, umumnya memakan waktu 15-18 kali. Tidak perlu khawatir atau takut gagal, karena cara menanam cabe di rumah sangatlah mudah. Berikut cara menanam cabe di rumah.

Cara Menanam Cabe di Rumah

Menentukan Lokasi Penanaman

Cara pertama menanam cabe di rumah, selain memiliki lahan, adalah menentukan lokasi penanaman. Berikut syarat lokasi penanaman.

Beberapa persyaratan lokasi penanaman yang harus dipenuhi:

  • Pertama, permukaan tanah harus antara 300-2.000 mdpl
  • Kedua, memiliki suhu atau suhu ideal adalah 24027 derajat Celcius
  • Ketiga, pastikan kondisi udara tidak terlalu lembab
  • Jika Anda memiliki lahan yang luas di dekat rumah Anda, bisa dilakukan di bekas sawah atau tegalan. Pastikan tanahnya gembur, kaya nutrisi, dan memiliki persediaan air tanah yang cukup
  • Sekalipun Anda menanam di pekarangan atau bahkan di dalam rumah, lokasi media tanam harus terkena sinar matahari langsung sepanjang hari.
  • Akhirnya, pH tanah netral harus berkisar antara 5 hingga 7

Menyiapkan Bibit Cabe

Tidak perlu membeli, Anda hanya perlu memilih bibit dari bibit cabe segar. Caranya, kupas cabe lalu ambil bijinya dan jemur di bawah terik matahari, hingga kering. Namun, jika tidak ingin repot, Anda bisa membeli bibit cabe di toko.

Menabur Cabe

Cara menanam cabe yang kedua di rumah adalah dengan menyemai cabe. Setelah itu masukkan biji cabe kering, jangan lupa disiram setiap hari. Jika Anda ingin proses penyemaian cepat tumbuh, Anda bisa melakukan penyemaian benih cabe berikut ini:

  • Pertama siapkan polybag, pot kecil, atau spon busa atau tempat penyemaian.
  • Jika disemai di polibag, tambahkan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1.
  • Rendam benih dalam air hangat, sekitar 3 jam.
  • Kemudian, masukkan benih ke dalam polybag, tutupi benih dengan tanah sedalam 1 cm.
  • Letakkan di tempat yang masih aman dari sinar matahari, dan tunggu sampai benih berkecambah.

Penanaman Cabe

Langkah selanjutnya dalam cara menanam cabe di rumah, adalah menunggu sampai berumur 4 minggu. Jika kecambah berumur 4 minggu atau sebulan, maka Anda bisa memindahkan lahan yang sudah disiapkan, baik langsung ke tanah gembur, ke dalam pot besar atau polybag berdiameter 30 cm, dan wadah lainnya. Selain itu, saat memindahkan benih ke tanah, harap berhati-hati, agar tidak merusak akarnya. 

Pemupukan Cabe

Yang tak kalah penting, cara menanam cabe di rumah yang satu ini, tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, tidak hanya di awal penanaman, tanaman diberi pupuk. Anda bisa menggunakan kompos, sehingga cabe menjadi lebih organik. Hasilnya, juga lebih baik dan sehat, tanpa adanya bahan kimia.

Memanen

Baca Artikel Lainnya: Tips Paling Mudah Menyimpan Cabe Supaya Tahan Lama di Dalam Kulkas

Nah, ini dia masa yang paling seru, yaitu masa panen. Ya, dari sederet cara menanam cabe di rumah, memanen adalah hal yang paling mengasyikkan. Jam berapa cabe baru bisa dipanen? Agar cabenya bagus dan segar, panenlah setiap pagi, menggunakan gunting panen. Selain itu, pilihlah cabe yang sudah matang, namun tidak terlalu tua.

Anda tidak perlu takut dengan warna cabe merah yang terang dan besar, karena justru jenis tersebut yang tepat untuk ditanam. Untuk mendapatkan berbagai jenis cabe tersebut bisa juga membeli secara online. Anda tidak perlu takut mendapatkan produk cabe yang layu, karena apabila membeli di TaniHub pengirimannya hanya membutuhkan satu hari saja. Sehingga hal tersebut menjamin kualitas jenis cabai yang Anda pilih masih segar ketika akan digunakan memasak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
79 + = 86