Langkah-langkah Cara Menanam Timun Yang Benar

Langkah-langkah Cara Menanam Timun Yang Benar

Langkah-langkah Cara Menanam Timun Yang Benar

Cara menanam mentimun sebenarnya mudah asalkan kita memahami berbagai hal yang berkaitan dengan pertumbuhan mentimun, baik pertumbuhan pohon, akar, bunga dan mentimun serta berbagai hal yang dapat menghambat pertumbuhan tersebut. Ada 2 hal yang perlu kita ketahui sebelum menanam mentimun, yaitu:

Waktu yang Tepat Untuk Menanam Mentimun

Baca Artikel Lainnya: Mengetahui Kandungan Nutrisi Pada Timun untuk Tubuh

Cara menanam timun dengan baik dan benar sehingga menghasilkan timun yang berkualitas. Padahal panennya maksimal tapi jika harga jualnya rendah maka kita tidak akan mendapatkan banyak uang dari hasil penjualan hasil panen kita. 

Waktu Tanam Mentimun

Jika banyak petani yang menanam mentimun dan hasilnya melimpah, tidak menutup kemungkinan harga jual mentimun akan turun dan sebaliknya. Jika sedikit petani yang menanam mentimun dan tidak banyak mentimun yang diperdagangkan di pajak sedangkan permintaan mentimun di pasar sangat tinggi, harganya akan melambung tinggi. Di daerah kami, lahan yang digunakan untuk menanam mentimun adalah sawah. 

Ketika musim air tiba, petani akan beralih dari menanam sayuran menjadi petani padi. Namun jika petani menanam padi, maka harga mentimun akan naik karena permintaan pasar yang tinggi sedangkan ketersediaan mentimun di pasaran sangat sedikit.

Cara Menanam Mentimun

Pemilihan Lokasi Penanaman

Asalkan tanahnya subur, bagus untuk menanam mentimun, dan juga tidak mudah tergenang saat musim hujan. Meskipun mentimun merupakan jenis tanaman yang membutuhkan banyak air, namun jika terendam air selama berhari-hari, hasilnya akan menurun bahkan pohonnya bisa layu dan mati. Untuk melihat apakah tanahnya subur atau tidak, kita cukup memperhatikan jenis rumput yang tumbuh di tanah tersebut. 

Namun jika lahan tersebut tidak ditumbuhi rumput maka kemungkinan besar lahan tersebut kurang subur. Tanah yang sangat subur akan ditumbuhi berbagai jenis rumput, baik rumput kasar maupun rumput halus. Sedangkan lahan yang kurang subur biasanya hanya ditumbuhi rerumputan kasar seperti ilalang. Dan tanah yang tidak subur biasanya tidak akan ditumbuhi rumput. Maka analisislah tanah dengan baik dan perhatikan rumput yang tumbuh untuk menilai apakah tanah tersebut subur atau tidak.

Pembukaan Lahan

Jika lahan semak ditumbuhi rumput, sebaiknya disemprot dengan racun akar untuk membasmi rumput dan biarkan sampai rumput mati. Rumput kering dan mati akan menjadi pupuk organik di tanah. Setelah itu, sampai tanah gembur agar akar mentimun nantinya bisa tumbuh dengan baik.

Pengolahan Bedengan

Setelah lahan dikeringkan, buatlah bedengan untuk menanam mentimun. Lebar dan panjang 1 meter sesuai selera dengan tinggi bedengan 30 cm atau sesuai selera. Atau kita buat bedengan hanya 50 cm untuk menanam mentimun hanya dalam 1 baris (tidak ditanam kanan kiri seperti biasa). Namun yang sering digunakan adalah lebarnya 1 meter agar mentimun bisa ditanam dalam jumlah yang lebih banyak.

Pemilihan Benih

Pemilihan bibit juga menjadi hal yang sangat penting untuk hasil budidaya mentimun yang maksimal. Benih yang baik adalah benih yang tahan penyakit tinggi, buahnya besar dan padat. Ada banyak jenis benih di luar sana, beberapa di antaranya memiliki buah yang besar tetapi rentan terhadap penyakit dan buahnya tidak padat. 

Ada juga yang buahnya padat tapi tidak terlalu besar dan mudah terserang penyakit. Carilah bibit yang buahnya cukup besar, padat dan kebal terhadap berbagai jenis penyakit. Setiap tahun selalu ada bibit baru yang muncul, namun tidak ada jaminan bibit tersebut berkualitas baik. 

Percikan

Mentimun merupakan tanaman yang banyak menyerap air dan membutuhkan sinar matahari yang cukup. Air merupakan salah satu kunci sukses budidaya mentimun. Kita juga bisa membanjiri lahan dengan menggunakan mesin air setiap sore agar timun bisa tumbuh maksimal pada malam hari. Penyiraman dilakukan sampai waktu panen.

Pemupukan

Baca Artikel Lainnya: Sering Digunakan untuk Lalapan, Ini Sederet Manfaat Timun Jika Dikonsumsi

Jika pohon sudah mulai berdaun lebar dan tinggi pohon sudah mencapai 1 bentang, kita bisa melakukan pemupukan dengan cara mengencerkan pupuk dengan air dan menuangkan air di bawah pohon. Bagi Anda yang memiliki modal minim, Anda bisa menggantinya dengan pupuk lain yang lebih murah. Yang penting khasiat pupuk tersebut untuk menyuburkan tanaman muda agar lebih cepat berkembang dan subur. 

Pemupukan dengan menaburkan pupuk di bawah pohon berpotensi merusak pohon dan membuat pohon layu dan mati. Kecuali pupuk kandang, kita bisa menaburkan pupuk kandang yang sudah jadi di bawah pohon mentimun agar pohon lebih subur dan masa panen lebih lama.Dengan berbagai cara menanam tersebut, maka segera kunjungi website resmi atau gunakan aplikasi TaniHub agar bisa mendapatkan produk hasil pertanian yang berkualitas dengan cara belanja yang mudah dan praktis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
11 − = 1